Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Warna Cat Ruang Tamu

    10 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu dan Tips Memilihnya

    Ruang tamu merupakan tempat berkumpul utama bagi siapapun yang berkunjung ke rumah. Untuk itu, Anda harus memperhatikan komposisi desain interior di dalamnya, termasuk pemilihan warna cat ruang tamu yang tepat. Sebab setiap warna dapat menentukan karakter pemilik, melahirkan suasana ruang yang berbeda, hingga mempengaruhi psikologi dan penilaian estetika dari para tamu. 

    Jadi jangan sampai, warna cat ruang tamu yang Anda pilih malah salah dan membuat tampilannya jadi kurang menarik. Lalu bagaimana cara memilih warna cat ruang tamu yang tepat? Dan bagaimana referensi tampilan suatu warna bila diaplikasikan pada ruang tamu? Simak ulasan lengkapnya berikut ini.

    Tips Memilih Warna Cat Ruang Tamu yang Tepat

    Sebelum mengetahui beberapa rekomendasi warna cat, sebaiknya Anda juga perlu memahami tips tepat untuk memilihnya. Berikut 4 hal yang perlu Anda perhatikan saat akan memilih warna cat ruang tamu

    1. Sesuaikan dengan karakter dan konsep hunian 

    Tips pertama dalam menentukan warna cat suatu ruang adalah menyesuaikannya dengan karakter ataupun konsep interior impian. Jangan sampai, warna cat untuk ruang tamu di rumah berlawanan dengan ciri khas penghuninya. Jadi bila Anda ingin menciptakan suasana ruang yang segar, warna-warna cerah seperti hijau daun dan biru laut bisa jadi pilihan terbaiknya.

    2. Batasi penggunaan jumlah warna

    Kombinasi warna tertentu memang bisa menghasilkan tampilan ruang yang lebih menarik. Namun sebaiknya, hindari penggunaan kombinasi tone dengan jumlah yang terlalu banyak. Sebab penggunaan warna terlalu banyak bisa membuat konsep yang Anda susun jadi terlihat membingungkan dan acak-acakan. Oleh karena itu, batasi penggunaan cat maksimal 3 warna saja.

    3. Berikan pencahayaan yang sesuai

    Biasanya, tampilan interior ruang yang menawan dihasilkan oleh kombinasi warna cat dan pencahayaan yang sesuai. Jadi setelah menentukan warna cat, coba tambahkan aspek pencahayaan yang bisa mendukung hadirnya nuansa tertentu pada ruang. Misalnya, bila ingin menghadirkan kesan hangat, paduan warna cat coklat tentu akan cocok dengan lampu kekuningan yang tidak terlalu cerah.

    4. Coba di sudut kecil terlebih dahulu

    Bila Anda masih ragu dengan warna cat pilihan dan takut mengaplikasikannya, cobalah untuk mengoleskannya di sudut kecil terlebih dahulu. Hal ini bertujuan agar Anda bisa melihat warna cat ruang tamu pilihan Anda secara lebih jelas dan nyata. Setelahnya, barulah tentukan apakah warna tersebut sudah sesuai dengan keinginan Anda.

    10 Rekomendasi Warna Cat Ruang Tamu

    Keindahan ruang tamu dipengaruhi oleh banyak faktor, salah satunya yaitu pilihan warna cat yang digunakan. Lalu warna cat seperti apakah yang cocok diterapkan? Langsung saja, berikut 10 rekomendasi warna cat terbaik yang bisa Anda aplikasikan untuk ruang tamu di rumah

    Kuning mustard yang cerah

    Sumber: asianpaints.com

    Karakter warna kuning yang positif dan terkesan optimis bisa Anda manfaatkan untuk membuat interior ruang tamu dengan nuansa cerah. Dipercaya, warna kuning mampu meningkatkan suasana hati seseorang saat melihatnya. Selain itu, kuning termasuk salah satu warna cat ruang tamu agar terlihat luas karena kemampuannya yang dapat memantulkan cahaya dengan sangat baik.

    Abu-abu gelap yang dingin dan tegas

    Sumber: behr.com

    Bila Anda tidak terlalu menyukai tampilan interior yang terlalu mencolok dan berwarna, coba gunakan rona abu-abu gelap seperti inspirasi di atas. Konsep monokrom dengan memanfaatkan tone abu-abu yang berbeda juga bisa jadi ide warna cat ruang tamu minimalis dengan sentuhan mewah, tegas, modern, dan lebih elegan.

    Gabungan warna cat ruang tamu minimalis yang hangat

    Sumber: hgtvhome.sndimg.com

    Tone kecoklatan memang seringkali dipakai untuk menciptakan kesan ruang yang lebih hangat. Misalnya saja seperti inspirasi di atas yang menggunakan warna krem, coffee, moka, peanut, dan shade coklat lainnya. Selain hangat, paduan rona coklat juga dianggap layak masuk sebagai warna cat ruang tamu agar terlihat luas. Tertarik mencobanya?

    Pink pastel dan abu-abu muda yang lembut

    Sumber: awesomedecors.us

    Kombinasi pink pastel dan abu-abu muda seperti gambar di atas tentu bisa jadi salah satu warna cat ruang tamu yang sejuk dan wajib masuk daftar referensi Anda selanjutnya. Pasalnya, kelembutan warna pink dan abu-abu yang dipadukan dengan sempurna memang dianggap mampu membuat ruang tampak lebih lega dan lapang.

    Baca juga: 10 IDE KOMBINASI WARNA CAT RUMAH UNTUK BERBAGAI HUNIAN

    Rona beige klasik yang elegan dan berkelas

    Sumber: i2.wp.com

    Karakter rona beige yang fleksibel membuatnya mudah dipadukan dengan berbagai warna lainnya. Tak sekedar suasana homey, shade coklat muda ini juga termasuk warna cat ruang tamu yang sejuk dan menenangkan penghuninya. Bahkan dengan pemilihan furniture yang tepat, Anda pun bisa menghadirkan nuansa klasik berkelas seperti inspirasi di atas.

    Paduan hijau avocado dan ivory yang kalem

    Sumber: cdn.home-designing.com

    Saat melihat gambar di atas, pasti Anda langsung dimanjakan dengan keteduhan alami khas warna hijau bukan? Apalagi pilihan shade avocado cerah membuatnya layak menjadi warna cat ruang tamu yang sejuk selanjutnya. Sentuhan warna ivory di sekitarnya juga semakin membuat tampilan interior di atas tampak sangat cantik dan menyegarkan.

    Orange ceria yang menyegarkan tampilan interior

    Sumber: coloradohomesmag.com

    Kesan warna orange yang energik dianggap mampu menghadirkan suasana ruang adem, optimis, sekaligus tegas. Oleh karena itu, orange juga bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu warna ruang tamu yang sejuk dan menyenangkan. Tampilannya yang cerah pun sangat mendukung hadirnya nuansa ceria menyegarkan pada ruang tamu.

    Ice blue si warna cat ruang tamu yang bikin sejuk

    Sumber: awesomedecors.us

    Rona ice blue yang lembut dan kalem menjadikannya warna cat ruang tamu minimalis paling wajib Anda coba. Karakteristiknya yang teduh, stabil, dan produktif bisa Anda manfaatkan untuk menciptakan kesan ruang berkumpul penuh keakraban. Warna ice blue juga dapat mempengaruhi suasana hati tamu yang berkunjung ke rumah agar lebih tenang.

    Kombinasi merah maroon dan abu-abu

    Sumber: media.istockphoto.com

    Bagi Anda yang ingin mencoba tampilan lebih berani, warna merah maroon menyala seperti gambar di atas bisa jadi salah satu referensi terbaiknya. Merah selalu identik dengan warna penuh emosi dan semangat membara yang tidak membosankan. Agar tidak monoton, coba padukan dengan warna abu-abu yang lebih netral dan tegas.

    Tone gelap di semua sisi

    Sumber: homestratosphere.com

    Konsep monokrom dengan menggunakan warna-warna dasar yang netral jadi salah satu desain interior paling populer akhir-akhir ini. Sentuhan rona-rona gelap di hampir setiap elemen seperti gambar di atas menjadi bukti bahwa hitam termasuk warna cat minimalis yang bisa tampil elegan dan berkelas. Selain itu, kesan cozy dari tone hitam di atas layak menjadikannya sebagai salah satu warna cat ruang tamu yang sejuk dan modern. 

    Kini Anda telah mengetahui beberapa rekomendasi warna cat ruang tamu lengkap beserta tips praktis memilihnya. Kira-kira, warna cat ruang tamu manakah yang paling sesuai dengan karakter dan konsep hunian? Apapun itu, semoga pilihan warna cat yang Anda gunakan nantinya bisa mewujudkan interior ruang tamu idaman, ya!

    Setelah menentukan warna cat, kini saatnya untuk memilih furniture yang tepat untuk ruang tamu. Tak perlu khawatir, iCreate siap membantu Anda untuk kreasikan ruang tamu idaman jadi nyata. Yuk kunjungi laman iCreate sekarang dan temukan inspirasi ruang tamu menarik lainnya lengkap dengan rekomendasi furniture terbaik!

    Baca juga: 12 KOMBINASI CAT WARNA RUMAH YANG BAGUS DAN CANTIK TERBARU