Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Ventilasi Rumah

    7 Jenis Ventilasi Rumah Terbaik tuk Hunian Sehat Bebas Pengap

    Ventilasi rumah termasuk elemen penting yang harus ada dan dibangun dalam suatu tempat tinggal. Pasalnya, kehadiran ventilasi memang dibuat dengan tujuan agar aliran sirkulasi udara di dalam rumah tetap segar dan lancar. Nantinya, hal tersebut juga akan mempengaruhi kesehatan para penghuni di dalamnya.

    Namun jangan salah, ada beberapa jenis dan desain ventilasi rumah terbaru yang dapat Anda sesuaikan untuk mendapatkan kualitas udara secara maksimal. Oleh karenanya, pahami aneka model ventilasi hunian yang baik dalam ulasan berikut!

    Jenis Ventilasi Rumah

    Meski punya fungsi sama, nyatanya ventilasi rumah terdiri atas beberapa jenis berbeda. Setiap modelnya pun dilengkapi dengan fitur dan fungsi tertentu yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan masing-masing. Apa saja? Berikut daftarnya

    Ventilasi agar sirkulasi udara lebih lancar

    Beberapa model ventilasi berikut didesain khusus untuk Anda yang menginginkan banyak udara segar masuk ke dalam rumah. Daripada penasaran, yuk cek aneka jenisnya berikut ini!

    1. Ventilasi jalusi

    Ventilasi Rumah jalusi

    Sumber: soreba.fr

    Ventilasi jalusi termasuk jenis lubang angin yang paling umum dan sering dijumpai di berbagai hunian. Biasanya, jalusi digunakan pada jendela horizontal dengan model ventilasi rumah minimalis modern. Uniknya, jalusi juga memiliki celah kecil yang fleksibel sehingga Anda pun dapat mengatur intensitas cahaya maupun aliran angin sesuai keinginan.

    2. Ventilasi kaca nako

    Ventilasi Rumah kaca nako

    Sumber: namebet.cc

    Mirip seperti jalusi, ventilasi kaca nako merupakan model lubang angin kisi-kisi yang dapat dibuka dan ditutup dengan fleksibel. Selain berfungsi sebagai ventilasi, kaca nako ini juga bisa Anda gunakan sebagai pemantul cahaya untuk menciptakan kesan ruang yang lebih luas.

    3. Ventilasi loster

    Ventilasi Rumah loster

    Sumber: fenarq.com

    Berbeda dengan model sebelumnya, jenis ventilasi loster dinilai cukup unik karena bentuknya yang berupa celah-celah kecil dengan motif tertentu. Di samping berfungsi sebagai jalur masuknya udara segar, ventilasi rumah minimalis modern ini juga cocok dijadikan untuk dekorasi hunian. Tak hanya itu, Anda pun dapat memanfaatkannya sebagai sekat ruang ataupun pagar tambahan. Menarik bukan?

    4. Ventilasi boven

    Ventilasi Rumah boven

    Sumber: houzz.com

    Model boven merupakan ventilasi rumah minimalis modern yang umum ditemui dan biasanya beberapa di antaranya dipasang menyatu dengan jendela ataupun pintu. Oleh karena itu, ventilasi boven umumnya dipasang di bagian dinding yang cukup tinggi. Alhasil, Anda pun dapat merasakan kesejukan luar biasa lengkap dengan bayangan siluet cantik di siang maupun sore hari.

    Ventilasi rumah mekanik

    Sedikit berbeda dengan beberapa jenis sebelumnya, ventilasi mekanik kali ini umumnya bergantung pada kerja sistem motor mesin. Artinya, Anda akan membutuhkan energi listrik untuk bisa mengoperasikannya di rumah.

    1. Ventilasi industri

    Ventilasi Rumah mekanik

    Sumber: creative-enterprise1.ueniweb.com

    Meski sering ditemui, beberapa orang mungkin tidak menyadari bahwa gambar di atas merupakan salah satu jenis ventilasi. Ya, sesuai namanya, ventilasi industri memang umumnya digunakan pada restoran ataupun pabrik besar yang membutuhkan celah besar untuk membuang udara dari dalam ruangan ke alam terbuka.

    2. Ventilasi dinding

    Ventilasi Rumah mekanik

    Sumber: zeiner.wien

    Bila tertarik dengan jenis ventilasi ini, bersiaplah untuk mengalokasikan pengeluaran listrik lebih besar. Pasalnya, ventilasi dinding bekerja secara dua arah, membuang udara ke luar sekaligus menyalurkannya menuju seisi ruang. Meski bermacam-macam, ukuran baling-baling ventilasi dinding sendiri biasanya berkisar antara 25 hingga 30 cm.

    3. Ventilasi pembuangan

    Ventilasi Rumah mekanik

    Sumber: lifehacker.com.au

    Jenis ventilasi terakhir ini biasanya digunakan pada ruangan tertutup seperti kamar mandi yang tidak mempunyai sirkulasi udara alami. Cara kerja ventilasi pembuangan sendiri memanfaatkan exhaust fan yang nantinya akan bergantung pada pergerakan udara di dalamnya.

    Inspirasi Desain Ventilasi

    Setelah mengetahui beberapa jenisnya, kini saatnya untuk mencari inspirasi desain ventilasi rumah terbaru yang cocok dengan konsep hunian Anda. Yuk cek ragam pilihannya di bawah ini!

    Ilusi ruang lebih luas berkat cahaya terang

    Ventilasi Rumah

    Sumber: justdial.com

    Desain ventilasi rumah terbaru pertama ini cocok untuk Anda yang menginginkan konsep open space dengan suasana hunian lega. Bahkan dalam inspirasi di atas pun, sepertinya Anda bisa menerapkan beberapa model ventilasi seperti jalusi, kaca nako, dan boven.

    Model klasik untuk interior vintage

    Ventilasi Rumah

    Sumber: cdn.home-designing.com

    Kesan sederhana yang identik dengan nuansa vintage pasti akan langsung Anda rasakan setelah melihat inspirasi di atas. Kehadiran ventilasi rumah minimalis yang simpel dan terletak di bagian atas ruang tampak serasi dipadukan dengan interior klasik bernuansa homey.

    Gaya scandinavia ala pedesaan

    Ventilasi Rumah

    Sumber: hubbelandhubbell.com

    Beberapa aksen kayu dalam ruangan berikut tampaknya sukses untuk menghadirkan gaya scandinavia ala pedesaan yang begitu khas. Pemilihan model ventilasi rumah minimalis modern dan pengaturan tata letaknya berpadu sempurna, cocok untuk Anda yang menyukai pemandangan alam terbuka.

    Aliran hawa sejuk yang lebar

    Ventilasi Rumah

    Sumber: images.adsttc.com

    Waktu berkumpul bersama keluarga memang selalu jadi momen favorit yang berharga. Bahkan beberapa orang pun rela membuat area khusus yang nyaman. Salah satu caranya bisa dengan menghadirkan pemandangan taman hijau yang dapat dilihat melalui akses ventilasi dan jendela. Dijamin, Anda dan keluarga akan betah bercengkrama di dalamnya.

    Suasana alam yang kuat

    Ventilasi Rumah

    Sumber: wyantarch.com

    Inspirasi desain ventilasi terakhir ini diperuntukkan bagi Anda yang mendambakan hunian super cozy dan alami. Bagaimana tidak, sirkulasi udara segar lewat aneka model ventilasi rumah minimalis di sekelilingnya tentu siap menemani kebersamaan Anda dengan keluarga setiap harinya.

    Kini, Anda telah mengetahui beberapa jenis ventilasi rumah lengkap dengan inspirasinya. Kira-kira desain ventilasi rumah terbaru manakah yang paling sesuai dengan konsep hunian impian? Intinya, pastikan tempat tinggal Anda telah dipasangi ventilasi. Sebab jika tidak, kualitas udara sekitar rumah akan terancam dan membahayakan para penghuni di dalamnya.

    Selain ventilasi rumah, banyak juga faktor lain yang dapat berpengaruh pada kenyamanan hunian. Misalnya saja seperti aneka perabot dan printilan aksesoris pilihan. Untuk itu, percayakan kebutuhan dekorasi rumah Anda hanya bersama iCreate. Dengan berbagai kemudahan fasilitas, yuk rasakan pengalaman berbelanja furniture online di iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 9 MODEL JENDELA RUMAH MINIMALIS MODERN POPULER TERBARU 2021