Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Blog > Zen Garden

    11 Inspirasi Zen Garden, Taman Jepang Menenangkan Anti Stress

    Zen garden adalah taman tradisional khas Jepang yang terkenal akan suasana tenangnya. Bahkan, ia pun kerap dijadikan sebagai sarana meditasi dan kontemplasi karena efek relaksasi yang mampu dihadirkannya. Hal tersebut tak mengherankan memang karena sesuai namanya, kata zen sendiri berarti “keadaan meditasi” dalam bahasa Mandarin.

    Jadi bukan hanya sekedar suasana segar, Anda pun dapat memanfaatkan taman zen sebagai sarana penghilang stress selama di rumah. Daripada penasaran, yuk tenangkan pikiran dan manjakan mata Anda dengan aneka inspirasi Japanese zen garden design berikut ini!

    Mengenal Japanese Zen Garden

    Taman Jepang atau yang biasa disebut zen garden mulanya diciptakan oleh para biksu Buddha pada abad keenam untuk membantu aktivitas meditasi. Dalam pembuatannya sendiri, taman zen menganut 3 prinsip yaitu Shizen (kealamian), Kanso (kesederhanaan), dan Koko (penghematan). Itulah sebabnya, mini zen garden design identik akan suasana nyaman, harmonis, dan seimbang.

    Jadi bukan hanya keindahan tumbuhan hijau saja, Anda pun akan memperoleh ketenangan jiwa dari setiap elemen zen yang menyiratkan kenikmatan alam. Dalam pembuatannya sendiri, taman zen tidak memerlukan lahan yang begitu besar sehingga cocok dihadirkan pada rumah bergaya minimalis masa kini baik di dalam maupun luar ruang.

    Elemen Penting Zen Garden

    Demi menciptakan komposisi taman zen yang seimbang, sebaiknya pahami dulu beberapa elemen wajib di dalamnya. Jangan sampai salah, inilah 7 hal penting yang harus Anda hadirkan!

    1. Air

    Baik berupa kolam ataupun mini waterfall, akan selalu ada aliran air di tengah taman zen. Bahkan jika Anda memiliki lahan luas, sebaiknya buatlah kolam berkelok lalu berikan patung khas Jepang berukuran kecil yang dapat mengeluarkan air mancur.

    2. Tanaman 

    Apa jadinya bila suatu taman tidak dilengkapi dengan tumbuhan? Sesuai namanya, Japanese zen garden design masihlah termasuk salah satu jenis taman yang tentu memerlukan aneka tumbuhan dan tanaman. Bukan hanya sebagai elemen pelengkap, hadirnya tumbuhan juga akan membantu Anda untuk terkoneksi langsung dengan alam natural sekitar.

    3. Batu dan pasir

    Bila diperhatikan, batu dan pasir merupakan kunci utama dari Japanese zen garden design. Bahkan jenis setiap batu pun memiliki nilai filosofisnya masing-masing. Sebagai contoh, batu dengan tekstur kasar menyimbolkan adanya pijakan, bukit, atau gunung di tengah taman.

    4. Kayu 

    Aura alami taman zen pun bisa Anda hadirkan dengan menambahkan elemen kayu di beberapa sudutnya. Tak hanya itu, nuansa netral kayu pun bisa Anda manfaatkan sebagai pelindung privasi dari dunia luar sehingga suasana di sekitar taman pun terasa lebih tenang.

    5. Tempat duduk

    Menikmati ketenangan dan keindahan taman zen pasti akan lebih lengkap bila ditemani orang terdekat. Untuk itu, sebaiknya berikan area duduk khusus sebagai tempat berkumpul Anda bersama keluarga, kerabat, maupun teman yang sedang berkunjung.

    6. Pencahayaan

    Agar bisa dinikmati sepanjang hari, berikan akses pencahayaan yang sesuai dengan dekorasi Japanese zen garden pilihan. Umumya, taman zen akan menggunakan lampu berwarna kuning yang tidak terlalu terang dan menyilaukan.

    7. Tempat berpijak

    Meski sering disepelekan, nyatanya penting juga untuk menghadirkan tempat khusus pijakan kaki di sepanjang taman zen. Sehingga, Anda bisa menikmati pemandangan dan berkeliling taman tanpa harus merusak rerumputan di sekitarnya ataupun tersandung benda lain.

    Baca juga: TAMAN VERTICAL GARDEN MINIMALIS SOLUSI CANTIK DI RUMAH

    Inspirasi Zen Garden Design

    Dari ketujuh elemen di atas, setidaknya inilah beberapa hasil ide desain yang juga bisa Anda tiru. Yuk lihat selengkapnya pada daftar di bawah!

    Keteduhan alami di tengah hunian

    zen garden

    Sumber: ideaboz.com

    Area favorit untuk tea time di sore hari

    zen garden

    Sumber: luckyou-kyoto.com

    Mini zen garden di samping rumah

    zen garden

    Sumber: pinterest.com

    Kombinasi sempurna dengan konsep open space

    zen garden

    Sumber: homesliceapp.com

    Tips Membuat Zen Garden

    Setelah melihat beberapa inspirasi desainnya, tak lengkap rasanya bila Anda tak mengetahui bagaimana cara membuat taman khas Jepang yang begitu ikonik ini. Untuk itu, berikut beberapa langkah mudah dalam menghadirkan mini zen garden di rumah.

    1. Utamakan material alami

    zen garden

    Sumber: msn.com

    Sesuai dengan prinsipnya, sebaiknya selalu utamakan kehadiran elemen natural pada mini zen garden yang Anda buat di rumah. Material alami ini dapat berupa kayu, bambu, air, batu, dan segala macam jenis tumbuhan. Nantinya, elemen-elemen tersebut bisa Anda susun sendiri sesuai keinginan dan luas lahan yang dimiliki.

    2. Tambahkan tanaman bonsai 

    zen garden

    Sumber: revistainteriores.es

    Mini zen garden adalah tipe taman yang tidak terlalu rimbun namun masih mengedepankan asrinya suasana hijau. Oleh sebab itu, biasanya taman zen dipenuhi oleh bonsai atau tanaman yang telah dikerdilkan sebagai salah satu elemen utamanya. Apalagi sekarang sudah ada banyak cara membuat bonsai yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. 

    3. Hadirkan material batu dan pasir

    zen garden

    Sumber: flipboard.com

    Bila ingin membuat mini zen garden di rumah, pastikan untuk menghadirkan elemen batu dan pasir. Bahkan jika mungkin, Anda bisa mendominasi taman hingga tampak menutupi hampir seluruh permukaannya. Tak hanya sebagai dekorasi, susunan batu pun dapat Anda manfaatkan sebagai pijakan kaki.

    4. Kreasikan dengan lumut

    zen garden

    Sumber: hoteis.com

    Selain pepohonan bonsai dan tumbuhan kecil lainnya, Anda pun bisa mengkreasikan mini zen garden indoor di rumah dengan aneka lumut. Umumnya, lumut yang digunakan untuk taman zen berasal dari jenis bantal, pakis, dan batu. Agar bisa tumbuh dalam waktu lama, letakkan lumut di sekitar kolam ataupun air terjun untuk menjaga kelembabannya.

    5. Buat kolam atau air terjun

    zen garden

    Sumber: utedekor.se

    Untuk suasana yang lebih segar dan tidak terlalu monoton, Anda bisa menyediakan aliran air dengan membuat kolam ataupun mini waterfall di tengah taman. Suara gemericik air khas yang merdu tentu akan menambah suasana tenang dari taman zen di rumah.

    6. Perhatikan akses pencahayaan

    zen garden

    Sumber: modernzengarden.com

    Agar bisa tampil maksimal di tengah gelapnya malam, coba perhatikan juga akses pencahayaan yang Anda pasang di taman. Untuk mendukung nuansa khas oriental, sebaiknya gunakan lampu berwarna kuning yang tampak lebih hangat dan menenangkan.

    7. Gunakan dekorasi hiasan khas jepang

    zen garden

    Sumber: plantedwell.com

    Di samping semua elemen pokok sebelumnya, hal terakhir yang tak boleh Anda lupakan dalam menghadirkan mini zen garden indoor di tengah hunian adalah hiasan tambahan. Namun pastikan juga agar dekorasi yang Anda gunakan kental akan nuansa Jepang, misalnya dengan miniatur bangunan dari batu seperti inspirasi di atas.

    Setelah membaca ulasan di atas, apakah Anda semakin tertarik untuk menghadirkan Japanese zen garden indoor ataupun outdoor pada hunian? Di samping suasana teduh yang menenangkan, kehadiran taman ala Jepang ini cocok digunakan pada jenis desain rumah apapun. Jadi tak perlu khawatir lagi, hunian minimalis impian Anda pun bisa tampil penuh gaya dengan adanya taman zen.

    Selain zen garden, masih ada banyak inspirasi desain taman yang juga dapat dijadikan referensi ruang terbuka di rumah. Bahkan setiap modelnya pun bisa Anda sesuaikan dengan pilihan konsep hunian idaman. Penasaran? Yuk cek aneka ide cantiknya di laman inspirasi iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 13 INSPIRASI ROOFTOP GARDEN BESERTA TIPS MEMBUATNYA