Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Ukuran Keramik Kamar Mandi

    Ukuran Keramik Kamar Mandi, Tips, dan Cara Menghitungnya

    Menghadirkan kamar mandi impian tentu menjadi idaman semua orang. Itulah sebabnya penting mengkombinasikan desain, warna dan ukuran kamar mandi agar terlihat selaras. Sebelum Anda menentukan desain, jangan lupa juga memperhatikan ukuran keramik kamar mandi.

    Hal ini penting dilakukan sebab, ukuran dan motif keramik kamar mandi yang pas akan mempengaruhi sisi estetika dan kenyamanan. Untuk itu, berikut panduan memilih motif dan ukuran keramik kamar mandi.

    Ukuran Keramik Kamar Mandi

    Tidak hanya memperhatikan motif,  namun penting juga bagi Anda untuk melihat ukuran keramik kamar mandi agar tercipta dekorasi yang harmonis. Untuk itu, panduan ukuran keramik kamar mandi berikut akan jadi referensi.

    Ukuran keramik lantai

    Ukuran keramik lantai biasa20 x 20 cm 
     25 x 25 cm
    Ukuran kamar mandi luas 40 x 40 cm
     60 x 60 cm

    Tabel diatas merupakan ukuran umum keramik lantai kamar mandi yang sering digunakan pada berbagai tempat tinggal. Anda bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan luas kamar mandi di rumah. 

    Cara menghitung kebutuhan keramik 

    Berikut rumus yang bisa digunakan untuk menghitung kebutuhan Anda.

    Keramik kamar mandi minimalis berukuran 1,5 x 1,5 m dengan luas area bersih pada bagian dalam 1,35 x 1,35 m. Untuk kebutuhan keramik lantainya menggunakan 20 x 20 cm, dinding 20 x 25 cm, lis keramik 20 x 10 cm, ukuran pintu 20 x 210 cm serta di dalamnya terdapat keran air, drain lantai dan kloset duduk.

    Berikut penghitungan untuk kebutuhan keramik lantai kamar mandi.

    Ukuran lantai panjang 1,35 x 1,35 m

    Luas pasang keramik = 1,8225 m2.

    Faktor keamanan : 3% x 1,8225 m2 = 0,054675 m2

    Total kebutuhan: 1,8225 m2 atau setara 2 dus keramik ukuran 20 x 20 cm.

    Ukuran keramik dinding kamar mandi

    Selain ukuran lantai, Anda juga harus memperhatikan ukuran keramik dinding kamar mandi. Berikut tabel ideal keramik untuk area dinding kamar mandi.

    Ukuran keramik dinding sama dengan keramik lantai20 x 20 cm
    Ukuran keramik dinding standar20 x 25 cm atau 20 x 40 cm
    Ukuran keramik dinding kamar mandi luas25 x 40 cm
    Ukuran dekorasi tambahan untuk dinding kamar mandi5 x 5 cm

    Ukuran keramik kamar mandi bagian dinding sebenarnya bisa menggunakan ukuran yang sama dengan lantai. Namun Anda harus membedakan untuk motif maupun teksturnya. Disarankan menggunakan motif mozaik dengan tekstur tidak terlalu glossy agar kamar mandi Anda terlihat menarik. 

    Baca juga: PANDUAN UKURAN LEMARI PAKAIAN YANG TEPAT SESUAI STANDAR

    Tips Memilih Keramik Kamar Mandi

    Ada berbagai pilihan motif keramik kamar mandi yang bisa menjadi referensi untuk hunian Anda. Karena banyaknya pilihan dan motif sering kali membuat kebingungan. Untuk itu, simak tips memilih keramik kamar mandi berikut ini

    1. Pilih tekstur keramik yang tepat

    ukuran keramik kamar mandi

    Sumber: hindwarehomes.com

    Kamar mandi menjadi salah satu area yang sering terkena air. Itulah sebabnya pemilihan lantai kamar mandi akan lebih baik jika terbuat dari bahan yang tidak terlalu glossy dan licin. Hal ini bertujuan agar Anda tidak mudah terpeleset. Selain itu, ketika Anda ingin menggunakan tekstur keramik yang licin, terapkan untuk area pada permukaan yang kering saja. Misalnya  pada bagian shower yang tertutup kaca, gunakan lantai glossy agar nantinya tidak terciprat air dan menjadi licin.

    2. Padu padankan keramik dinding dan lantai

    ukuran keramik kamar mandi

    Sumber: files.theinteriorsaddict.com

    Tidak hanya tekstur dan ukuran keramik kamar mandi yang penting menjadi perhatian, Anda juga harus bisa memadupadankan dinding dan lantai. Coba pilih keramik tekstur kasar pada bagian lantai dan bergelombang pada bagian dinding untuk menampilkan kesan menarik dan tentunya juga aman.

    3. Memilih warna dengan tone yang sama

    ukuran keramik kamar mandi

    Sumber: cdn.shopify.com

    Tidak hanya tekstur yang menjadi perhatian ketika memilih ukuran keramik kamar mandi, pemilihan warna juga tidak boleh terlewatkan. Memilih warna-warna keramik yang senada akan membuat tampilan kamar mandi terkesan elegan. Selain itu, ketika Anda ingin menghadirkan kombinasi berbeda, usahakan memilih warna netral seperti putih dan hitam.

    4. Perhatikan kontras warna

    ukuran keramik kamar mandi

    Sumber: thumbor.forbes.com

    Biasanya ketika memilih keramik kamar mandi, berbeda dengan yang lain. Itulah sebabnya, Anda bisa memilih keramik dengan warna-warna kontras statement wall sedangkan corak yang lebih lembut menjadi warna dominan di kamar mandi. Hal ini akan membantu proporsi keramik terlihat unik dan menarik.

    5. Segi perawatan

    ukuran keramik kamar mandi

    Sumber: wickes.scene7.com

    Tips memilih keramik kamar mandi selanjutnya yang penting dipertimbangkan adalah segi perawatan. Ketika Anda memutuskan menggunakan warna putih usahakan meletakkannya di tempat yang tidak mudah kotor. Selain itu, ketika memilih menggunakan keramik kecil dengan sambungan nat banyak, usahakan sering untuk membersihkan sela-sela tersebut agar tidak ada kotoran menumpuk.

    6. Memanfaatkan keramik kecil untuk sudut 

    ukuran keramik kamar mandi

    Sumber: static.wikia.nocookie.net

    Jika Anda memiliki bentuk kamar mandi yang melengkung usahakan untuk memanfaatkan keramik kecil pada bagian sudutnya. Hal ini akan memberikan potongan lebih rapi dan tentunya menarik daripada Anda memotong langsung dari keramik berukuran besar.

    7. Sesuaikan ukuran keramik dengan ruangan

    ukuran keramik kamar mandi

    Sumber: roperrhodes.co.uk

    Keramik dinding dan lantai memiliki ukuran yang berbeda. Itulah sebabnya Anda perlu memilih ukuran keramik kamar mandi yang tepat agar nantinya terlihat menarik dan selaras. Selain itu, ketika menggunakan keramik kamar mandi dengan ukuran yang salah tentu juga menjadi pemborosan. Misalnya saja, ketika ukuran kamar mandi luas menggunakan keramik berukuran kecil maka akan banyak bagian yang terpotong dan terbuang.

    Keramik kamar mandi tidak hanya bisa diletakkan pada lantai saja. Namun bisa juga pada dinding, berikan lapisan keramik untuk membuat dekorasi lebih indah. Tapi jangan lupa, sebelum memutuskan menambahkan keramik, penting untuk mengukur kebutuhan keramik kamar mandi terlebih dulu agar sesuai dan pas pada ruangan Anda.

    Baca juga: UKURAN HEBEL: KELEBIHAN, KEKURANGAN, DAN CARA MENGHITUNGNYA