Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Teraso

    Apa itu Lantai Teraso? Kenali 7 Jenis dan Plus Minusnya

    Teraso adalah salah satu jenis lantai keramik bercorak yang terlihat unik dan estetik. Lantai teraso adalah salah satu jenis keramik yang banyak dipilih karena keunikannya. Tertarik menggunakan ubin teraso sebagai dekorasi keramik di rumah? Untuk tahu info detailnya, simak ulasan lengkapnya berikut ini.

    Pengertian Teraso

    Lantai teraso adalah pelapis lantai yang terbuat dari campuran pecahan marmer, semen, tagel dan pasir. Itulah sebabnya, jenis keramik lantai satu ini terlihat unik, menarik dan mengkilap.

    Di samping visualnya menarik, lantai ini juga memiliki banyak warna vibrant yang cerah. Selain itu, karena karakteristik dari jenis lantai inilah yang membuatnya cocok sebagai desain interior rumah, gedung maupun perkantoran.

    Jenis-jenis Keramik Teraso

    Ada berbagai tipe keramik lantai teraso yang bisa jadi pilihan dekorasi hunian. Berikut jenis-jenis keramik teraso yang bisa jadi referensi lantai tempat tinggal Anda.

    1. Motif polos

    lantai teraso

    Sumber: technokem.in

    Ubin teraso model polos bisa jadi pilihan terbaik bagi Anda pecinta gaya minimalis dan sederhana. Model ini akan terlihat polos, mengkilap dan elegan. Apalagi, dengan berbagai pilihan warna sehingga cocok diaplikasikan pada dekorasi rumah industrial modern, shabby chic, rustic dan lain sebagainya.

    2. Corak mosaic

    lantai teraso

    Sumber: digsdigs.com

    Mosaic adalah gabungan dari pecahan kaca berwarna ataupun bening yang membentuk sebuah pola ataupun suatu gambar. Sebelum memilih jenis keramik ini, Anda harus menentukan model gambar terlebih dulu. Hal ini disebabkan penempatan mosaic harus pada focal point agar desain lantai tidak tertutup oleh dekorasi lain.

    3. Model kompas

    lantai teraso

    Sumber: mavo.com

    Seperti namanya jenis teraso kompas dapat digunakan sebagai petunjuk arah. Selain itu ubin teraso ini juga cocok diaplikasikan pada hunian klasik maupun bangunan komersial berlantai besar maupun kecil. Biasanya, jenis bangunan yang sering menggunakan model kompas adalah mushola.

    4. Corak grafik

    lantai teraso

    Sumber: lotsearch.net

    Lantai keramik model ini sempat populer di kalangan milenial Indonesia. Hal ini disebabkan Yayoi Kusuma asal Jepang membuat lukisan tak terbatas karya yang menggunakan media lantai. Salah satu karya seninya adalah teraso grafik yang kini populer menjadi bagian dari interior rumah.

    5. Model kerikil marmer

    lantai teraso

    Sumber: terazzosementpolish.com

    Bagi Anda pecinta rumah dengan dekorasi artistik, maka model kerikil marmer bisa jadi pilihan. Kerikil marmer terbuat dari campuran marmer, tegel, semen, pasir dan pecahan marbel yang sudah dipoles halus. Warna-warna yang tersedia juga sangat beragam. Sehingga Anda bisa memilihnya sesuai selera maupun dekorasi rumah.

    6. Corak logo

    lantai teraso

    Sumber: seical.ch

    Seperti namanya ubin ini terdapat sebuah logo yang menjadi identitas bangunan. Biasanya, logo banyak diaplikasikan pada sebuah gedung perkantoran, sekolah maupun lembaga organisasi. Namun, bagi Anda yang ingin mengaplikasikannya di rumah, logo bisa diganti dengan gambar sesuai selera.

    7. Model ulir

    lantai teraso

    Sumber: ultimategaragefinishes.com

    Selain corak kompas, ubin teraso model ulir juga bisa dijadikan petunjuk arah. Tentu karena fungsinya ini, jenis keramik model ulir cocok diaplikasikan pada area perbelanjaan maupun ruangan luas. Tapi, Anda juga tetap bisa mengaplikasikan ubin ini pada hunian untuk meningkatkan estetika interior rumah.

    Baca juga: LENGKAP! LANTAI MARMER - JENIS, PLUS MINUS, DAN PERAWATANNYA

    Karakteristik Lantai Teraso

    Seperti jenis keramik lainnya, Teraso juga punya karakteristik khusus yang menjadi ciri khasnya. Karakteristik keramik ubin teraso diantaranya.

    1. Permukaan lantainya anti gores

    2. Memiliki berbagai corak dan warna

    3. Memiliki karakteristik yang hampir mirip dengan lantai marmer. Jadi terlihat elegan saat dipasangkan sebagai lantai rumah.

    Kelebihan dan Kekurangan Lantai Teraso

    Meski tergolong jadi pilihan terbaik sebagai lantai rumah, Anda harus mengenali kelebihan dan kekurangannya lebih dulu. Untuk itu, berikut kelebihan dan kekurangan teraso yang harus Anda pahami sebelum mengaplikasikannya.

    Kelebihan lantai teraso

    1. Lebih awet dibanding lantai keramik

    Keramik teraso dikenal memiliki kelebihan karena ketahanannya lebih awet dari keramik. Hal ini disebabkan, material penyusun teraso berasal dari tegel, pasir, semen dan marmer.

    2. Tahan beban berat

    Berbeda dengan keramik, lantai teraso lebih kuat dan tahan akan beban berat. Jadi, lantai jenis ini bisa diaplikasikan pada segala jenis bangunan tanpa takut pecah atau rusak.

    3. Corak yang menarik

    Terbuat dari campuran berbagai bahan membuat lantai teraso jenis apapun memiliki warna-warna yang menarik. Tentunya hal ini juga menjadi kelebihan ketika diaplikasikan pada dekorasi apapun terlihat cocok.

    4. Halus dan tidak licin

    Bagi Anda yang memilih jenis lantai ini sebagai interior rumah, perlu diketahui ada dua jenisnya, yaitu teraso polos dan kasar. Ketika Anda memilih jenis yang polos maka akan terasa halus dan anti gores. Sebaliknya jika memilih yang kasar maka tidak licin dan aman bagi anak-anak.

    5. Nyaman untuk ruangan

    Lantai jenis ini juga punya faktor porositas dan kemampuannya menyerap panas yang baik. Jadi, ketika digunakan sebagai lantai hunian Anda akan terasa dingin saat cuaca panas begitu pula sebaliknya. 

    Kekurangan lantai teraso

    1. Cara pemasangan yang rumit

    Lantai jenis ini tidak bisa dipasang dengan metode seperti lantai keramik pada umumnya. Pemasangannya membutuhkan sealer agar bisa menempel dengan baik. Jadi, ketika Anda salah dalam metode pemasangan, lantai menjadi tidak menempel sempurna serta mudah lepas.

    2. Membutuhkan tenaga ahli dalam pemasangannya

    Cara pemasangan yang tidak mudah membuat Anda harus menyewa tenaga ahli ketika memilih lantai teraso. Hal ini dikarenakan ketika terjadi kesalahan lantai tersebut akan memiliki tampilan yang tidak menarik dan tentunya juga tidak awet.

    3. Harganya mahal

    Material dalam pembuatan lantai ini tidaklah sembarangan dan memiliki ketahanan yang kuat. Itulah sebabnya ketika ingin mengaplikasikannya pada rumah Anda harus merogoh kocek yang lebih dalam. Sebab, lantai jenis ini memiliki harga yang cukup mahal.

    Meskipun terbilang cukup mahal, tapi ketika Anda memilih jenis keramik teraso akan membuat hunian terlihat estetik. Selain itu, ubin teraso juga cocok diaplikasikan pada rumah berbagai ukuran. Jadi, tertarik untuk menghadirkan lantai teraso pada tempat tinggal Anda?

    Baca juga: LANTAI SEMEN | PLUS MINUS, DESAIN, CARA MENGKILAPKAN & MERAWAT