Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Ukuran Sofa

    6 Ukuran Sofa Ideal Sesuai Standar untuk Aneka Kebutuhan Ruang

    Ukuran sofa memang sangat bermacam-macam sesuai tipe dan jenisnya. Tak hanya desain dan warnanya, perhitungan lebar dan tinggi sofa juga penting untuk diperhatikan. Apalagi mengingat peran sofa yang sangat krusial terutama pada ruang tamu, sebagai representasi hunian utama.

    Nantinya, nilai fungsional serta kenyamanan sofa akan sangat bergantung pada proporsional bentuk dan ukurannya. Lalu, kira-kira berapakah ukuran sofa yang tepat untuk interior ruang idaman? Simak ulasan lengkapnya berikut ini

    Sofa Ruang Tamu dan Ruang Keluarga

    Meski dapat diletakkan juga di tempat lain, penggunaan sofa masih sangat identik untuk ruang tamu dan keluarga. Pasalnya, kedua ruangan tersebut memang umum digunakan untuk berkumpul bersama orang banyak. Dari banyaknya jenis sofa, setidaknya berikut beberapa tipe yang paling cocok untuk melengkapi keindahan ruang tamu dan keluarga Anda.

    Sofa 2 seater

    Sumber: icreate.id

    Sesuai namanya, sofa 2 seater ini cocok bagi Anda yang memiliki keluarga kecil dan ingin menggunakannya sebagai pelengkap kegiatan bersantai. Di pasaran, sofa 2 seater tersedia dalam banyak pilihan bentuk dengan ragam sentuhan desain yang menarik. Modelnya yang minimalis juga membuatnya sering menjadi pilihan terutama untuk mereka, pemilik hunian mungil.

    Sofa 3 seater

    Sumber: icreate.id

    Sedikit lebih lega dari model sebelumnya, sofa 3 seater kerap jadi pilihan untuk melengkapi ruang tamu atau keluarga dengan banyak anggota. Permukaannya yang luas dan sandaran lapangnya cocok untuk membuat tamu yang datang betah untuk berlama-lama di rumah Anda.

    Sofa 4 seater

    Sumber: kettal.com

    Masih belum cukup puas juga dengan sofa 3 seater? Sepertinya Anda membutuhkan sofa 4 seater yang sangat luas seperti gambar di atas. Model sofa 4 seater ini diperuntukkan bagi Anda pemilik ruang tamu dan keluarga berukuran luas yang membutuhkan space lebih terutama pada saat berkumpul.

    Sofa bed

    Sumber: icreate.id

    Sekilas, tampilan sofa bed memang tak jauh berbeda dengan tipe lainnya. Padahal, sofa bed merupakan tipe yang didesain khusus agar sandarannya bisa direbahkan sehingga memungkinkan untuk dijadikan sebagai alas tidur. Sofa bed cocok untuk diletakkan di ruang keluarga, terutama bagi Anda yang memiliki kebiasaan tidur setelah menonton TV.

    Sofa L

    Sumber: icreate.id

    Dinamakan sofa L, karena memang tipe satu ini punya bentuk unik yang sedikit berbeda dengan model lainnya. Sofa L memiliki satu space khusus yang dibuat lebih panjang dari sisi sampingnya. Hal ini memungkinkan Anda untuk beristirahat atau sekedar menyelonjorkan kaki setelah lelah seharian bekerja.

    Standar Ukuran Sofa

    Ada beberapa jenis sofa yang biasa beredar di pasaran. Setiap jenisnya memiliki ukuran yang tentunya berbeda dengan satu sama lain. Agar tidak salah pilih, berikut standar ukuran sofa berdasarkan tipe dan jenisnya yang perlu Anda ketahui sebelum membelinya.

    Sofa L

    Sumber: sofacustom.com

    Bentuknya yang berbeda dengan tipe lain membuat sofa L juga punya ukuran tersendiri. Standar sofa L sendiri biasanya berkisar di 85 cm untuk setiap bagian seat-nya. Selanjutnya, Anda bisa memilih panjang sofa sesuai kebutuhan mulai dari 200 cm x 100 cm dengan 2 +1 dudukan hingga model 4 + 3 seater berukuran 375 cm x 285 cm.

    Sofa Bed

    Sumber: namebet.cc

    Umumnya, sofa bed hadir dengan variasi 2 ukuran yang berbeda. Perhitungannya pun didasarkan dari panjang dan tebal dudukan hingga tinggi sandaran yang bisa dijadikan bed. Berikut panduan standar ukuran sofa bed yang bisa Anda lihat patokan perhitungannya pada gambar di atas 

    Size small Large Size

    AB + BC = 90 - 110 cm AB + BC = 100 - 120 cm

    CE = 150 - 185 cm CE = 185 - 215 cm

    CD = 15 - 30 cm CD = 15 - 30 cm

    Sofa 1 seater

    Sumber: ph-test-11.slatic.net

    Hanya dengan 1 dudukan, sofa 1 seater pasti memiliki ukuran terkecil bila dibandingkan dengan tipe lainnya. Biasanya, standar ukuran sofa minimalis 1 seater ini berkisar antara 90 sampai 140 cm, cukup lega untuk menampung satu orang dewasa di atasnya.

    Sofa 2 seater

    Sumber: ph-test-11.slatic.net

    Sedikit lebih besar dari tipe sebelumnya, umumnya sofa 2 seater hadir dengan panjang sekitar 145 hingga 185 cm. Panjang ukuran sofa minimalis ini dihitung mulai dari bagian lengan kiri sampai kanan untuk memastikan permukaannya tetap lapang sehingga tidak terkesan sempit.

    Sofa 3 seater

    Sumber: ph-test-11.slatic.net

    Panjang sofa 3 seater yang berkisar antara 190 - 230 cm biasanya sudah cukup untuk menampung anggota keluarga maupun tamu di rumah rumah. Standar ukuran sofa 3 seater ini juga bisa di custom sesuai kebutuhan masing-masing pembeli.

    Sofa 4 seater

    Sumber: ph-test-11.slatic.net

    Sofa 4 seater merupakan tipe terpanjang dengan permukaan paling luas dibandingkan model-model sebelumnya. Hal tersebut tak mengherankan sebab sofa 4 seater sendiri biasanya dibuat dengan ukuran sekitar 235 hingga 300 cm. Dengan panjang mencapai 3 meter, sofa 4 seater bisa jadi alas duduk ideal terutama untuk Anda yang memiliki ruang tamu luas. 

    Cara Memilih Sofa yang Tepat untuk Ruang Tamu

    Tak cukup hanya dengan mengetahui standar ukurannya, Anda pun perlu mengetahui trik lain untuk memilih sofa yang tepat. Berikut beberapa cara praktis dalam memilih sofa

    1. Sesuaikan ukuran sofa dengan luas ruang

    Keindahan suatu ruang bisa dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu dengan ketepatan komposisi setiap elemen di dalamnya. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan kesesuaian luas ruang dengan jenis sofa yang akan dibeli. Bila ruangannya kecil, sebaiknya pilihlah ukuran sofa minimalis agar terlihat pas dan cantik.

    2. Pilih desain sofa yang sesuai dengan dekorasi interior

    Selain ukuran, Anda pun harus menyesuaikannya dengan konsep interior yang akan dibangun. Misalnya saja, jika Anda menginginkan desain interior dengan tema industrial modern, maka sofa minimalis berwarna abu-abu, navy, dan hitam bisa jadi pilihan terbaiknya.

    3. Sesuaikan jenis sofa dengan kebutuhan ruang

    Dari semua jenis sofa, Anda hanya perlu membeli tipe yang memang dibutuhkan. Artinya, apabila Anda merupakan pasangan baru tanpa anak, sebaiknya pilih tipe sofa 2 seater. Anda tidak perlu membeli sofa 3 atau bahkan 4 seater karena memang model 2 dudukan sudah sangat cukup.

    4. Perhatikan penempatan sofa

    Model dan ukuran sofa yang bermacam-macam tentu juga akan berdampak pada pengaturan tata letaknya. Penempatan sofa 1 seater tentu akan berbeda dengan sofa L. Pasalnya, sofa L memang didesain untuk diletakkan di pojok ruang, sedangkan penempatan model 1 seater sendiri lebih fleksibel karena cocok ditaruh di segala penjuru tempat.

    5. Pastikan kualitas sofa

    Langkah terakhir yang tak kalah penting saat memilih sofa yaitu dengan memperhatikan juga bagaimana kualitas materialnya. Pastikan Anda dan keluarga nyaman untuk duduk di atasnya. Hal ini penting mengingat sofa termasuk furniture jangka panjang yang harusnya bisa terus digunakan hingga beberapa tahun kedepan.

    Bagaimana, sudah tahu berapa standar ukuran sofa minimalis yang tepat? Untuk itu, kini saatnya Anda untuk menyesuaikan ukuran sofa dan kebutuhan ruang tamu dengan calon tipe pilihan. Selain itu, pastikan juga kenyamanan sofa pilihan Anda dengan memperhatikan kualitas dan bahan materialnya.

    Jangan sampai asal pilih, percayakan sofa impian Anda hanya bersama iCreate! Dengan aneka pilihan desain, ukuran, dan warna yang beragam tentu akan sangat membantu Anda untuk menemukan sofa ideal. Tak hanya itu, Anda pun akan memperoleh berbagai kemudahan berbelanja mulai dari gratis ongkir hingga layanan cicilan 0%. Yuk cek katalog sofa iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 11 TRIK RAHASIA MENATA RUANG TAMU, LEBIH LUAS DAN NYAMAN