Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Tema Aquascape

    12 Tema Aquascape Percantik Ruang Terbaik 2021 & Contoh Gambar

    Aquascape adalah aktivitas menghias aquarium dengan berbagai tanaman ataupun aksesoris yang kemudian berkembang menjadi hobi baru bagi banyak orang. Bahkan, berbagai pilihan jenis tema aquascape dianggap mampu memberikan nuansa berbeda pada hunian. Penasaran dengan penerapan macam macam tema aquascape? Simak selengkapnya

    12 Jenis Tema Aquascape

    Ada 12 jenis tema aquascape yang paling banyak digunakan oleh para scapers di seluruh dunia. Tema tersebut bisa disesuaikan kesan seperti apa yang ingin Anda tampilkan di rumah. Cek beberapa inspirasi berikut ini yuk!

    1. Iwagumi style

    tema aquascape iwagumi

    Sumber: aquascapinglove.com

    Tema aquascape iwagumi adalah salah satu model desain yang paling terkenal di kalangan para scapers. Iwagumi disukai karena modelnya yang simpel sehingga termasuk dalam tema aquascape sederhana dan dapat memberikan kesan tenang pada siapapun yang melihatnya. Meski simpel, tema aquascape iwagumi tetap nampak berkarakter melalui tampilan rerumputan dan batu cadasnya. 

    Saat menerapkan iwagumi style, ada beberapa aturan khusus yang perlu diterapkan saat melakukan penyusunan batu dan hal tersebut tidak boleh sembarangan. Anda harus menyusun batu dalam jumlah ganjil, misalnya 3, 7, 9 dan seterusnya. 

    2. Taiwanese style

    tema aquascape taiwanese style

    Sumber: youtube.com

    Taiwanese style merupakan desain aquascape yang mengilustrasikan gambaran kehidupan manusia di dunia nyata. Misalnya, bentuk jembatan, mobil, rumah, jalan, stasiun, bandara, pelabuhan versi mini dalam aquarium. Sehingga singkatnya, taiwanese style tampak seperti replika kehidupan manusia yang ada di dalam aquarium.

    Saat akan membuatnya, Anda memerlukan aksesoris mainan pendukung yang sesuai dengan tema. Pastikan aksesori yang digunakan benar-benar mirip agar tampak hidup dan nyata.

    3. Tema sungai

    tema aquascape river style

    Sumber: pinterest.com

    Tema sungai atau river style merupakan desain favorit scapers di Indonesia karena menekankan pada ilustrasi replika lingkungan sungai. Anda dapat menggunakan pasir silika ataupun resin untuk membuat bagian sungai tampak lebih hidup dan terlihat seperti air sungguhan.

    4. Paludarium

    tema aquascape paludarium

    Sumber: youtube.com

    Paludarium style adalah salah satu model aquascape yang lebih fokus menampilkan sisi darat daripada airnya. Oleh sebab itu, biasanya ada beberapa bagian yang memang tidak terkena air pada aquascape paludarium. Anda juga perlu aquarium khusus untuk bisa menerapkan gaya paludarium ini.

    5. Jungle style

    tema aquascape forest style

    Sumber: aquascapinglove.com

    Selain jungle style, salah satu model aquascape ini juga biasa disebut sebagai forest style. Jungle style termasuk ke dalam jenis desain aquascape natural karena menekankan pada gambaran suasana hutan yang alami. Itulah sebabnya, biasanya aplikasi forest style ditunjukkan dengan pemandangan pepohonan tinggi dan semak-semak belukar.

    Beberapa tanaman yang biasanya digunakan untuk membuat jungle style adalah tumbuhan tinggi serta kayu dan batuan berwarna gelap agar tampak menyerupai hutan aslinya. Untuk membuatnya, diperlukan kesabaran dan ketelitian yang tinggi karena kerumitan detail setiap elemennya.

    6. Tema gunung

    tema aquascape mountain style

    Sumber: aquascapinglove.com

    Tema gunung bisa juga disebut sebagai mountain atau tebing style. Mountain style termasuk salah satu jenis model aquascape natural yang sederhana. Desain mountain style sangat simpel karena Anda hanya perlu mengadaptasi kondisi pegunungan ataupun tebing. Tambahkan aksen lembah untuk membuat suasana pegunungan yang lebih hidup.

    Baca juga: 15 JENIS POHON PENEDUH, BUAT RUMAH LEBIH ADEM DAN SEJUK

    7. Dutch style

    tema aquascape dutch style

    Sumber: aquascapinglove.com

    Dutch style merupakan salah satu dari macam macam tema aquascape sederhana yang hampir tidak pernah menggunakan batu dan kayu. Tema ini menekankan pada variasi tanaman dengan warna yang kontras. Kemudian, tanaman-tanaman tersebut diletakkan dengan rapi agar memperlihatkan tampilan yang indah.

    Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat akan menerapkan dutch style. Mulai dari lampu, udara, pupuk, nutrisi dan berbagai perawatan lainnya. Itulah sebabnya, perlu kesabaran serta budget yang cukup besar dalam merawat aquascape dutch style.

    8. Riparium

    tema aquascape riparium style

    Sumber: theaquaticgazette.wordpress.com

    Mirip seperti paludarium, tema riparium juga memiliki beberapa bagian yang tidak terendam di dalam air. Perbedaannya, bagian darat riparium memiliki area yang sangat sedikit. Bahkan kadang-kadang ada riparium yang bagian daratnya dihilangkan.

    9. Waterfall

    tema aquascape waterfall style

    Sumber: pinterest.ch

    Meski bernama waterfall atau air terjun, nyatanya penerapan salah satu macam macam tema aquascape satu ini memanfaatkan butiran-butiran pasir silika untuk membuatnya terlihat mengalir secara alami. Aliran replika air terjun tersebut didukung oleh penggunaan pipa dan power head yang akan meniupkan silika sehingga tampak seolah-olah terjun.

    Penempatan aquascape waterfall style dimanfaatkan untuk memberikan efek relaksasi bagi siapapun yang melihatnya. Oleh sebab itu, umumnya waterfall style ditempatkan pada ruang tamu rumah maupun area meeting kantor

    10. Tema aquascape natural style

    tema aquascape natural style

    Sumber: aquascapinglove.com

    Sesuai namanya, tema aquascape natural menggunakan model dan gaya desain yang sangat alami. Tema aquascape satu ini diperkenalkan oleh Takashi Amano pada tahun 1990. Takashi menekankan tampilan aquascape pada layout pemandangan seperti kayu, pepohonan dan berbagai tanaman lain yang tumbuh secara alami.

    Inti dari natural style adalah kehadiran kesan alami yang teduh dan sejuk. Bagi Anda yang tertarik, siapkan kayu tanaman, tumbuh-tumbuhan serta batu-batuan kecil untuk menghiasnya. Agar terlihat nyala dan hidup, natural style cocok diterapkan pada hunian berkonsep klasik.

    11. Tema biotope 

    tema aquascape biotope style

    Sumber: aquatic.id

    Biotope termasuk alternatif dari macam macam tema aquascape sederhana yang mudah dibuat karena tidak ada aturan khusus dalam penempatan setiap elemennya.  Walau demikian, biotope tetap menekankan pada suasana yang sama persis dengan kondisi bawah air asli.

    Misalnya, Anda ingin membuat biotope Pulau Komodo. Maka, Anda harus menambahkan flora dan fauna yang hidup di Pulau Komodo. Bahkan, tanah dan kerikilnya pun harus dibuat mirip seperti di Pulau Komodo aslinya.

    12. Brazilian style

    tema aquascape brazilian style

    Sumber: scapefu.com

    Brazilian style merupakan desain yang memadukan tema aquascape iwagumi, natural dan dutch style. Tema aquascape iwagumi akan tampak dari elemen rumput dan batuannya. Sedangkan warna pola tanamannya akan ditunjukkan dengan dutch style. Terakhir, tampilan visualnya akan diwakili oleh gaya natural.

    Itulah beberapa inspirasi penerapan macam macam tema aquascape iwagumi, natural hingga sederhana. Mengingat proses pembuatan tak mudah dan menghabiskan banyak biaya, pastikan untuk  merawat aquascape dengan teliti agar tahan lama. Tertarik untuk menghadirkannya? Kunjungi iCreate untuk inspirasi desain menarik lainnya!

    Baca juga: 10 INSPIRASI DESAIN KOLAM IKAN MINIMALIS DAN SEDERHANA