Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Warna Cat Kamar Tidur Yang Menyenangkan

    8 Warna Cat Kamar Tidur Menenangkan, Baik untuk Kesehatan

    Sebagai tempat untuk beristirahat setelah seharian penuh beraktivitas, banyak orang yang mendesain kamar tidur menjadi senyaman mungkin. Penataan ruang serta pemilihan konsep dengan warna cat kamar tidur yang menyenangkan dan baik untuk kesehatan diyakini mampu meredakan berbagai ketegangan yang dialami penghuninya.

    Selain itu, tema dan warna cat kamar tidur juga dianggap dapat membuat kesehatan mental penghuninya menjadi lebih baik. Bagi Anda yang masih khawatir mencari warna yang pas,  berikut beberapa rekomendasi warna cat ruangan kamar menyenangkan untuk inspirasi Anda.

    Rekomendasi Warna Cat Kamar Tidur Menyenangkan

    Anda dapat melihat rekomendasi warna cat kamar sebagai dasar permulaan mendekorasi kamar tidur Anda. Berikut 10 rekomendasi warna cat kamar tidur yang menyenangkan  dan baik untuk kesehatan dari iCreate.

    1. Putih

    Jika memiliki kamar tidur berukuran minimalis, maka Anda dapat mengkreasikannya dengan warna putih. Warna putih jika digunakan pada ruang kecil menghasilkan nuansa leluasa serta menipu. Menipu di sini berkaitan dengan ukurannya yang semakin terlihat besar. 

    Kegunaan tersebut dipengaruhi dengan warna cerah yang dapat memantulkan cahaya sehingga ruangan terasa cerah. Kamar tidur dengan warna putih juga terkesan lebih terbuka dan lapang.

    2. Biru Muda

    Beberapa orang mungkin sependapat, jika biru muda memang warna yang cocok untuk kamar tidur. Warna ini lebih tepatnya digunakan pada kamar tidur anak muda. Selain menjadi warna yang memberi ketenangan pada kamar tidur, warna biru muda memiliki banyak manfaat salah satunya untuk kesehatan. 

    Kesan nyaman dan tenang dari warna biru muda memberi celah untuk meningkatkan jam tidur Anda lebih berkualitas. Maka dari itu, warna cat kamar tidur yang menyenangkan ini cukup disarankan bagi penderita insomnia.

    3. Abu-abu

    Abu-abu termasuk dalam jenis warna Hue, yakni memiliki bermacam warna. Terdapat abu-abu muda, terang, gelap juga netral. Warna abu-abu termasuk dalam jenis warna modern yang berpengaruh tinggi pada kenyamanan. 

    Jenis warna ini pun memberikan nuansa sejuk yang tentunya berpengaruh baik terhadap waktu tidur dan kenyamanan saat di kamar. Abu-abu tergolong warna yang dapat memberi kesan luas sehingga cocok untuk kamar sempit.

    4. Merah Muda

    Merah muda atau dikenal dengan dusty pink termasuk warna kamar yang dapat meningkatkan kualitas tidur. Warna cat ini mampu mengontrol energi sehingga berpengaruh pada menurunnya risiko stres dan depresi. 

    Namun, pemilihan warna merah muda haruslah tepat. Jika Anda salah dalam mengkombinasikan warna dengan furnitur yang ada, ini justru dapat membuat kesan berlebihan dan kekanak-kanakan pada ruangan.

    5. Lavender

    Kebanyakan warna lavender dipakai pada kamar tidur berkonsep serba ungu. Jika digunakan pada dinding kamar tidur, berarti Anda harus memakai beberapa interior berhubungan dengan warna lavender.

    Warna cat ini memberi sentuhan feminin dan menenangkan, cocok jika diaplikasikan pada kamar tidur pasangan atau remaja. Tak memberi kesan berlebihan, warna lavender dapat membangun keharmonisan dan dapat membuat kamar tampak lebih menarik.

    6. Beige

    Beige termasuk dalam warna netral untuk kombinasi seluruh warna. Ketika menggunakan warna ini pada dinding kamar tidur, kesan tenang, nyaman dan sederhana akan terlihat jelas. 

    Campuran coklat dan abu-abu ini cocok dikombinasikan dengan hitam atau warna kopi. Warna cat kamar tidur yang menyenangkan satu ini lebih menarik jika ditempatkan pada kamar berukuran sedang dengan sedikit furnitur yang selaras.

    7. Tosca

    Mendambakan warna dinding kamar unik? Anda dapat mencoba warna tosca sebagai paduan lembut. Tosca merupakan gabungan warna biru dan hijau. 

    Warna ini menjadi pilihan tepat jika sedang bosan dengan warna dasar saja. Selain berkesan nyaman, warna tosca pun menambah nuansa ceria pada kamar tidur sehingga lebih cepat membangkitkan mood.

    8. Kuning

    Sebagian besar pecinta warna colorful akan menggunakan warna kuning sebagai dasar konsep ruangan, Anda pun dapat mengaplikasikannya dalam dinding kamar tidur. 

    Warna kuning sangat direkomendasikan sebagai warna cat kamar tidur yang menyenangkan. Hal ini karena warna kuning dapat mudah  membangkitkan mood, sehingga patut menjadi pilihan salah satu warna cat kamar yang baik bagi kesehatan. Warna kuning juga akan membantu Anda memulai hari dengan lebih bersemangat dan tentunya menghindarkan diri dari stres.

    Tips Memilih Warna Cat Kamar Tidur yang Menyenangkan

    Memilih cat kamar tidur yang tepat, tentunya akan menghasilkan suasana yang membuat Anda betah di dalam kamar. Agar tidak salah pilih, berikut beberapa tips memilih warna cat kamar tidur yang menyenangkan dan baik untuk kesehatan Anda.

    1. Sesuaikan warna cat kamar dengan konsep rumah

    Warna cat yang sesuai dengan konsep dapat menambah kesan serasi juga tidak membosankan.  Misalkan saja, Anda menerapkan konsep minimalis pada bagian luar rumah dengan mengaplikasikan warna abu-abu dan putih. Maka tidak ada salahnya untuk menggunakan kombinasi warna tersebut ke kamar tidur Anda.

    2. Pilih konsep yang ingin diciptakan

    Memiliki konsep sendiri untuk warna cat kamar akan menambah nilai kesenangan yang berbeda pada ruangan Anda. Tentu dengan mendesain suatu ruangan yang berbeda dari ruangan lain akan sedikit menguras otak, sebab nantinya Anda menemui cat yang harus tepat dengan furnitur di kamar tidur. 

    Meski begitu Anda masih dapat menghasilkan kamar tidur setara dengan yang diidamkan. Jika memilih konsep colorful, Anda dapat menggunakan cat dinding warna cerah. Atau gunakan cat gelap jika menginginkan nuansa luas.

    3. Buat palet warna cat sesuai keinginan

    Membuat palet warna untuk cat kamar tidur bukanlah hal yang sulit. Anda bisa memadukan satu warna ke warna lain. Misal, jika memilih kuning sebagai warna dasar, maka perlu mencari warna kuning muda dan kuning tua. 

    Gabungkan dengan warna dasar dan jadilah palet warna yang selaras. Atau Anda juga dapat memilih warna yang berbeda dalam setiap palet, dengan catatan tetap memenuhi konsep yang ada.

    4. Coba aplikasikan warna putih

    Tidak menjadi masalah jika Anda ingin mengaplikasikan warna putih pada dinding kamar tidur. Khususnya pada kamar tidur ukuran 3x3, Anda dapat menggunakannya pada sebagian sisi atau sampai memenuhi sisi dinding. Warna putih lebih berkesan luas dan alami, lain halnya dengan warna gelap yang semakin menyerap cahaya ketika diaplikasikan pada kamar tidur sempit. Warna cat kamar ini memudahkan Anda dalam mencari barang karena fungsinya yang terang dan sederhana.

    5. Perhatikan aspek pencahayaan

    Warna cat yang kuat sedikit memberi nuansa berlebihan jika disandingkan pada pencahayaan yang sudah tepat. Kesan berlebihannya dapat Anda rasakan ketika mengaplikasikan cat pada area sekitar jendela. 

    Namun, hal itu masih menjadi keunggulan yang efektif ketika digunakan sebagai aksen dinding dengan pencahayaan tidak langsung.

    6. Sesuaikan warna cat dengan interior ruangan

    Mencocokkan warna interior dengan dinding kamar tidur tentu sangatlah penting. Perpaduan pas antara corak dan warna cat kamar tidur yang menyenangkan akan menghasilkan kesan ruangan yang Anda harapkan.

    Misalkan, ketika furnitur yang ada dominan berwarna putih, maka Anda dapat memilih warna cat seperti abu-abu, lavender atau biru muda. Warna yang selaras dengan interior akan menciptakan suasana tenang.

    7. Pahami istilah-istilah warna

    Memahami istilah-istilah warna tentu memudahkan Anda dalam memilih warna cat kamar tidur yang menyenangkan. Seperti warna netral yakni hitam dan putih, Hue berarti bermacam warna dalam satu jenis warna, juga ada Value merupakan gelap terang. 

    Dengan memahami definisi istilah warna, bukan hanya memudahkan dalam memilih warna tetapi Anda pun mendapat banyak pengetahuan untuk kebutuhan lain yang berkaitan.

    Baca Juga: Gambar Lukisan Dinding Cocok Inspirasi Hunian Anda

    Jadi, mana warna cat kamar tidur yang menyenangkan versi diri Anda? Kamar tidur yang nyaman tercipta dari kombinasi tatanan interior yang disesuaikan dengan warna cat ruangan. Dengan menerapkan tips memilih cat yang tepat, Anda pun akan mendapatkan solusi cepat ketika kesusahan merenovasi dinding kamar.