Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Tinggi Meja Dapur

    Tinggi Meja Dapur Ideal Indonesia, Ini Cara Menghitungnya!

    Menciptakan rumah idaman yang nyaman ditempati bukanlah hal sederhana. Ada banyak pertimbangan dan perhitungan yang harus dilakukan salah satunya dalam membangun tempat untuk memasak. Anda harus menentukan ukuran tinggi meja dapur ideal. Dengan perhitungan yang pas, aktivitas memasak akan semakin menyenangkan.

    Berbicara tentang meja dapur, sebenarnya bagaimana cara menghitungnya agar diperoleh ukuran yang tepat? Ada beberapa macam perhitungan, tergantung desain yang akan Anda gunakan. Tak perlu berlama-lama, simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

    Ukuran Tinggi Meja Dapur Secara Umum

    Saat membuat meja dapur, ada perhitungan super mudah yang bisa Anda jadikan sebagai patokan awal. Rumus ini menggunakan ukuran tubuh Anda yang akan disesuaikan dengan standar tinggi meja dapur. Sebagai contoh, misalnya Anda mempunyai tinggi badan 160 cm. Maka, perhitungannya menjadi seperti ini.

    • Bagi tinggi tubuh Anda dengan angka 2. 

    Diperoleh hasil 160 : 2 = 80 cm

    • Tambahkan angka tersebut dengan 5

    Hasil akhirnya yaitu, 80 + 5 = 85 cm

    Jadi, jika Anda memiliki tinggi tubuh sebesar 160 cm, standar tinggi meja dapur ideal yang digunakan adalah 85 cm. 

    Pengukuran Kitchen Set

    Bagi Anda yang memilih untuk membuat kitchen set, ada beberapa perhitungan detail yang harus dilakukan. Sebagai informasi, kitchen set adalah seperangkat dapur modern yang terdiri dari kabinet atas, laci atau kabinet bawah, serta meja dapur. 

    Sebenarnya, Anda bisa membeli kitchen set siap pakai yang tersedia di toko. Namun, jika ingin membuat desain kitchen set yang sesuai dengan konsep hunian, Anda bisa melakukan beberapa perhitungan berikut.

    tinggi meja dapur

    Sumber: buatlemari.com

    1. Tinggi meja dapur

    Langkah pertama dalam menentukan ukuran kitchen set adalah menghitung tinggi meja dapur ideal. Standar tinggi meja dapur yang banyak digunakan adalah 85-110 cm, atau setinggi area pinggul orang dewasa. 

    Lebar meja dan area memasak

    Di samping menghitung tinggi meja dapur ideal, Anda juga perlu memperhatikan ukuran lebarnya. Biasanya, orang menggunakan meja dapur dengan lebar sekitar 50 hingga 70 cm. Dengan ukuran ini, kegiatan memasak maupun aktivitas lain akan semakin mudah dilakukan karena permukaan meja tidak akan terasa terlalu sempit saat digunakan.

    Kemudian, lakukan juga perhitungan untuk ukuran area kerja. Area kerja merupakan ruang bebas antara meja dapur yang saling berhadapan. Agar aktivitas di dapur lancar, siapkan area kosong selebar 80 cm atau lebih, sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

    Jarak antara kabinet atas dan meja dapur

    Kabinet atas dan meja dapur harus memiliki jarak yang ideal. Anda harus memperhitungkan bagian ini agar tidak kesulitan saat mengambil barang dari kabinet atas. Jarak ideal antara meja dapur dengan kabinet atas adalah sekitar 50 hingga 70 cm.

    Lebar kabinet atas

    Selanjutnya adalah menghitung ukuran lebar kabinet atas. Pastikan Anda menggunakan kabinet atas yang mempunyai lebar sesuai agar kepala tidak terbentur saat memasak. Selain itu, jangan lupa untuk menyesuaikan lebarnya sehingga kabinet atas mampu menampung banyak barang. Biasanya, kabinet atas memiliki lebar 35 sampai 50 cm.

    Mengukur kitchen sink

    Kitchen sink adalah perangkat dapur yang berfungsi sebagai tempat mencuci piring, buah, sayuran, hingga membersihkan tangan selepas memasak. Ada dua jenis kitchen sink yang biasa digunakan di Indonesia, yakni tipe dua bak dan satu bak. Tak hanya memperhatikan material pembuatnya, Anda pun harus memastikan lebar serta kedalamannya.

    tinggi meja dapur

    Bak cuci piring di Indonesia biasanya mempunyai ukuran dengan lebar 80 sampai 90 cm. Kemudian, Anda bisa memilih kitchen sink dengan kedalaman antara 20 hingga 30 cm. Jika Anda memiliki peralatan memasak berukuran besar, disarankan untuk menggunakan bak cuci piring dengan kedalaman 30 cm.

    Luas ruangan dapur berdasarkan jenis layout

    Selain menghitung detail ukuran tinggi meja dapur ideal dan kitchen set, Anda pun harus memperhatikan luas ruangannya. Sesuaikan luas ruangan dapur dengan jenis layout yang akan Anda gunakan. Ada beberapa tipe kitchen layout, yakni single line, L, dan bentuk U.

    Layout single line

    tinggi meja dapur

    Sumber: poppytalk.com

    Layout dapur dengan bentuk single line sangat mudah dibuat. Menggunakan kabinet atas dan laci bawah berbentuk lurus memanjang, semua perlengkapan dapur diletakkan sejajar. Biasanya, kitchen set tipe single line mempunyai panjang sekitar 200 hingga 220 cm. Sebagai tips, gunakan material multiplek agar kitchen set ini awet digunakan dalam waktu yang lama.

    Layout L

    tinggi meja dapur

    Sumber: home-designing.com

    Jika Anda mempunyai lahan terbatas dan ingin membuat kitchen set dengan kesan luas, layout L adalah pilihan tepat. Kitchen set berbentuk L biasanya memiliki lebar 60 cm dan panjang 300 cm. Anda bisa menggunakan ukuran 300x30x100 cm untuk kabinet atas. Sedangkan untuk kabinet bawah, disarankan memakai ukuran 200x70x60 cm.

    Layout U

    tinggi meja dapur

    Sumber: home-designing.com

    Berbeda dengan dua bentuk kitchen set sebelumnya, layout U sangat cocok diterapkan untuk dapur besar berukuran luas. Bentuknya yang lebar tentu dapat membuat aktivitas memasak menjadi terasa lebih leluasa dan bebas. Agar desain semakin sempurna, gunakan standar tinggi meja dapur ideal seperti di atas. Pada dapur dengan layout U, biasanya bak cuci dapur diapit oleh dua area memasak.

    Kini Anda telah mengetahui cara menghitung tinggi meja dapur. Di samping memperhatikan ukuran tinggi meja dapur ideal, Anda pun harus senantiasa menjaga kebersihan tempat memasak. Pastikan Anda selalu membersihkan dapur setelah kegiatan memasak selesai.

    Setelah mengetahui standar tinggi meja dapur ideal, saatnya Anda memilih furniture untuk kitchen dan ruang makan. Untuk membantu Anda melengkapi kebutuhan, iCreate punya koleksi perabotan rumah dalam berbagai model dan ukuran. Anda bisa menemukan kursi dan meja makan, sampai aksesoris agar dapur tampak semakin indah. Kunjungi beranda iCreate sekarang dan dapatkan berbagai promo spesial khusus hari ini!

    Baca juga: 10 PENYEBAB KULKAS TIDAK DINGIN DAN CARA MENGATASINYA