Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Tungau Kasur

    5 Bahaya Tungau Kasur, Ini Cara Mengobati & Menghilangkannya

    Keberadaan tungau kasur memang kerap kali tidak disadari oleh banyak orang. Biasanya, tungau hinggap di kasur, karpet, ataupun sofa untuk menyerbu serpihan sel kulit mati manusia sebagai sumber utama makanannya. Tak hanya itu, gigitan tungau pun dapat membuat kulit kering, gatal, atau bahkan iritasi.

    Namun jangan salah, ada bahaya lainnya yang juga disebabkan oleh serangga kecil berikut. Apa saja? Dan bagaimana pula cara menghilangkan tungau kasur ini? Simak ulasan lengkapnya di bawah!

    Bahaya Tungau Kasur

    Meski berukuran kecil, nyatanya gigitan tungau kasur juga bisa menimbulkan beberapa gangguan serius lain yang mungkin tidak Anda sadari. Setidaknya, inilah beberapa bahaya tungau

    1. Bersin-bersin 

    Reaksi umum dari paparan tungau biasanya ditunjukkan dari bersin-bersin. Pasalnya, kotoran tungau yang bercampur dengan debu nantinya bila terhirup dapat menempel pada dinding hidung sehingga memicu alergi berupa bersin-bersin.

    2. Mengundang gangguan pernafasan lainnya

    Selain bersin-bersin, debu dan kotoran tungau yang bercampur dengan udara ternyata juga bisa sangat membahayakan sistem pernafasan manusia. Dampak yang ditimbulkan antara lain adalah pilek dan memicu kesulitan nafas.

    3. Memperparah gejala asma

    Bagi para penderita asma, kehadiran tungau merupakan momok menakutkan yang harus dihindari. Pasalnya, efek kesulitan bernafas yang ditimbulkan dapat membuat gejala asma semakin parah.

    4. Penyebab alergi kulit

    Gigitan tungau dapat memicu timbulnya alergi kulit dengan reaksi umum berupa gatal-gatal. Bahkan bila dibiarkan, alergi tersebut bisa berlanjut menjadi ruam merah. Umumnya, alergi ini disebabkan oleh kotoran tungau yang menempel pada permukaan kulit.

    5. Memicu penyakit kulit lainnya

    Bukan hanya alergi, tungau juga dapat menimbulkan beberapa infeksi kulit lainnya seperti kudis atau scabies. Dalam kondisi parah, orang yang terpapar biasanya akan mengalami demam berkelanjutan yang diikuti dengan adanya bentol-bentol pada permukaan kulitnya.

    Cara Mengobati Gigitan Tungau Kasur

    Mengingat efek sampingnya yang begitu luar biasa, sebaiknya langsung obati bila Anda terpapar. Berikut beberapa cara mengobati gigitan tungau kasur yang bisa dicoba

    Antibiotik

    Gigitan tungau yang terlalu parah biasanya akan memicu luka atau bahkan infeksi kulit serius. Oleh karena itu, bila rasa gatal tak tertahan segera konsultasikan dengan dokter dan mintalah resep antibiotik yang sesuai dengan diagnosis maupun keluhan Anda.

    Krim oles

    Ada beberapa jenis krim oles atau lotion yang juga bisa Anda gunakan sebagai cara mengobati gigitan tungau kasur. Misalnya saja seperti salep belerang, larutan benzil benzoat, selenium sulfida, krim asam salisilat, ataupun permethrin sesuai anjuran dokter.

    Salep

    Cara mengobati gigitan tungau kasur tercepat dan paling mudah yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengoleskan salep di sekitar area ruam kulit sesuai petunjuk pemakaian. Beberapa rekomendasi salep yang dianjurkan antara lain adalah doxepin, kortison, atau diphenhydramine.

    Obat

    Efek samping gigitan tungau yang berbeda membuat rekomendasi obat-obatannya pun menjadi bermacam-macam. Sebagai contoh, bila gatal Anda bisa memilih antihistamin dan jika terinfeksi radang sebaiknya gunakan kortikosteroid.

    Cara Mengecek Keberadaan Tungau Kasur

    Mengetahui keberadaan tungau tentu akan sangat membantu Anda untuk menghindari dampak negatifnya. Untuk itu, ketahui keberadaan tungau dengan beberapa tanda berikut ini:

    1. Adanya reaksi tertentu pada kulit 

    Tanda termudah yang bisa Anda kenali secara langsung adalah bekas tertentu pada permukaan kulit. Bila menemukan noda gigitan merah yang gatal ataupun ruam di bagian lengan dan bahu bisa jadi hal tersebut merupakan indikasi adanya tungau di sekitar rumah.

    2. Bekas penanda di kasur, sofa, ataupun karpet 

    Selain pada kulit, biasanya tungau juga akan meninggalkan jejak di media yang ia singgahi. Hal tersebut bisa dilihat dari adanya kotoran tungau, telur kecil berwarna putih, ataupun serpihan cangkang berbintik maupun belang yang mungkin Anda temukan di kasur, sofa, dan karpet.

    3. Aroma kamar yang apek

    Kotoran-kotoran tungau yang terlalu menumpuk pun terkadang mampu membuat seisi kamar menjadi apek dan berbau tak enak. Jadi bila Anda merasa tidak menyimpan benda beraroma kuat, maka kemungkinan penyebab aroma kamar tak sedap adalah tungau di kasur.

    Baca juga: 10 CARA MENGUSIR TIKUS DI RUMAH DENGAN BAHAN ALAMI, AMPUH!

    Cara Menghilangkan Tungau Kasur

    Daripada harus mengalami efek sampingnya, sebaiknya terapkan cara menghilangkan tungau kasur sekarang juga. Penasaran? Berikut langkah-langkahnya!

    Cuka

    Cara menghilangkan tungau kasur pertama paling mudah yang bisa Anda coba yaitu dengan memanfaatkan cuka. Anda dapat menggunakan cuka murni ataupun larutan yang telah ditambahkan sedikit air. Semprotkan langsung ke sarang tungau untuk membuat telurnya cepat mati.

    Lavender

    Di balik keindahannya, lavender menyimpan banyak manfaat salah satunya yaitu menghilangkan tungau-tungau di rumah. Caranya, keringkan bunga lavender dan taruh di sekitar sarangnya. Anda juga bisa memanfaatkan minyak lavender untuk kemudian disemprotkan langsung di beberapa titik.

    Bawang putih dan bawang merah

    Aroma kuat dan menyengat bawang ternyata sangat tidak disukai oleh tungau. Caranya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menghaluskan beberapa siung bawang putih ataupun merah lalu ambil sarinya dan oleskan di sekitar sarang tungau.

    Larutan garam

    Selain berguna untuk tambahan cita rasa makanan, ternyata garam juga bisa dimanfaatkan sebagai salah satu cara menghilangkan tungau kasur membandel. Anda bisa membuatnya dalam bentuk larutan lalu semprotkan di bagian-bagian tertentu yang berpotensi menjadi sarang utama tungau di rumah.

    Daun sirsak

    Siapa sangka, daun sirsak juga bisa jadi pilihan cara menghilangkan tungau kasur yang mungkin belum pernah Anda pikirkan sebelumnya. Langkahnya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menaruh beberapa lembar daun sirsak di sekitar area sarang tungau.

    Cara Mencegah Tungau Kasur

    Sebenarnya, ada beberapa trik yang bisa Anda lakukan untuk mencegah hadirnya tungau di rumah. Setidaknya, inilah beberapa cara termudah menghindari keberadaan tungau.

    1. Gunakan sprei anti tungau

    Di tengah pesatnya kemajuan teknologi, kini Anda pun bisa menikmati sprei khusus yang telah dilengkapi dengan fitur anti tungau. Sebaiknya, gunakan sprei anti tungau sejak kasur, bantal, dan guling Anda masih dalam kondisi baru.

    2. Jangan biarkan kasur lembab

    Tungau sangat menyukai area-area yang lembab. Anda bisa menghindarinya dengan rutin menjemur kasur, bantal, guling, karpet, ataupun sofa di bawah panas terik matahari untuk membasmi keberadaan tungau-tungau yang bersembunyi di dalamnya.

    3. Cuci sprei secara rutin

    Mengganti dan mencuci seluruh sprei secara teratur ternyata juga bisa membuat Anda terhindar dari serangan tungau berbahaya. Setidaknya, gantilah sprei dan sarung bantal minimal seminggu sekali untuk menghindari pertumbuhan tungau.

    4. Bersihkan kasur dengan teratur

    Langkah terakhir yang bisa Anda lakukan yaitu dengan membersihkan area kasur dan sekitarnya secara rutin. Selain menjemurnya, Anda pun bisa menggunakan vacuum cleaner ataupun memanggil jasa pembersih khusus yang berpengalaman.

    Setelah membaca artikel di atas, Anda pasti setuju bahwa keberadaan tungau kasur bisa sangat membahayakan. Untuk itu, tak ada salahnya mengikuti beberapa trik pintar demi terbebas dari gigitannya. Sebab kenyamanan hunian pun bergantung dari aspek kesehatan Anda dan keluarga selama di rumah.

    Di samping itu, ada banyak faktor yang turut mempengaruhi kedamaian suatu tempat tinggal. Misalnya saja dilihat dari pemilihan aneka perabot dan dekorasi rumah di dalamnya. Kini semakin mudah, Anda dapat menemukan beragam koleksi furniture berkualitas yang bisa menunjang kenyamanan hunian bersama keluarga secara online hanya di iCreate!

    Baca juga: 12 CARA MENGUSIR SEMUT DI RUMAH DENGAN BAHAN ALAMI, MUDAH!