Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Tangga Rumah Minimalis

    7 Model Tangga Rumah Minimalis Modern, Unik dan Cantik!

    Berencana membangun rumah minimalis bertingkat? Memakai tangga rumah minimalis adalah pilihan tepat. Tangga rumah pada hunian bertingkat merupakan suatu hal penting yang harus diperhatikan. Selain sebagai penghubung antara lantai dasar dan lantai dua, adanya model tangga rumah pun memberi estetika tersendiri baik pada rumah.

    Walau fungsi utama tangga bukan sebagai penghias ruangan, tetapi penting bagi penghuni rumah mengetahui apa saja model tangga rumah minimalis yang tepat diaplikasikan di dalam hunian.

    Model Tangga Rumah Minimalis

    Tangga rumah merupakan bagian yang paling tampak ketika masuk ke dalam rumah. Sayang rasanya jika tangga tidak dimaksimalkan baik dari sisi fungsi maupun tampilan. Bagi Anda yang sedang mencari inspirasi, berikut ide 7 desain model tangga yang bisa jadi pilihan Anda.

    Tangga rumah minimalis spiral

    tangga rumah minimalis

    Model tangga rumah minimalis yang pas ditempatkan pada hunian sederhana dengan ruangan sempit yakni tangga putar atau spiral. Tangga spiral terkesan fleksibel daripada desain tangga rumah minimalis lain. Berkat modelnya pun tangga ini lebih menghemat ruang sehingga tidak memakan banyak tempat.

    Nuansa artistik pun semakin terlihat sehingga menarik perhatian siapapun yang menaikinya. Namun, terdapat beberapa kekurangan pada tangga model ini, yakni ukuran lebarnya berbeda pada setiap anak tangganya. Jika belum terbiasa maka akan membahayakan penggunanya.

    Tangga rumah minimalis lurus

    tangga rumah minimalis

    Tangga lurus termasuk model standar yang hampir dapat ditemukan di setiap rumah bertingkat. Desain tangga ini memanjang ke atas tanpa adanya belokan atau cabang, sehingga sering disebut dengan model linear. Untuk menerapkannya, Anda perlu ruangan yang cukup luas sebab faktor kemiringan tangga ini tidak akan cocok pada ruangan kecil.

    Disarankan untuk tidak memilih model tangga yang terlalu curam karena dapat membahayakan penggunanya. Memakai pagar tangga juga disarankan sebab menjamin keamanan ketika naik dan menuruni tangga.

    Tangga bentuk U

    tangga rumah minimalis

    Tertarik menghadirkan model tangga rumah minimalis U shape? Desain tangga ini sering dijumpai pada beberapa hunian karena ukurannya yang tidak memakan tempat. Dengan bentuknya berbelok arah maka cocok ditempatkan pada ruangan kecil atau rumah minimalis. Tangga model ini bisa diposisikan mengarah ke kanan atau kiri, begitu pula pada desainnya yang tidak berlebihan. Material kayu dan besi bisa menjadi opsi tepat untuk menampilkan kesan kokoh pada tangga.

    Tangga rumah minimalis kayu standar

    tangga rumah minimalis

    Material kayu menjadi salah satu bahan bangunan yang sering digunakan sebagai furnitur rumah bahkan sudah ada sejak zaman nenek moyang. Berkaitan dengan model tangga minimalis, kini Anda dapat membuat material kayu menjadi papan tangga.

    Tangga kayu standar juga direkomendasikan bagi Anda yang ingin menyerasikan rumah berkonsep minimalis. Dari segi kekokohan, jenis tangga ini memang tidak sekuat material besi atau keramik, tetapi dapat menghindarkan Anda dari tangga yang berkarat maupun mudah kotor. Tak heran jika harganya pun terbilang lebih mahal dibandingkan jenis tangga biasa.

    Model tangga kaca

    tangga rumah minimalis

    Selain kayu, material kaca pun kini semakin merebak di pasaran. Biasanya bahan kaca dijadikan dekorasi pada rumah minimalis salah satunya sebagai tangga rumah. Kesan pertama setiap orang ketika melihat model tangga minimalis kaca tentunya kagum sekaligus waspada. Meskipun memberikan nuansa elegan, namun bahan kaca tetaplah mudah pecah.

    Tetapi Anda masih dapat menghindari risiko tersebut dengan memakai kaca khusus tangga dengan ketebalan empat sampai lima kali lipat dari kaca biasa. Untuk mempercantik tangga, tambahkan lampu yang berjejer pada sisi kanan atau kiri tangga sehingga lebih jelas pula ketika menapaki kaca.

    Tangga tanpa handrailing

    tangga rumah minimalis

    Memakai tangga tanpa handrailing atau pembatas dapat memberi kesan elegan karena papan tangga terlihat jelas. Dari samping, model tangga minimalis ini terlihat seperti hanya satu garis, namun akan semakin jelas ketika sudah menapakinya. Materialnya menggunakan kayu kokoh sehingga terlihat sederhana dan fungsional.

    Desain tangga tanpa handrailing cocok diterapkan pada konsep hunian minimalis. Namun, begitu pula dengan risiko tanpa adanya pembatas, model tangga ini tidak disarankan dipakai ketika ada anak-anak atau peliharaan di rumah karena dampak kecelakaannya semakin besar.

    Tangga ruang penyimpanan

    tangga rumah minimalis

    Fungsi tangga adalah sebagai penghubung antara lantai atas dengan lantai bawah, sehingga biasanya terdapat bagian celah di bawah tangga yang sengaja menjadi tempat penyimpanan barang. 

    Kreasi model ini menambah kesan menarik sekaligus praktis sebab terdapat ruang penyimpanan yang cukup luas dan banyak. Selain sebagai tempat menyimpan sepatu atau barang kebutuhan lain, celah bawah tangga juga cocok untuk tempat membaca dengan memberi rak buku pada bagian celah yang tersisa.

    Tidak semua tempat tinggal memakai tangga rumah karena sebagian orang lebih nyaman dengan satu lantai saja pada huniannya. Tetapi memang khusus dianjurkan menggunakan tangga pada hunian bertingkat, sebab biasanya rumah dengan dua lantai lebih efektif menampung barang-barang sehingga semakin banyak ruangan yang bisa dipakai. Jadi, usahakan memilih desain tangga rumah yang tepat sebelum menghadirkan hunian 2 lantai.

    Baca juga: 10 INSPIRASI DESAIN BORDES TANGGA KEREN UNTUK HUNIAN