Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Tata Ruangan Rumah Minimalis

    12 Ide Tata Ruangan Rumah Minimalis Terbaru di Lahan Kecil

    Sudah tahu bagaimana tata ruangan rumah minimalis yang tetap terlihat memukau walau di lahan sempit? Seiring dengan semakin terbatasnya ketersediaan lahan, tentu perlu berbagai cara untuk menyiasati pengaturan letaknya agar tetap fungsional. Apalagi mengingat bahwa idealnya hunian harus bisa jadi tempat pulang yang nyaman.

    Jadi, bukan hanya keindahan desainnya semata ya! Pastikan rumah Anda bisa memenuhi kebutuhan setiap penghuni di dalamnya. Untuk itu, yuk pelajari beberapa inspirasi pintar menatanya dalam artikel berikut

    12 Inspirasi Tata Ruangan Rumah Minimalis

    Tetap bisa tampil penuh gaya walau di lahan sempit, berikut 12 ide tata ruangan rumah minimalis yang bisa Anda jadikan sebagai tambahan referensi.

    Stylish dengan gabungan konsep

    tata ruangan rumah minimalis

    Sumber: realedz.com

    Pertemuan beberapa konsep memang terkadang dapat membuat tampilan interior terlihat berantakan. Padahal dengan rasio yang tepat, gabungan aneka konsep malah sukses menghadirkan tata ruangan rumah minimalis stand out. Misalnya saja pada inspirasi di atas yang mengadaptasi gaya rustic, industrial, hingga scandinavia sekaligus. Tetap menawan bukan?

    Paduan tekstur dengan teknik unfinished

    tata ruangan rumah minimalis

    Sumber: cifi.it

    Agar lebih berwarna, tak ada salahnya untuk memadukan interior minimalis Anda dengan tekstur tertentu misalnya batu bata seperti desain di atas. Caranya, gunakan teknik unfinished agar tampak natural dan tidak terkesan dibuat-buat. Anda juga bisa menambahkan beberapa tanaman indoor pembersih udara demi menjaga kelancaran sirkulasi udara di dalamnya.

    Kehadiran elemen kayu

    tata ruangan rumah minimalis

    Sumber: davidvillagelighting.co.uk

    Material kayu tampaknya memang tak pernah gagal dalam menghadirkan konsep minimalis. Misalnya saja seperti inspirasi di atas yang terlihat unik lewat paduan plafon kayu dimana desainnya dibuat langsung menyatu dengan rak buku di bawahnya. Jika tertarik, coba tambahkan juga elemen kayu atau vinyl pada bagian lantainya agar semakin terlihat harmonis.

    Warna hitam berkelas

    tata ruangan rumah minimalis

    Sumber: geezermeister.com

    Konsep minimalis tak hanya selalu tentang warna putih dan krem. Rona gelap seperti hitam yang tampak misterius juga bisa Anda manfaatkan untuk membuat tatanan interior semakin berkelas lho. Nah agar tidak terlalu mencekam, beri jendela lebar sebagai akses pencahayaan untuk membuat ruang selalu terlihat terang.

    Sentuhan american classic

    tata ruangan rumah minimalis

    Sumber: pinterest.com

    Jika menginginkan tampilan yang lebih berkelas, Anda pun bisa memadukannya dengan gaya American classic seperti tata ruangan rumah minimalis di atas. Dengan dominasi warna putih dan abu, interior terlihat cukup stylish meski tanpa adanya detail berlebih. Sebagai signature sekaligus daya tarik utama, tambahkan juga lampu gantung hias di tengahnya.

    Paduan konsep industrial dan open space

    tata ruangan rumah minimalis

    Sumber: lifetimedesign.co

    Desain tata ruangan rumah minimalis yang identik dengan detail minim tentunya akan cocok jika dipadukan dengan konsep industrial sekaligus open space seperti inspirasi di atas. Antar ruang dibuat terbuka tanpa adanya sekat pembatas sehingga dekorasi pun juga tidak terlalu diperlukan. Jika tertarik, usahakan agar seluruh elemen di dalamnya selaras sehingga tetap terlihat harmonis.

    Baca juga: 12 WARNA RUMAH YANG BAGUS DAN SIMPEL MINIMALIS 2021, KEREN!

    Homey dengan dekorasi sederhana

    tata ruangan rumah minimalis

    Sumber: natearchitects.com

    Meski sederhana, desain tata ruangan rumah minimalis kali ini tetap terasa homey bukan? Lewat elemen kayu, dominasi warna putih, hingga akses pencahayaan yang lega tampaknya merupakan kunci utama pengaturannya. Anda pun dapat memadukannya dengan karpet bermotif salur sebagai variasi aksen interior.

    Elegan berkat harmonisasi setiap elemen

    tata ruangan rumah minimalis

    Sumber: eplans.com

    Jika biasanya konsep mewah identik dengan pilar-pilar tinggi super megah, gambar kali ini sukses membuktikan bahwa Anda pun dapat menghadirkan interior elegan nan berkelas lewat tata ruangan rumah minimalis yang tampak menawan berkat harmonisasi setiap elemennya. Apalagi jika ditambah dengan jendela besar di sampingnya, dijamin hunian Anda akan semakin memukau.

    Natural dengan konsep tropical

    tata ruangan rumah minimalis

    Sumber: cybevasion.fr

    Lain dengan konsep sebelumnya, jika Anda lebih menyukai nuansa natural, cobalah tata ruangan rumah minimalis kali ini! Memadukan gaya tropical, ruangan pada gambar di atas terlihat memanfaatkan konsep open space dengan akses pencahayaan terintegrasi. Langit-langitnya juga dibuat tinggi sehingga udara dalam ruang pun semakin terasa segar.

    Hemat energi di siang hari

    tata ruangan rumah minimalis

    Sumber: home-designing.com

    Tak hanya pada desain, rumah minimalis juga seharusnya dapat menghemat lebih banyak energi. Misalnya saja pada inspirasi satu ini yang memanfaatkan skylight roof sebagai suplai cahaya ruang. Bila hobi membaca, Anda pun dapat memanfaatkannya sebagai area perpustakaan pribadi untuk menemani kegiatan refreshing sekaligus bersantai sehari-hari.

    Batu alam yang artistik

    tata ruangan rumah minimalis

    Sumber: ksa-g.com

    Mengadaptasi konsep minimalis bukan berarti tak bisa tampil artistik. Selama dalam proporsi yang pas, paduan batu alam juga tetap bisa menjadi variasi keindahan interior Anda lho. Nah agar tampak serasi, sebaiknya gunakan aneka perabot berwarna serasi di dalamnya. Terakhir, jangan lupa juga untuk selalu memperhatikan akses pencahayaannya ya.

    Arti minimalis sesungguhnya

    tata ruangan rumah minimalis

    Sumber: probelgianwafflemakertopquality.blogspot.com

    Desain tata ruangan rumah minimalis terakhir ini cocok untuk Anda yang benar-benar ingin mencoba interior minim detail. Menekankan pada sisi fungsionalitasnya, setiap elemen pada ruang terlihat simple tanpa adanya corak atau aksen yang sebenarnya tak diperlukan. Bahkan salah satu dindingnya terbuat dari kaca demi menambah akses pencahayaan dalam hunian.

    Itulah 12 referensi tata ruangan rumah minimalis yang dapat Anda jadikan sebagai ide terbaik untuk menyiasati lahan kecil. Dari inspirasi di atas, bisa dilihat bahwa selama penempatan setiap elemen diatur dengan baik, maka tampilan interior pun tetap tampak lega dan tidak membuat suasana sekitar semakin sesak.

    Selain tata interior yang tepat, gunakan juga perabot multifungsi demi menghemat penggunaan lahan. Intinya, jangan sampai dekorasi rumah pilihan Anda malah akan membuat ruang di dalamnya terasa semakin sempit. Untuk itu, percayakan saja dengan iCreate, toko furniture online terdepan di Indonesia!

    Baca juga: 10 KOMBINASI WARNA CAT RUMAH SIMPEL TAPI ELEGAN DAN MENAWAN