Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Inspirasi > Dapur > Desain Dapur Kecil

    10 Desain Dapur Kecil Minimalis Cantik, Keren dan Hemat Budget!

    Apakah Anda suka bereksperimen membuat masakan di rumah? Dapur yang nyaman dapat membuat kita bebas berlama-lama di dalamnya. Namun, terkadang masalah keterbatasan tempat menjadi kendala membangun dapur di rumah. Sehingga terciptalah desain dapur kecil yang cocok bagi rumah minimalis.

    Banyak cara mewujudkan desain dapur kecil pada hunian Anda, salah satunya dengan mengerti ukuran ruangan yang akan menjadi tempat memasak. Anda juga tidak perlu memakai jasa desainer interior untuk menentukan model dapur mana yang tepat untuk rumah. Cek 10 referensi desain dapur kecil berikut!

    10 Inspirasi Desain Dapur Kecil

    Dapur kecil tetap akan terlihat fungsional dan menarik jika Anda bisa mengkombinasikannya dengan tepat. Untuk itu berikut referensi desain dapur kecil untuk hunian Anda lebih menawan.

    Desain dapur bentuk L

    desain dapur kecil

    Sumber: sarae.id

    Desain dapur berbentuk L merupakan salah satu yang banyak diminati. Desain dapur minimalis berbentuk L ini akan terlihat menarik jika Anda pintar memadupadankan warna dengan furnitur dan ornamen lain. Misalnya saja Anda bisa memadukan perabotan berwarna cerah dengan dekorasi dinding polos agar terlihat menarik dan selaras.

    Desain dapur bentuk U

    desain dapur kecil

    Sumber: 

    Bagi Anda yang ingin menghadirkan area dapur sederhana, maka desain dapur berbentuk U bisa jadi pilihan. Desain dapur ini akan membantu memaksimalkan sudut area masak rumah Anda sehingga terkesan fungsional. Dimana Anda bisa memaksimalkan area sisi kanan untuk pekerjaan mencuci piring, area kiri untuk masak dan area tengah sebagai tempat menyajikan makanan.

    Desain dapur kecil minimalis

    desain dapur kecil

    Sumber: la.lv

    Seperti namanya, desain dapur kecil minimalis tentunya cocok bagi hunian Anda yang mungil. Tipe desain ini dikenal dapat memaksimalkan model kabinet sederhana dengan jumlah perabotan secukupnya. Selain itu, Anda juga bisa memberikan aksen warna non klasik untuk membuatnya terlihat makin menarik.

    Desain dapur panjang

    desain dapur kecil

    Sumber: thinkbox.es

    Bagi Anda yang memiliki area memasak dekat dengan kamar mandi, maka desain dapur kecil dan panjang bisa jadi pilihan. Desain dapur ini biasanya menggunakan meja samping panjang yang sejajar dengan laundry room. 

    Untuk membantu memudahkan Anda ketika memasak, ada baiknya menempatkan kompor di bagian tengah, lalu wastafel sebelah kanan dan meja sebelah kiri. Sedangkan pada aksen warna, Anda bisa memberikan warna-warna netral agar terkesan luas.

    Dapur kecil menyatu dengan meja makan

    desain dapur kecil

    Sumber: sqft.com.my

    Dapur kecil menyatu dengan meja makan ini cocok untuk  Anda yang ingin menerapkan konsep bar sederhana di rumah. Desain dapur ini akan terlihat menarik jika Anda bisa memadupadankan penataan perabotan dengan ruangan.

    Misalnya saja, Anda bisa membuat storage atau kitchen set di bawah wastafel untuk memaksimalkan penyimpanan. Serta adanya rak khusus untuk menaruh alat makan di atas meja. Tentunya akan terlihat menarik dan rapi. 

    Baca juga: 12 DESAIN DAPUR TERBUKA MINIMALIS, BUAT MASAK ASIK JADI SERU

    Dapur kecil dengan lemari terbuka dan rak piring

    desain dapur kecil

    Sumber: feeta.pk

    Punya koleksi barang pecah belah yang cantik? Atau Anda suka dengan hal yang rapi? Desain dapur lemari terbuka dan rak piring bisa dicoba untuk dihadirkan di rumah. Tipe desain ini akan menampilkan kesan estetis ketika Anda membuat rak terbuka dengan perabotan yang tertata rapi.

    Selain modelnya yang menarik, pemilihan rak berbahan kayu juga sangat direkomendasikan pada desain ini. Sebab, rak berbahan kayu tidak mudah berjamur, karatan serta mudah untuk dibersihkan. Jadi, karena terkesan ringkas, desain dapur kecil ini juga cocok diaplikasikan pada rumah tipe 21.

    Desain dapur kecil modern

    desain dapur kecil

    Sumber: ko.mcchatel.ch

    Ingin menghadirkan desain dapur kecil modern di rumah? Coba kombinasikan aksen warna dan penataan perabotan yang memiliki warna senada. Anda juga bisa memulai dengan memberikan warna putih pada desain dapur serta jendela besar agar cahaya bisa memberikan penerangan secara maksimal.

    Agar tidak terkesan monoton berwarna putih, coba gunakan dekorasi warna abu-abu maupun hitam dalam desain dapur kecil modern. Tentunya akan terasa makin sejuk ketika Anda menambahkan tanaman di sudut area dapur.

    Dapur kecil semi indoor

    desain dapur kecil

    Sumber: pinterest.com

    Bagi Anda yang memiliki area taman indoor, maka desain dapur kecil minimalis ini bisa jadi pilihan. Dimana Anda bisa mengkombinasikan area dapur terbuka dengan taman indoor di rumah. Tentunya sirkulasi udara di area dapur juga akan membuat momen memasak lebih seru tanpa takut gerah.

    Dapur kecil mewah

    desain dapur kecil

    Sumber: casasbahia.com.br

    Meskipun rumah berukuran minimalis, tapi Anda bisa tetap menghadirkan dapur kecil mewah sebagai area memasak. Desain dapur kecil sederhana ini memanfaatkan area belakang rumah sebagai tempat terbaik untuk mengaplikasinya. Dimana, Anda bisa membuat desain dapur berbentuk U dengan kombinasi warna netral serta dipadukan perkakas dapur berwarna senada.

    Desain dapur sesuai konsep rumah

    desain dapur kecil

    Sumber: aspicyboycatandmyfatass.com

    Bagi Anda yang kebingungan ingin menghadirkan desain dapur sederhana, maka menyesuaikan dengan konsep rumah juga bisa jadi solusi. Jadi, Anda tinggal mengkombinasikan area dapur dengan warna yang sesuai tema di ruangan lainnya. Tentunya tetap memberikan aksen warna yang selaras dan tidak terlalu mencolok pada perabotan dapur. Hal ini bertujuan agar kesan harmonis masih bisa terasa.

    Model dapur kecil tanpa konsep yang berlebihan merupakan rekomendasi terbaik untuk hunian minimalis. Dapur yang kecil dipilih kebanyakan orang karena tidak memakan tempat, sehingga sisi lain ruangan dapat menjadi ruang makan atau untuk kegiatan lain. Area dapur yang sederhana tetap memberi nuansa menyenangkan dan membuat Anda betah berlama-lama memasak.

    Baca juga: 10 MODEL DAPUR MEWAH MINIMALIS, HADIRKAN NUANSA ELEGAN DI RUMAH