Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Townhouse Adalah

    Apa itu Townhouse? Ini Perbedaannya dengan Cluster!

    Ketika akan membeli sebuah hunian, seringkali Anda dihadapkan dengan dua pilihan model rumah oleh pengembang yaitu townhouse dan cluster. Kedua model hunian ini memang tampak mirip jika dilihat sekilas sehingga menyebabkan calon pembeli kebingungan untuk menentukan pilihan. 

    Padahal, apabila diperhatikan lebih lanjut terdapat beberapa hal yang berbeda dari kedua model hunian ini. Itulah sebabnya, agar tak lagi salah membedakan berikut ini ulasan lengkap mengenai perbedaan keduanya yang perlu Anda ketahui sebelum menetapkan pilihan hunian impian.

    Apa itu Townhouse?

    townhouse

    Townhouse adalah kompleks hunian yang dibangun di tengah perkotaan. Hunian ini biasanya hanya terdiri dari beberapa unit saja dengan luas tanah yang cenderung kecil sehingga dibangun bertingkat. Dalam satu kompleks, setiap rumah model ini didesain seragam sehingga terkesan rapi dan tertata apik.

    Harga yang ditawarkan biasanya juga cukup tinggi sesuai dengan berbagai fasilitas yang didapatkan. Oleh karena itu, target pasar hunian tipe ini memang kalangan menengah ke atas. Nah, bagi Anda yang ingin tinggal di kawasan strategis dekat pusat kota yang tentunya eksklusif, maka kompleks perumahan bergaya townhouse adalah pilihan tepat.

    Apa itu Cluster?

    townhouse

    Jika hunian townhouse adalah kompleks rumah yang dibangun di tengah kota, maka cluster sebaliknya. Cluster dibangun di area pinggir kota yang sunyi namun tetap asri. Cluster biasanya dibangun serupa tanpa pagar sehingga antar rumah hanya dibatasi tembok beton. Hunian cluster diperuntukkan bagi semua kalangan sehingga tidak terkesan eksklusif.

    Baca juga: PANDUAN RUMAH TYPE 36 | DENAH, DESAIN, DAN HARGA TERBARU

    Perbedaan Townhouse dan Cluster

    townhouse

    Setelah mengetahui sekilas tentang kedua model hunian ini tentunya Anda sudah memiliki gambaran bukan? Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai keduanya, simak perbedaan selengkapnya berikut ini.

    1. Beda konsep rumah

    Meski konsep dari kedua hunian ini tidak jauh berbeda, townhouse adalah konsep yang telah lebih dulu diperkenalkan pada awal abad ke-18. Sejak pertama kali dibangun, kompleks ini sudah ditargetkan untuk kalangan sosial-ekonomi atas sehingga huniannya tampak lebih eksklusif dan mewah.

    Sedangkan, konsep cluster yang memang diperuntukkan semua kalangan dibangun dengan kesan tidak se-eksklusif apa itu townhouse. Namun meski begitu, kedua hunian ini memiliki konsep perumahan dengan satu akses atau one gate system, yaitu hanya menyediakan satu akses sebagai gerbang keluar dan masuk.

    Hal tersebut membuat petugas keamanan dapat memantau mobilitas dengan lebih mudah sehingga sistem keamanan pada kedua hunian ini cukup tinggi.

    2. Jumlah unit rumah

    Perbedaan yang paling jelas dari kedua jenis perumahan ini adalah jumlah unit huniannya. Cluster memiliki jumlah rumah yang lebih banyak, yaitu sekitar 100 sampai 300 unit dalam satu kompleks. Biasanya rumah cluster juga masih terbagi lagi ke dalam beberapa sub kompleks dengan desain rumah yang berbeda. 

    Sementara itu, town house lebih mengutamakan eksklusifitas sebab hunian ini memiliki jumlah unit yang jauh lebih sedikit dari cluster, yaitu sekitar 10 hingga 30 unit saja dalam satu kompleks. Oleh karena itu, model hunian ini cocok bagi Anda yang ingin tinggal di lingkungan dengan suasana tenang dan tidak terlalu padat.

    3. Beda fasilitas hunian

    Selain jumlah unit rumah, fasilitas kedua hunian ini juga cukup berbeda. Dibandingkan dengan cluster, hunian townhouse memiliki fasilitas yang lebih lengkap. Karena dibangun di pusat kota, penghuni dapat mengakses tempat dan sarana umum seperti mall, rumah sakit, kantor dan transportasi publik dengan mudah.

    Selain itu, berbagai fasilitas khusus dibangun di dalam kompleks perumahan seperti club house, area golf, taman bermain, jogging track, gym serta multi function room untuk menggelar pesta.

    Meski tidak selengkap townhouse, hunian cluster juga memiliki beberapa fasilitas seperti kolam renang bersama, jogging track serta taman bermain. Namun, biasanya fasilitas tersebut bisa berbeda-beda pada setiap sub kompleks.

    4. Desain rumah 

    Hunian di perumahan cluster biasanya tampak lebih simple dan minimalis dibandingkan townhouse. Bahkan, desain rumah paling mewah yang dibangun di perumahan cluster masih kalah elegan dan mewah. 

    Selain itu, townhouse adalah gaya rumah yang biasanya juga memiliki jumlah lantai lebih banyak. Jika rumah cluster rata-rata memiliki dua lantai saja, maka rumah model ini bisa dibangun dengan tiga hingga empat lantai serta adanya tambahan fasilitas lift pada interior rumah.

    5. Perbedaan harga

    Townhouse adalah kompleks yang dibangun di kawasan elite dan strategis di wilayah pusat kota membuat hunian ini ditawarkan dengan harga yang cukup tinggi. Selain itu, berbagai fasilitas lengkap yang disediakan untuk memanjakan penghuni juga membuat kompleks ini tampak lebih mewah dan eksklusif sehingga tak heran jika dibanderol dengan harga tinggi.

    Itulah beberapa perbedaan rumah townhouse dan cluster. Meski berbeda, kedua hunian tersebut merupakan bentuk investasi yang tentunya menguntungkan sehingga Anda dapat menyesuaikan dengan kebutuhan serta budget yang dimiliki sebelum membeli. Jadi, sudah menentukan model hunian manakah yang akan dibeli?

    Baca juga: PANDUAN RUMAH TYPE 45 | DENAH DAN TIPS DEKORASI TERBARUNYA