Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Ukuran Kitchen Set

    Standar Ukuran Kitchen Set Minimalis yang Ideal untuk Dapur

    Sebagian dari kita sering mengabaikan ukuran kitchen set yang akan diletakkan pada area dapur. Terlepas dari desainnya, ukuran kitchen set minimalis sebagian besar dipengaruhi oleh fungsi dan lebar dapur sendiri, sehingga akan lebih efektif jika memprioritaskan ukuran kitchen set dibanding menentukan desain yang tepat.

    Ukuran kitchen set yang ideal akan memudahkan ruang gerak Anda selama berada  di dapur. Begitu pula dengan desain dapur sekarang yang telah melalui berbagai tahap sehingga fungsinya lebih dari tempat memasak, melainkan sebagai furniture minimalis. Berikut ketentuan standar ukuran kitchen set yang dapat membuat dapur Anda semakin berkualitas.

    Standar Ukuran Kitchen Set Dapur Ideal

    Menghadirkan kitchen set sebagai pelengkap dapur tentu menjadi idaman semua orang. Namun sayangnya jika Anda salah memilih ukuran, ruangan akan terlihat makin  sempit. Untuk itu berikut tips bagaimana memilihnya.

    1. Lebar meja dapur

    Ukuran meja dapur menjadi hal yang penting termasuk pada lebarnya. Anda tentu membutuhkan area yang luas untuk mencuci, mengolah bahan makanan dan meletakkan berbagai bumbu dapur pada sudut meja. Pada dapur minimalis, lebar ukuran kitchen set standar pada meja sekitar 50-70 cm. 

    Namun, ada pula lebar meja dapur yang mencapai 100 cm dan biasanya digunakan untuk ukuran kitchen set dapur besar. Selain itu, lebar meja dapur yang tepat akan memungkinkan Anda bergerak lebih leluasa.

    2. Tinggi kitchen set

    Beraktivitas di dapur lebih nyaman ketika ukuran kitchen set dapur sesuai kapasitas ruang. Seperti mencuci, memasak dan menyiapkan bahan, semua kegiatan akan berjalan lancar apabila tinggi kitchen set cocok dengan tinggi Anda. 

    Tentu hal ini menjadi pengaruh besar karena kebanyakan aktivitas dapur dilakukan sambil berdiri. Idealnya, tinggi ukuran kitchen set minimalis terbilang seimbang, tidak terlalu tinggi dan tidak terlalu rendah atau sekitar 85-110 cm. Ukuran tinggi tersebut ditentukan supaya badan tidak terasa pegal.

    3. Tinggi meja dapur

    Selain lebar meja dapur, tinggi kitchen set minimalis pun menjadi perhatian penting. Tinggi ini tentu harus disesuaikan dengan rata-rata tinggi penghuninya. Misal, jika pemilik rumah memiliki tinggi 160-170 cm, maka standar tinggi meja dapur sekitar 90 cm. Begitu pula dengan tinggi pemilik rumah lain, Anda mesti bisa memperkirakan jarak yang tepat untuk kenyaman di dapur.

    Setiap desain meja dapur mempunyai lebar dan tinggi yang berbeda, sehingga Anda perlu memperhatikan detailnya agar tidak sampai salah memilih. Sebagai penentu umum, ukuran kitchen set minimalis standar pada meja dapur membutuhkan tinggi sekitar 80-90 cm.

    4. Panjang area kerja kitchen set

    Area kitchen set yang besar membantu Anda lebih leluasa dalam beraktivitas. Umumnya, panjang masing-masing area kerja dapur disesuaikan dengan keperluan. Terlebih pada penempatan alat dapur, area kerja sesuai kapasitas peralatan dapur akan membuat ruangan terkesan rapi.  

    Idealnya, pada ukuran panjang area kerja kitchen set seperti kompor, tempat memotong dan sink memerlukan sekitar 80-100 cm. Sedangkan panjang minimal kitchen set-nya sendiri adalah 2.5 meter. Namun, perlu diperhatikan bahwa ukuran area kerja di dapur harus sesuai dengan ukuran ruangnya. Jika menempatkannya pada hunian minimalis, maka area kerja lebih rapat dan membuahkan nuansa bebas.

    5. Lebar Kabinet bagian atas

    Ukuran kitchen set minimalis untuk lebar kabinet atas yaitu sekitar 35-50 cm. Anda pun dapat menyesuaikannya dengan kebiasaan menyimpan barang atau tinggi badan. Apabila suka menyimpan bahan makanan atau koleksi alat makan dalam jumlah banyak, sebaiknya buat kabinet atas dengan besar 50 cm agar cukup menampung seluruh barang. Pastikan pula lebar kabinet atas tidak melebihi meja dapur agar kepala Anda tidak berisiko terbentur kabinet.

    6. Luas dapur

    Untuk mempermudah aktivitas, penting memastikan ukuran dapur mulai dari panjang, lebar dan tingginya. Misalkan, ukuran minimal untuk dapur dengan bentuk L (dinding tunggal) sekitar 2x3 m. Sementara pada area dapur model lain perlu adanya sketsa terlebih dahulu. Dengan perencanaan sketsa yang baik, maka kitchen set yang ada di dapur akan terlihat rapi juga luas.

    7. Lekuk bawah kabinet

    Tak hanya panjang area kerja, bahkan lekukan bawah kabinet juga perlu diperhatikan agar mendapat suasana dapur yang sempurna. Idealnya, ukuran lekuk bawah kabinet adalah 13-15 cm sehingga mempermudah pembersihan pada setiap area. Tentu dengan ukurannya yang standar akan membuat nyaman setiap orang untuk berdiri menghadap meja dapur.

    Baca juga: TINGGI MEJA DAPUR IDEAL INDONESIA, BEGINI CARA MENGHITUNGNYA

    8. Lemari sudut

    Meski sering dianggap sebelah mata, nyatanya sudut dapur juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan tambahan untuk memaksimalkan fungsi ruang. Misalnya saja dengan menambahkan lemari sudut yang terbuat dari dua pintu di sisi berbeda. Umumnya, lemari sudut dapur ini dibuat dengan panjang 65 cm hingga 100 cm dan lebar sisi berukuran 85 cm sampai 100 cm. Sementara untuk sisi pendeknya sendiri berukuran sekitar 60 cm dengan tinggi 85 cm.

    9. Rak kabinet bawah

    Rak kabinet bawah juga memainkan peranan penting di dapur sebagai tempat menyiapkan bahan masakan. Untuk itu, ukurannya pun perlu diperhatikan agar Anda bisa beraktivitas dengan nyaman. Idealnya, rak kabinet bawah yang banyak dipakai biasanya merupakan tipe 2 pintu dengan tinggi 70 cm hingga 85 cm sesuai kebutuhan.

    10. Kaki kitchen set

    Aturan penting dalam memilih kitchen set terakhir yang tak kalah penting untuk diperhatikan adalah ukuran kakinya. Anda bisa menyisakan area setinggi 10 cm dari lantai untuk area kaki kitchen set untuk menambah kenyaman saat beraktivitas di dapur.

    Pilihan Model Layout Dapur

    Setelah memahami standar ukuran idealnya, berikut beberapa model layout  dapur yang bisa Anda pilih untuk menemani aktivitas memasak di rumah.

    Layout L

    Sumber: gmboel.com

    Bila memiliki area dapur yang tidak begitu luas, model layout L bisa jadi pilihan terbaik. Hal ini disebabkan oleh ukuran layout L yang pas dengan lebar 60 cm, panjang 300 cm, dan tinggi 85 cm. Ukuran kabinet atas dan bawahnya sendiri bervariasi dengan standar idealnya berkisar 200 cm x 70 cm x 60 cm hingga 300 cm x 30 cm x 100 cm.

    Single line

    Sumber: en.bab.la

    Dapur dengan single line layout merupakan tipe yang menempel langsung pada dinding ruang. Hal ini memungkinkan Anda untuk meletakkan semua peralatan memasak dalam satu garis sejajar. Single line layout biasanya dibuat dalam ukuran sekitar 200 cm hingga 220 cm lengkap dengan kabinet bawah setinggi 85 cm hingga 100 cm.

    Layout U

    Sumber: mebelux.id

    Sesuai namanya, model dapur ini memang menyerupai bentuk huruf U. Dapur dengan layout U cocok bagi Anda yang memiliki area luas dan besar. Ukuran dapur layout U sendiri sangat beragam, menyesuaikan kebutuhan dan standar kitchen set pada umumnya.

    Breakfast Nook Layout

    Sumber: fratantoniluxuryestates.com

    Berbeda dengan model sebelumnya, breakfast nook layout ini cocok untuk Anda yang menginginkan dapur unik bernuansa minimalis sederhana. Breakfast nook layout biasanya identik dengan penggunaan sofa atau kursi empuk lengkap dengan meja keren. Untuk ukurannya sendiri, Anda bisa menyesuaikan dengan jumlah tempat duduk ataupun panjang meja yang digunakan.

    Luas dapur mempengaruhi seberapa besar kitchen set yang akan dipakai. Termasuk pada dapur minimalis, ukuran kitchen set minimalis pada dapur yang mungil tidak akan mempersempit atau terkesan memaksa asalkan menggunakan ukuran yang tepat. Maka dari itu, hal utama yang perlu diperhatikan saat mendesain dapur adalah mengetahui ukuran kitchen set minimalis sesuai luas area dapur Anda.

    Selain ukuran standar kitchen set, masih ada beragam tips & trik menarik lainnya yang bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari. Untuk itu, kunjungi langsung laman resmi iCreate sekarang dan temukan juga aneka dekorasi rumah berbagai model yang keren dengan harga terjangkau!

    Baca juga: KENALI FUNGSI KITCHEN ISLAND DAN 7 INSPIRASI DESAINNYA