Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Ukuran Kulkas

    6 Cara Memilih Ukuran Kulkas yang Sesuai dengan Kebutuhan

    Menentukan ukuran kulkas merupakan salah satu faktor yang wajib diperhatikan sebelum membelinya. Pasalnya, tak semua model lemari es akan muat dimasukkan ke dapur. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mencari tahu informasinya terlebih dahulu agar kehadiran kulkas di rumah tak menjadi masalah.

    Pemilihan lemari pendingin yang tepat sesuai kebutuhan tak hanya memperhatikan kondisi ruangan dan besar kulkas saja, namun juga dimensi serta posisi penempatannya. Maka dari itu, agar tak salah pilih, yuk simak penjelasannya di bawah ini!

    Cara Memilih Ukuran Kulkas

    Di jaman yang serba canggih ini, banyak perusahaan menawarkan berbagai lemari es dengan ukuran dan model yang bermacam-macam. Berikut ini adalah cara memilih kulkas berdasarkan ukurannya.

    Ukuran kulkas 1 pintu

    ukuran kulkas

    Sumber: ebay.de

    Lemari es 1 pintu adalah model yang pertama kali muncul di pasaran dan masih diproduksi hingga sekarang. Meskipun memiliki desain yang sederhana, fiturnya selalu diperbarui hingga bisa bersaing dengan yang lain.

    Ukuran kulkas 1 pintu umumnya adalah 530 x 1200 x 515 mm atau sama dengan lantai berukuran 60x60. Lemari es jenis lebih hemat listrik karena kompresornya tidak begitu besar dengan konsumsi daya rata-ratanya mulai dari 22 hingga 80 watt.

    Selain hemat energi listrik, ukuran kulkas 1 pintu juga tidak memakan banyak ruang dalam penempatannya. Sehingga, lemari es ini cocok untuk digunakan oleh keluarga kecil yang beranggotakan sedikit (1-3 orang).

    Lemari pendingin 1 pintu biasanya memiliki pegangan tangan di sebelah kiri maupun kanan. Kulkas dengan handle di kiri cocok ditempatkan pada sebelah kanan dinding. Sebab, jika pintunya dibuka, maka tidak akan menghalangi jalan. Sebaliknya, jika pegangannya di sebelah kanan, sebaiknya ditempatkan merapat ke dinding sebelah kiri. Kulkas dengan handle ini akan sesuai jika keluarga Anda sering berkegiatan dengan tangan kidal.

    Ukuran kulkas 2 pintu

    ukuran kulkas

    Sumber: pinterest.com

    Kemunculan kulkas 2 pintu berasal dari permintaan pasar yang kurang puas akan desain lemari es tunggal. Kapasitas ruangannya yang lebih lega tentu akan mampu memuat banyak bahan dapur, makanan, maupun minuman. 

    Ukuran kulkas 2 pintu rata-rata adalah 675 x 1785 x 685. Meskipun berdimensi jumbo, lemari es ini memiliki efek pendingin yang lebih besar sehingga dapat menjangkau semua makanan. Selain itu, suhu dinginnya juga memungkinkan lauk di dalamnya dapat awet dan bertahan lama.

    Ukuran kulkas mini

    ukuran kulkas

    Sumber: amberinteriordesign.com

    Ukuran kulkas mini tak lebih dari 100 liter. Biasanya, lemari pendingin ini dipakai sebagai tambahan lemari pendingin yang dapat ditempatkan di ruangan selain dapur. Kebanyakan diletakkan di dalam kamar untuk memudahkan mengambil makanan ringan atau minuman.

    Ukuran kulkas mini yang sangat terbatas tentu tidak cocok jika Anda hobi memasak setiap hari. Sebab, kapasitasnya hanya akan muat untuk beberapa snack, minuman, dan bumbu dapur berukuran kecil. Namun, model ini bisa jadi pilihan tepat jika Anda membutuhkan lemari es dengan harga terjangkau.

    Ukuran kulkas dengan kapasitas di bawah 250 liter

    ukuran kulkas

    Sumber: fridgedaire.com

    Lemari es dengan kapasitas 100-250 liter tepat bagi Anda yang tinggal sendiri dan sering memasak setiap harinya. Tak seperti ukuran kulkas mini, lemari pendingin ini masih muat untuk menyimpan beberapa bahan makanan. Ukuran pas dan harga terjangkau, membuatnya cocok bagi Anda, terutama anak kos yang ingin menghemat biaya hidup.

    Ukuran kulkas dengan kapasitas 250-450 liter

    ukuran kulkas

    Sumber: thegoodguys.com

    Kapasitas kulkas 250-450 liter sangat tepat bagi anggota keluarga dengan jumlah lumayan banyak (3-5 orang). Ukuran sebesar ini akan cukup jika Anda senang memasak setiap hari dan karena biasanya dibekali freezer tersendiri sehingga dapat menyimpan makanan beku yang terpisah dari bahan dapur lain.

    Ukuran kulkas dengan kapasitas di atas 450 liter 

    ukuran kulkas

    Sumber: haier-europe.com

    Lemari es dengan kapasitas di atas 450 liter sangat cocok bagi anggota keluarga berjumlah banyak (5-8 orang). Anda bisa menyimpan lebih banyak makanan karena ukuran kulkasnya sangat lega. Apalagi, lemari esnya biasanya dilengkapi dengan banyak pintu maupun kompartemen. Oleh karena itu, Anda pun dapat menempatkan makanan tertentu ke bagian yang sering paling diakses agar yang lain tidak ikut busuk jika sering dibuka tutup.

    Baca juga: JANGAN SALAH! 10 PENYEBAB KULKAS TIDAK DINGIN & CARA MENGATASINYA

    Tips Memilih Kulkas

    Sebelum memutuskan untuk membeli kulkas, Anda perlu memperhatikan beberapa faktor. Berikut adalah tips memilih lemari es yang bisa Anda ikuti.

    1. Menentukan lokasi penempatan

    Menentukan lokasi penempatan merupakan faktor yang sangat penting dalam memilih ukuran lemari es. Luas rumah yang tak terlalu besar, tentu tidak memungkinkan jika menaruh lemari pendingin dengan dimensi lebar sebab akan memenuhi ruangan. Maka dari itu, memilih ukuran kulkas tentu harus memperhatikan lokasi penempatannya juga.

    2. Menyesuaikan dengan kebutuhan

    Semakin banyak dan canggihnya fitur kulkas sekarang memang terlihat begitu menarik. Misalnya, lemari es dengan banyak pintu atau desain keluaran terbaru. Akan tetapi, Anda perlu memilih ukuran kulkas sesuai kebutuhan. Jika dalam keluarga hanya terdapat anggota sedikit, cukup gunakan lemari pendingin 1 pintu. Begitupun sebaliknya, pilihkan kulkas dengan ukuran yang lebih besar apabila Anda tinggal dengan banyak orang.

    3. Menentukan jumlah pintu kulkas

    Jika Anda tipikal orang yang kerap menggunakan freezer, pilihlah kulkas dengan pintu terpisah pada bagian ruang pembekunya yaitu di bagian bawah. Hal ini bertujuan untuk memudahkan Anda menjangkaunya. Sehingga, lemari es dengan ukuran yang lebih besar akan sempurna untuk Anda sebab terdapat beberapa ruang untuk menyimpan banyak makanan.

    4. Menentukan arah bukaan pintu kulkas

    Menentukan arah bukaan pintu lemari es juga merupakan hal penting untuk diperhatikan. Jangan sampai sudah terlanjur dibeli, ternyata kulkas Anda tidak bisa dibuka secara maksimal karena terhalang suatu benda atau lokasinya yang terbatas.

    5. Menyesuaikan dengan budget

    Belilah kulkas sesuai dengan budget yang Anda miliki. Namun, jika Anda memiliki uang lebih, tak ada salahnya membeli lemari es pintar dengan fitur canggih seperti dapat mengatur temperatur serta memeriksa kualitas bahan makanan.

    6. Menghitung dimensi kulkas

    ukuran kulkas

    Sumber: coolblue.be

    Cara menghitung dimensi kulkas sebenarnya cukup mudah yaitu menggunakan rumus T x P x L. T merupakan tinggi dari kulkas, P adalah panjangnya jika dihitung dari bagian depan ke samping, sementara L merupakan lebar mulai sisi muka hingga belakang. Biasanya, brosur yang mengiklankan lemari es sudah dilengkapi dengan keterangan dimensinya. Sehingga, Anda hanya perlu menyesuaikan ukuran kulkas dengan mengukur luas ruangan di rumah.

    Mengingat bervariasinya ukuran kulkas di pasaran, tak heran banyak orang bingung memutuskan membeli yang seperti apa. Maka dari itu, pastikan Anda melakukan riset terlebih dahulu. Semoga penjelasan di atas dapat membantu menentukan kebutuhan lemari pendingin di rumah Anda. 

    Jika Anda memerlukan bahan bacaan menarik lainnya yang  insightful, iCreate hadir sebagai jawabannya. Tersedia berbagai macam artikel penuh inspirasi mulai dari tips and trick rumahan, rekomendasi desain hunian, hingga dekorasi interior yang menakjubkan. Tunggu apa lagi? Yuk, kunjungi blog iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 11 CARA MEMBERSIHKAN KULKAS YANG BENAR, MUDAH, DAN CEPAT