Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Inspirasi > Dapur Bawah Tangga

    13 Ide Dapur Bawah Tangga Minimalis untuk Rumah Mungil

    Konsep dapur bawah tangga bisa jadi salah satu solusi untuk mengakali sempitnya lahan. Jadi bagi Anda yang punya rumah mungil, jangan khawatir lagi ya! Dijamin, aktivitas memasak tetap terasa seru dan menyenangkan meski tidak terletak di area super luas seperti model kitchen pada umumnya.

    Kuncinya, perhatikan pemilihan desain serta pengaturan tata letak ruangnya agar area memasak tampak luas. Untuk itu, coba intip beberapa inspirasi dapur bawah tangga menariknya berikut ini!

    13 Inspirasi Dapur Bawah Tangga

    Daripada dibiarkan kosong, Anda bisa menghadirkan ruang masak di bawah tangga yang menawan. Mulai konsep monokrom, modern atau country style sekalipun bisa diaplikasikan lewat sejumlah referensi di bawah ini. 

    Dapur bawah tangga rumah minimalis

    dapur bawah tangga

    Sumber: pinterest.co.uk

    Menghadirkan konsep minimalis pada dapur dapat Anda lakukan dengan cat putih. Pasalnya warna netral tersebut identik dengan kesederhanaan dan kebersihan. Agar tidak memakan banyak tempat, Anda juga dapat memanfaatkan area kosong bawah tangga sebagai ruang penyimpanan alat masak, seperti microwave.

    Desain dapur bawah tangga dengan batu bata

    dapur bawah tangga

    Sumber: pinterest.es

    Mengaplikasikan dinding berbatu bata ekspos memiliki sejumlah kelebihan yang jarang diketahui. Tidak hanya menonjolkan kesan natural, pembangunan dengan material ini terkenal hemat biaya karena terlihat menarik tanpa perlu diplester atau dicat. Anda hanya perlu menambahkan coating supaya tidak gampang berjamur. Pokoknya cocok diterapkan di berbagai desain ruangan. 

    Desain dapur bawah tangga kayu modern

    dapur bawah tangga

    Sumber: onekinddesign.com

    Desain yang satu ini memadukan kayu pinus dengan furniture berwarna hitam, sehingga terkesan elegan sekaligus mewah. Cocok juga buat Anda pecinta hunian ala Korea yang ciri khas lewat pemanfaatan material kayu berwarna coklat terang. Lewat material alam ini akan membuat rumah terasa nyaman dan sejuk. 

    Dapur dengan sentuhan warna kuning

    dapur bawah tangga

    Sumber: desain.id

    Bosan dengan penggunaan warna netral? Anda bisa loh mengkreasi dapur dengan rona kuning cerah agar lebih ceria dan hidup. Penggunaan corak mencolok memang jarang diterapkan pada tempat masak. Namun bukan berarti kombinasi tersebut tidak cocok ya, memadukan putih dan kuning matahari tetap enak untuk dipandang. Jadi cocok buat Anda pecinta konsep anti mainstream.

    Konsep mungil pada dapur di bawah tangga

    dapur bawah tangga

    Sumber: inews.co.uk

    Jika memiliki lahan terbatas, Anda bisa membuat dapur mungil sederhana di bawah tangga. Manfaatkanlah warna putih untuk menonjolkan kesan modern dan lapang. Terlepas dari ruang kecil, dapur di atas sudah mumpuni kebutuhan memasak sehari-hari seperti kompor beserta oven di tengah ruangan, tempat memotong, hingga wastafel di depannya. 

    Gaya monokrom dalam dapur

    dapur bawah tangga

    Sumber: houzz.com

    Bagi pecinta konsep monokrom, yuk merapat! Anda bisa menerapkan gaya tersebut pada dapur pribadi yang tentunya membuat tempat masak semakin berkelas. Di sisi lain, mengaplikasikan warna gelap seperti hitam, tidak akan ketara jika terkena noda dapur. Berbeda dengan putih yang bisa semakin kuning apabila tidak dibersihkan dengan baik. 

    Baca juga: 10 DESAIN DAPUR KECIL MINIMALIS CANTIK, KEREN DAN HEMAT BUDGET!

    Dapur bawah tangga sederhana tetapi mewah 

    dapur bawah tangga

    Sumber: ​​home-designing.com

    Membuat dapur homey dan nyaman bisa dihadirkan dengan menggunakan material alam. Tidak perlu menggunakan kayu jati, bahan sintetis yang menyerupai tekstur serta nada warnanya akan tetap memunculkan pesonanya. Jadi tidak perlu khawatir karena bisa disesuaikan dengan anggaran juga ya. 

    Inspirasi konsep terbuka dalam dapur

    dapur bawah tangga

    Sumber: decorinspiratior.com

    Merasa pengap setelah memasak di dapur? Cobalah terapkan model open space yang tidak menyekat ruangan. Dengan demikian, pergantian sirkulasi udara meningkat serta tempat gerak jadi lebih luas. Jadi memang terdapat banyak manfaat dari dapur terbuka, sehingga tidak heran apabila sudah diminati dari dulu.  

    Dapur bawah tangga minimalis bernuansa putih 

    dapur bawah tangga

    Sumber: decorpad.com

    Dapur yang satu ini mengusung tema all white bahkan pada tangga sekalipun. Tempat masak akan terlihat lebih bersih serta elegan, terlepas dari penggunaan rona klasik ini. Anda juga bisa menambahkan storage di sebelah dapur untuk memaksimalkan lahan sempit tersebut.

    Dapur di bawah tangga ala country 

    dapur bawah tangga

    Sumber: dwellinggawker.com

    Selanjutnya, ada desain dapur bawah tangga ala country style. Hal ini bisa dilihat dari penggunaan kayu pada dinding seakan tidak dipoles selesai, sehingga menciptakan suasana pedesaan seperti zaman dulu. Furniture yang digunakan juga menekankan kesan tradisional tersebut, terlihat dari kompor minim, wastafel seperti bak, sampai dekorasi lampu lilin. 

    Tempat makan di sebelah dapur bawa tangga

    dapur bawah tangga

    Sumber: ideasgn.com

    Menghadirkan ruang makan di sebelah dapur akan lebih praktis dan efektif. Pasalnya Anda tidak perlu bolak balik ketika hendak menaruh hidangan atau mengambil bumbu. Peletakan ini bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan fungsionalitasnya tempat masak.

    Dapur dengan lemari kayu klasik

    dapur bawah tangga

    Sumber: ​​homedesign.irfanyulianto.com

    Menggabungkan dua warna kayu pada dapur dapat memberikan kesan klasik dan vintage. Apalagi jika diaplikasikan pada tempat masak kecil, sehingga menyerupai hunian zaman dulu dengan lahan terbatas. Cocok buat Anda yang suka dengan suasana desa tradisional.

    Dapur yang menyatu dengan tangga

    dapur bawah tangga

    Sumber: thespruce.com

    Terakhir, desain dapur satu ini mengadopsi konsep menyatu dengan tangga, sehingga memberikan ekstra ruang. Dengan demikian, tempat masak pun tidak terkesan ramai dan berantakan terlepas dari ukurannya yang kecil. Jadi daripada dibiarkan kosong begitu saja, Anda bisa coba menerapkan ide di atas ya. 

    Itu dia, 13 inspirasi dapur bawah tangga yang wajib dicoba. Selain beberapa referensi di atas, sebenarnya Anda bebas mengkreasikan area memasak jadi lebih berwarna dengan kreativitas dan karakter masing-masing. Perhatikan juga penempatan setiap elemen di dalamnya untuk menghindari suasana sumpek.

    Nah agar semakin luas, sebaiknya lengkapi area dapur dengan perabot multifungsi. Hal ini akan membuat area memasak Anda jadi jauh lebih lega dan fungsional. Tak perlu khawatir, iCreate sebagai toko furniture online terdepan di Indonesia punya berbagai koleksi menarik yang bisa jadi pilihan terbaik. Tunggu apalagi? Klik laman resmi iCreate sekarang juga!

    Baca juga: 10 DESAIN DAPUR KECIL MINIMALIS CANTIK, KEREN DAN HEMAT BUDGET!