Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Inspirasi > Ruang Tamu > Desain Ruang Tamu 90 An

    7 Ide Desain Ruang Tamu Ala 90-an Bikin Nostalgia!

    Bagi Anda yang lahir atau melewati tahun 90-an pasti ada kalanya merindukan hunian dengan konsep sederhana dengan gaya terkenal pada masanya. Di era tersebut memang terkenal dengan gaya nyentriknya yang disebut gaya retro. Untuk itu, bagi Anda yang merindukan tema seperti ini menghadirkan desain tamu bergaya 90-an bisa jadi solusinya. 

    Desain ruang tamu gaya 90-an memiliki sederhana serta tidak menimbulkan nuansa membosankan. Maka dari itu, tak ada salahnya memakai kembali interior desain ruang tamu “Jadul” untuk menambah kesan sederhana dan luas pada tempat tinggal, bahkan Anda pun bisa mengkombinasikan desain modern masa sekarang. Itulah sebabnya, jika sedang mencari ide dekorasi ruang tamu, Anda bisa mencoba 7 desain ruang tamu gaya 90-an berikut ini.

    1. Dekorasi Ruang Tamu Cerah dan Hangat

    Sumber: decorilla.com

    Desain ruang tamu penuh warna dapat mencerminkan kepribadian sang penghuni. Gaya 90-an memang khas dengan kombinasi yang eksplosif, warna bebas dan menimbulkan kenyamanan dalam waktu lama. 

    Tentu dengan banyak sentuhan furnitur modern, dekorasi ruang tamu ini masih memamerkan gaya retro. Penggunaan furnitur yang dimaksud seperti memakai kursi desain 90-an namun masih mencampurkan rasa modern dengan warna cerah serta sentuhan kenyamanannya. 

    Jika hunian Anda berkonsep minimalis, maka dengan menggunakan furnitur sederhana berkesan klasik akan terlihat makin menarik. Dengan begitu desain ruang tamu cerah dan hangat akan semakin hidup.

    2. Tata Ruang Terbuka Berkesan Luang

    Sumber: realsimple.com

    Di banyak rumah yang menerapkan interior desain ruang tamu retro, seringkali mereka menerapkan konsep terbuka. Hal ini menguntungkan bagi Anda yang memiliki hunian minimalis dan tak ingin ruangan terlihat sempit. Sebab, ruang tamu dengan desain ini terkesan luas dan fleksibel. 

    Biasanya, ketika hendak membedakan ruangan satu dengan ruangan lain, Anda hanya perlu menambahkan sekat yang dapat dipindah tempatkan sesuai kebutuhan. Jendela dan pintu kaca di sekitar ruangan juga dapat memberi kesan luas. Begitu pula dengan furnitur yang dipakai, Anda bisa memilih berbagai perabotan sederhana gaya 90-an yang tidak memakan tempat.

    3. Interior Ruang Tamu Dengan Sofa Gaya 90-an

    Sumber: obeki.com

    Jika kebanyakan dekorasi ruang tamu menerapkan konsep retro dengan perpaduan modern, maka Anda  bisa mencoba inovasi baru dengan memakai furnitur sofa gaya 90-an. Sofa tahun 90-an berbeda dengan sofa sekarang yang penuh dengan kesan minimalis. 

    Desain sofa ini identik dengan bantalan dan punggung sofa lebih tebal serta panjang kursi yang muat 4 - 5 orang. Menghadirkan desain ruang tamu dengan sofa model ala zaman dulu akan membuat ruangan terlihat lebih hangat dan nyaman. Warna sofa cerah seperti kuning, putih, coklat orange dan cream menjadi pilihan warna yang umum digunakan.

    Baca juga: 8 DESAIN RUANG TAMU LESEHAN MINIMALIS UNTUK HUNIAN LAPANG

    4. Dekorasi Ruang Tamu Perpaduan Modern

    Sumber: veranda.com

    Bagaimana jika mencoba desain interior ruang tamu dengan 90 persen konsep modernnya? Tentu pilihan tepat bagi Anda yang sedang mencari dekorasi retro namun masih mengandalkan kesan futuristik. Perpaduan tidak seimbang memang terkadang terkesan mengganggu, namun berbeda ketika Anda bisa memadupadankannya dengan baik. 

    Anda dapat memakai furnitur konsep modern, tetapi sebagai kombinasi gaya 90-an, berikan sedikit sentuhan seperti meja ukir atau sofa klasik. Dengan begitu, ruang tamu Anda terlihat lebih menarik dan menawarkan kenyamanan maksimal.

    5. Prints dan Pattern

    Sumber: hgtv.com

    Tahun 90-an populer dengan era seniman pop art dan desainer, maka terciptalah ide menggunakan pop art dan desain retro sebagai tema dekorasinya. Untuk mengubah hunian menjadi gaya retro Prints dan Pattern pun cukup mudah, bahkan Anda tak perlu mengeluarkan banyak biaya. Misal, tambahkan potret pop art The Beatles atau Marilyn Monroe di samping rak buku, atau bisa juga menambahkan face art berwarna cerah. 

    Bukan hanya lukisan dan potret retro, Anda pun dapat berinisiatif membuat bantal dengan gambar dan warna cerah. Furnitur ruang tamu juga mempengaruhi terciptanya gaya retro, jika memakai warna yang tidak seimbang dengan desain dindingnya maka kesan ala 90-an juga kurang. Untuk itu, Anda bisa menggunakan desain Prints dan Pattern yang sesuai dengan furnitur, maupun padukan menggunakan desain potretnya.

    6. Minimalis Ala 90-an

    Sumber: christian-schnell.info

    Jika sudah menyinggung tentang 90 persen modern, maka sebaliknya, desain ruang tamu ini mengusung konsep 90 persen gaya retro. Anda bisa mendapatkan nuansa klasik secara jelas dengan paduan desain warna dinding dan furniturnya. Jika tidak terlalu suka dengan warna cerah, Anda bisa menggunakan warna gelap seperti hijau toska, biru laut atau bahkan hitam pada dinding dan perabotan. 

    Tentunya, konsep minimalis ala 90-an masih terkesan indah jika memakai warna gelap maupun dengan banyaknya pajangan furnitur. Namun, perlu diperhatikan pada pemakaian desain ruang tamu jenis ini, tetap gunakan perlengkapan minimalis agar semakin memberikan nuansa damai.

    7. Material Revolusioner Pada Masanya

    Sumber: smmc.co.th

    Pada tahun 90-an, perkembangan teknologi pada saat itu kebanyakan menampilkan furnitur berbahan tak biasa. Misalnya saja bahan vinyl, plastik hingga fiberglass. Bahan-bahan itulah yang menjadi bakal utama setiap elemen gaya retro, seperti dinding, kursi, plafon hingga lantai. 

    Tentunya Anda bisa menggunakan warna hangat untuk memberi kenyamanan ketika memakai desain ini. Bahan seperti vinyl dan fiberglass kini juga bisa dengan mudah Anda temukan pada berbagai funitur rumah tangga.

    Kembali ke masa 90-an, banyak hal populer yang dibawa pada era itu di zaman sekarang. Salah satunya adalah menerapkan desain ruang keluarga ala 90-an. Dengan memakai dekorasi maupun beberapa furnitur klasik tentu dapat mengingatkan Anda tentang masa pada tahun tersebut. Tak perlu khawatir akan membosankan, karena di waktu sekarang Anda pun bisa lebih mudah memadupadankannya dengan desain modern.

    Baca juga: HIASAN DINDING RUANG TAMU POPULER DAN TIPS TEPAT MEMILIH HIASAN