Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Ukuran Kursi

    Cek 8 Standar Ukuran Kursi Ergonomis Minimalis untuk Anda

    Setiap orang menggunakan kursi untuk menunjang kenyaman saat beraktivitas, sehingga penting bagi Anda menentukan kursi yang ergonomis. Bukan hanya soal model, Anda pun perlu memperhatikan material serta ukuran kursi tersebut. 

    Tahukah Anda ukuran kursi dapat berpengaruh pada kualitas aktivitas Anda? Ya, setiap orang tentu memerlukan kursi yang nyaman diduduki dalam jangka waktu lama bahkan  hingga berjam-jam. Agar tak sampai salah pilih, sebaiknya Anda mengenal apa saja ukuran kursi berdasarkan tempat dan modelnya.

    8 Ukuran Kursi Desain Sederhana

    1. Ukuran kursi cafe jok lengkung

    ukuran kursi

    Sumber: id.carousell.com

    Jenis kursi cafe minimalis ini tergolong model baru dan modern. Terlihat dari beberapa keunikan yakni pada bagian kaki belakang yang didesain miring. Pada bagian sandaran punggung melengkung, sehingga tak membuat pengguna merasa lelah atau bosan berada di kursi.

    Kursi ini memiliki panjang 55 cm, lebar 53 cm dan tinggi 115 cm. Kebanyakan toko mebel menjual kursi cafe dengan ukuran yang cocok pada ruangan minimalis seperti dapur, ruang tamu sampai tempat nongkrong. Selain itu, penggunaan warna monokrom sedang ramai belakangan ini dan salah satunya juga dipakai untuk warna kursi cafe ini.

    2. Ukuran kursi kitchen set minimalis kotak

    Jika Anda menginginkan kursi dengan ukuran proporsional, kursi kitchen set minimalis kotak merupakan pilihan yang tepat. Jenis kursi ini mengusung konsep minimalis sederhana, dimana ukuran dan modelnya sudah dipertimbangkan sehingga dapat dipakai pada segala ruangan. 

    Ukuran panjangnya sekitar 47 cm, lebar 56 cm dan tinggi 110 cm. Sandarannya yang datar diterapkan guna mempertahankan gaya ala bar. Anda akan banyak menemui jenis kursi ini berwarna gelap sehingga segmentasi penggunaanya terbatas.

    3. Kursi meeting

    ukuran kursi

    Sumber: icreate.id

    Kursi meeting dirancang sedikit condong ke depan agar menampilkan hal yang menonjol selama rapat dan diskusi. Bukan berarti kursi ini tak dapat dipakai pada suatu hunian, justru karena sudah nyaman menempel punggung maka kebanyakan orang akan memilihnya sebagai kursi kerja di rumah. 

    Ukuran kursi meeting sekitar 46 cm untuk lebar, 57 cm untuk panjang dan tingginya 111 cm. Desain kursi ini umumnya sederhana dan berwarna hitam dengan lima roda kaki.

    4. Ukuran kursi bar tinggi desain retro

    Menyusul ukuran kursi dengan kaki tinggi sebelumnya, jenis kursi mini bar tinggi gaya retro ini juga cocok digunakan di area dapur. Tampilan yang modern  semakin terlihat menawan karena detail yang sederhana dan tidak nyentrik. 

    Ukuran kursi bar panjangnya sekitar 59 cm, lebar 56 cm dan tinggi 105 cm. Semakin besar dan lebar ukurannya maka semakin nyaman sebagai dudukan serta sandaran punggung. Selain karena ukurannya, bagian kaki kursi tampak tak unik karena meski terlihat tegak memanjang biasa, namun kaki tersebut mengerucut dari bawah ke atas.

    5. Kursi teras serbaguna

    ukuran kursi

    Sumber: 295dh.com

    Apabila Anda mencari kursi berukuran sedang dengan konsep kuno, maka kursi teras serbaguna merupakan pilihan tepat. Memiliki ukuran panjang sekitar 54 cm, lebar 50 cm dan tinggi 72 cm. Terlihat jelas bagaimana desain kursi zaman dulu dapat tetap eksis sampai sekarang. Tentu karena modelnya yang sederhana juga tak memakan banyak ruang. Karena termasuk memiliki dudukan lebar, maka kursi ini cocok dipakai untuk ruang luar seperti teras.

    6. Kursi cafe retro dudukan sandaran jok busa

    Sampai sekarang kursi desain kuno masih menjadi incaran penghuni rumah minimalis. Ini dikarenakan dudukan jenis ini memiliki desain yang sederhana dan ukurannya memadai untuk setiap ruangan. Model kursi retro memadukan desain modern dimana terdapat busa sebagai bantalan maupun sandaran yang memberikan kenyamanan lebih. 

    Dengan ukuran panjang 68 cm, lebar 80 cm dan tinggi 74 cm pastinya sesuai dengan standar kenyamanan kursi santai di rumah. Model sederhana ini masih cukup menjadi perhatian, bahkan beberapa pemilik cafe sering menempatkannya sebagai furniture outdoor.

    7. Ukuran kursi minimalis klasik kayu solid

    ukuran kursi

    Sumber: icreate.id

    Tak hanya kursi retro yang menjadi incaran, kursi kayu solid juga masih banyak digunakan. Ukuran kursi ini memiliki panjang sekitar 70 cm, lebar 45 cm dan tinggi 90 cm. 

    Meski tampilannya lawas, nyatanya kursi ini memberikan nuansa fresh karena penggunaan warna cerah seperti biru dan kuning. Dudukannya empuk untuk digunakan bersantai sehingga tidak jarang digunakan untuk diletakkan di teras atau ruang tengah.

    8. Kursi setengah lingkaran

    Bila Anda menginginkan sesuatu yang unik dan sederhana, maka ukuran kursi setengah lingkaran adalah jawabannya. Ukurannya yang spesial tak sampai mempengaruhi kenyamanan, hanya dengan sekilas melihat pun dapat langsung terasa uniknya kursi ini. 

    Kursi ini berukuran panjang 50 cm, lebar 60 cm dan tinggi 70 cm. Sekilas mirip dengan kursi bar, namun dengan desain dan ukuran yang berbeda. Meski tampil dengan bentuknya yang melingkar, namun soal nyaman dan praktis kursi ini dijamin tak mengecewakan penggunanya.

    Memilih ukuran kursi untuk hunian bukanlah hal yang sulit. Ketika sudah memutuskan ingin menempatkan kursi pada suatu ruangan, Anda akan lebih mudah dalam menentukan jenis dan ukurannya. Jika tak mendapat kursi yang senada dengan ukuran dan konsep ruangan, sebaiknya pertimbangkan kualitas dan besar kursi tersebut. Selamat mencoba!

    Baca juga: CEK 6 STANDAR UKURAN SOFA IDEAL TERBAIK UNTUK ANEKA KEBUTUHAN