Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Inspirasi > Kamar Tidur > Desain Kamar Tidur

    9 Desain Kamar Tidur Pilihan, Buat Istirahat Lebih Tahan Lama

    Setelah beraktivitas penuh seharian, setiap orang pasti akan kembali ke kamar tidurnya untuk beristirahat. Itulah sebabnya, kenyamanan dan tampilan kamar tidur perlu diperhatikan. Mengaplikasikan desain kamar tidur yang tepat dapat membantu istirahat Anda lebih berkualitas. 

    Menciptakan model kamar tidur impian tentu tidak sesederhana yang dibayangkan. Perlu keselarasan sisi estetika dan fungsional yang seimbang. Jangan sampai memilih desain yang salah sehingga membuat kamar menjadi tidak nyaman. Berikut beberapa inspirasi desain kamar tidur yang dapat Anda jadikan referensi.

    Inspirasi Desain Kamar Tidur

    Kamar yang nyaman tak hanya dipengaruhi oleh empuknya tempat tidur, melainkan sudah diatur dan didesain sesuai keinginan. Anda dapat memulainya dengan memperhatikan nuansa kamar yang diharapkan. Sehingga, 10 desain kamar tidur ini menjadi inspirasi tepat untuk Anda yang sedang mendekorasi ruang kamar.

    1. Menghadirkan kesan hijau dengan tanaman

    Bagi Anda yang tertarik dengan konsep natural pada kamar tidur, tambahan tanaman hijau merupakan langkah awalnya. Adanya tanaman di dalam kamar baik berupa tanaman asli maupun buatan, tidak merubah sedikitpun kesan segar dan nyaman yang terpancar. 

    Warna hijau pada daunnya juga dapat mempengaruhi suasana hati karena terlihat tenang juga natural. Namun ketika kamar tidur Anda hanya sedikit asupan cahaya yang masuk, sebaiknya gunakan tanaman hias buatan saja agar kamar tetap terlihat indah tanpa menemukan tanaman yang layu.

    2. Desain kamar tidur Menggunakan konsep bohemian

    Gaya bohemian memang kerap dipakai pada ruangan minimalis, salah satunya kamar tidur. Model kamar tidur ini merupakan campuran antara gaya vintage, etnik dan hippies. Dengan konsep campuran tersebut membuat ruang tidur Anda semakin terlihat unik juga penuh estetika. Model kamar tidur Bohemian juga akan menimbulkan kesan tenang sebab dari furnitur sampai cat dindingnya pun memakai warna santai. Anda pun dapat menambahkan beberapa dekorasi menarik seperti kain tapestry, lampu gantung dan dedaunan hijau.

    3. Warna pastel untuk ruang yang hangat

    Warna pastel identik dengan nuansa feminimnya, desain kamar tidur ini cocok bagi Anda yang suka dengan hal berbau manis. Model kamar pastel juga cenderung menunjukkan nuansa ceria sekaligus optimis. Dengan perpaduan antara warna pink, putih, oranye, cream dan biru muda dapat menjadikan kamar tidur Anda dua kali lipat lebih menarik.

    Selain itu, Anda pun memerlukan beberapa pertimbangan ketika hendak mengaplikasikan konsep ini. Karena jika sampai menggunakan warna pastel pada ruang yang dipenuhi dekorasi gelap, maka tidak akan serasi dan malah menimbulkan kebosanan.

    4. Konsep monokrom

    Setelah membahas seputar konsep ceria seperti menghadirkan warna pastel, kini saatnya menerapkan desain kamar tidur kombinasi monokrom. Perpaduan antara warna hitam dan putih menarik kesan sederhana sekaligus luas. Konsep ini pun akan lebih efektif jika diaplikasikan pada kamar tidur berukuran kecil, karena warna gelap akan menimbulkan suasana luas pada ruangan. Tak hanya itu, menambahkan beberapa interior dan aksesoris juga perlu dipertimbangkan. Gunakan warna gelap atau putih ketika menempatkan dekorasi pada kamar tidur.

    5. Desain kamar tidur mungil

    Kebanyakan orang berpendapat bahwa kamar tidur yang nyaman berpengaruh pada ukuran dan desainnya. Lalu bagaimana dengan ukuran kamar tidur yang mungil? Bukan hal yang mustahil jika kamar berukuran kecil membuat waktu tidur Anda semakin berkualitas. Sebab tak sedikit orang menyukai tempat yang terbuka dan luas sehingga desain kamar tidur mungil ini cukup membantu. Kreasikan kamar Anda menggunakan cat gelap atau terang sepenuhnya sekaligus, karena jika bertabrakan akan mengganggu pandangan dan malah mempersempit ruang.

    6. Sentuhan modern

    Hal berbau modern sudah menjadi asupan pokok masyarakat milenial, model kamar tidur modern adalah salah satu gambarannya. Dengan memakai segala furnitur futuristik dan model kamarnya yang sederhana, kesan nyaman tak pernah absen menemani tidur Anda. Terlebih, desain modern tidak memiliki sesuatu yang berlebihan seperti model vintage atau retro, sehingga akan cocok untuk Anda yang menempati hunian minimalis. Ukuran kamar yang sempit maupun luas akan seimbang kenyamanannya jika sudah dikaitkan dengan konsep modern.

    7. Menggunakan konsep klasik

    Setelah konsep modern yang mengejutkan, Anda pasti tertarik dengan bagaimana desain klasik dari kamar tidur. Tak kalah sederhana, konsep klasik masih mencakup banyak desain tergantung pada ukuran dan letak dekorasi. Namun, umumnya konsep klasik ini lebih terkesan mewah dan luas. 

    Ada pula desain klasik lain yang mengandalkan ruang sempit dengan berbagai furnitur dan dekorasi sederhana. Jika ingin lebih merasakan kesan klasiknya, Anda dapat menambahkan pajangan klasik berupa lukisan, patung atau sejenis furnitur lama.

    8. Scandinavian

    Desain Scandinavian memberi kenyamanan lebih lama pada ruang kamar. Skema warna Scandinavian berupa putih yang dilengkapi sentuhan abu-abu, biru pucat, hitam dan pastel. Namun, ada pula penggunaan desain ini dengan warna monokrom. Furnitur sampai elemen pokok desainnya pun cenderung memakai bahan kayu, sehingga kesan natural lebih terpancar di segala sisi. Campurkan pula konsep modern agar lebih selaras.

    9. Kombinasi ruang bermain

    Bagi anak-anak, bermain merupakan suatu kegiatan menyenangkan yang dapat dilakukan setiap saat. Maka dari itu, mengkombinasikan tempat tidur dengan ruang bermain akan terasa efektif pada kamar tidur anak. Jika ruangan yang ditempati cukup luas anak-anak pun mudah mendapatkan tempat bermain ternyaman mereka. 

    Begitu pula dengan model kamarnya, anak kecil menyukai hal yang mencolok sehingga gunakan warna cerah di saat mendekorasi ruang tidur untuk anak. Desain kamar tidur kombinasi ruang bermain terlihat lebih praktis karena menghemat ruang jadi kesan nyamannya lebih terasa.

    Baca Juga: 8 Desain Meja Lipat Minimalis Serbaguna Untuk Hunian Anda

    Tidak sulit bukan untuk menata ulang kamar tidur sehingga tampak baru? Jangan lupa untuk menyesuaikan desain dengan furnitur yang akan dipilih. Hadirkan kenyamanan dalam kamar Anda sehingga tidur lebih berkualitas dengan tampilan yang menarik.