Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Vas Bunga

    8 Vas Bunga Unik Berbagai Bahan untuk Hunian Minimalis

    Untuk menambah nilai estetika pada rumah, Anda bisa menambahkan beberapa dekorasi kecil pada ruangan, seperti gerabah, vas bunga, guci dan piring yang merupakan contoh dari kerajinan keramik. Adanya vas bunga dalam suatu ruangan dapat memberi kesan indah dan asri. Selain tampilannya yang berkesan, paduan antara vas dan bunga merupakan elemen dekorasi yang cukup simpel dan relatif murah. Terlebih, bunga dengan bermacam warna akan serasi jika dipasangkan dengan flower vase yang tepat.

    Selain itu, vas bunga juga bisa dikombinasikan dengan ornamen lain seperti lukisan untuk menambah estetika ruangan. Wadah bunga ini juga memiliki bermacam bahan, misalnya terbuat dari material kayu, tanah liat, kaca, plastik dan berbagai material lain. Untuk mengetahui lebih jelasnya, mari simak jenis vas yang umum dipakai pada suatu ruangan.

    Jenis Vas Bunga

    Vas yang senada dengan konsep ruangan akan memberi kesan spesial dan enak dipandang. Selain itu, Anda juga dapat menjadikan vas sebagai salah satu daya tarik saat seseorang pertama kali memasuki rumah Anda. Kebanyakan orang akan menganggap bahwa vas menjadi bagian furnitur rumah yang bernilai estetis, sehingga tak jarang mereka perlu memperhatikan jenis vas agar cocok dengan konsepnya. Berikut jenis flower vase dan pengertiannya:

    1. Vas dari Kaca

    Vas berbahan kaca paling sering dipakai di beberapa rumah, termasuk pada rumah desain minimalis. Vas ini cocok diletakkan di atas meja hias yang hanya dipakai untuk meletakkan barang hiasan. Hal tersebut berkaitan dengan material kaca yang rentan pecah dan retak. Maka dari itu, untuk meminimalisir risikonya Anda perlu meletakkan flower vase di tempat yang sulit dijangkau anak-anak. Jangan lupa untuk rutin membersihkan vas kaca dari debu menempel dan tetap berhati-hati ketika memegangnya.

    2. Model Wadah Bunga dari Plastik

    Jenis vas selanjutnya adalah terbuat dari material plastik. Vas ini aman ditempatkan dimanapun, karena tidak mudah pecah ataupun kotor. Model vas bunga plastik juga bernilai estetika yang tinggi karena bentuk dan warnanya beragam. Membersihkan vas bahan plastik juga mudah, tetapi selalu perhatian setiap celah, karena biasanya celah pada vas plastik sulit dijangkau sehingga tak sedikit orang mengabaikannya.

    3. Vas Bunga dari Tanah Liat

    Jika menginginkan vas unik dan berkesan tradisional, Anda perlu memilih vas bunga dari tanah liat. Model ini merupakan salah satu jenis vas yang banyak diminati penghuni rumah minimalis. Selain model dan jenisnya yang unik, vas tanah liat juga memerlukan tangan ahli dalam pembuatannya. 

    Nilai estetika vas bunga bahan tanah liat terlihat dari model dan kreasi warna yang dipakai. Perlu diingat bahwa vas berbahan tanah liat mudah pecah dan tergores, maka dari itu Anda perlu berhati-hati ketika menyentuh dan meletakkannya. Anda juga mesti mempertimbangkan posisi vas bunga agar terlihat lebih menarik.

    1. Flower Vase dari Kayu

    Model vas berbahan kayu memang sedikit langka dan dijual dengan harga lebih tinggi dibanding vas jenis lain. Vas dari kayu umumnya memiliki berbagai ukiran unik dan menarik. Sama seperti wadah bunga dari plastik, material kayu juga tidak mudah pecah dan awet hingga bertahun-tahun. Anda dapat meletakkan jenis vas ini di meja ruang tamu tanpa khawatir ketika dekat dari jangkauan anak-anak.

    2. Vas Bunga dari Koran

    Memiliki vas bunga yang unik akan senantiasa menarik perhatian setiap orang, termasuk ketika Anda memanfaatkan koran sebagai bahan membuat vas. Anda dapat memakai koran bekas tanpa mengeluarkan biaya besar dan tentu hasilnya akan membuat siapapun kagum. 

    Vas koran juga dapat memberi kesan seni tinggi karena langsung memamerkan kekreatifannya. Dengan begitu, Anda pun bisa membantu mengurangi risiko limbah kertas juga menambah inspirasi bagi kebanyakan orang.

    3. Model Wadah Bunga dari Bambu

    Bagi Anda yang ingin mempunyai vas aman dari risiko pecah, maka vas dari bambu menjadi alternatif terbaik. Vas jenis ini tahan banting dan tidak mudah berbekas saat tergores. Meski terbuat dari material bambu, namun akan tetap memberi keindahan dan kealamian ruangan. 

    Memanfaatkan bambu menjadi salah satu bentuk inovasi kreatif yang berguna sebagai penghias ruangan natural. Selain itu, tahap pembersihan vas ini pun cukup mudah, Anda hanya memerlukan lap kering maupun basah untuk membasuh setiap sisi vas bambu.

    4. Wadah Bunga dari Keramik

    Keramik memang identik dengan risiko pecah dan kapasitas yang jauh lebih berat dibanding vas lain. Karena menggunakan material keramik, maka vas jenis ini memiliki nilai jual tinggi dan dapat dipakai untuk menambah estetika ruangan. 

    Vas bahan keramik biasanya juga diletakkan pada tempat yang sulit dijangkau anak-anak, seperti kamar tidur dan teras. Selain itu, wadah bunga keramik juga unik dan tebal sehingga cocok dipakai pada bunga yang hidup di dalam air.

    5. Vas Bahan Logam

    Logam merupakan salah satu bahan tertua dan biasa digunakan dalam pembuatan dekorasi, termasuk vas bunga dari logam. Untuk menjadikan jenis vas ini sebagai dekorasi, Anda bisa mengaturnya pada bagian ruangan yang cocok dan menempatkan vasnya pada meja besi atau semacamnya. Bentuknya pun beragam mulai dari silinder sampai persegi. Vas bahan logam juga mampu memberi kesan elegan dan simpel. Vas jenis ini direkomendasikan bagi Anda yang menginginkan vas tahan banting.

    Baca juga: Panduan Table Manner untuk Pemula, Lengkap Set up dan Tipsnya

    Ruangan akan terlihat lebih indah jika sudah menemukan vas yang senada dengan konsep. Seperti pada rumah minimalis yang kebanyakan memakai vas bahan kayu dan rumah bergaya glamour dengan vas material kaca. Setiap ruangan tentu memiliki konsep tersendiri yang akan membuat Anda harus memilih wadah bunga tepat. Maka dari itu, selalu perhatikan kegunaan dan tempat meletakkan vas bunga yang hendak dibeli agar dekorasi ruangan lebih hidup.