Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Inspirasi > Kamar Tidur > Kamar Bayi

    11 Dekorasi Kamar Bayi Perempuan dan Laki-Laki, Bikin Gemas!

    Menyiapkan kamar bayi tentu tidak boleh sembarangan. Perlu  perhatian khusus pada beberapa aspek, salah satunya pemilihan desain berdasarkan jenis kelamin anak. Tak hanya indah, rancangan kamar khusus si kecil juga harus nyaman dan aman agar buah hati terhindar dari kemungkinan terjadinya hal buruk. 

    Ada banyak desain yang bisa Anda pilih dalam membuat dekorasi kamar bayi yang nyaman dan menarik. Mulai dari dekorasi kamar bayi sederhana, minimalis modern, hingga ceria penuh warna. Yuk, simak 11 desain kamar bayi perempuan dan laki-laki berikut! 

    11 Inspirasi Dekorasi Kamar Bayi

    Dekorasi kamar bayi perempuan identik dengan warna-warna yang dianggap feminin, seperti pink dan pastel. Selain itu, hiasan dekoratif seperti wallpaper bercorak bunga dan boneka juga umum digunakan.

    Berbeda dengan desain kamar anak perempuan, tempat tidur untuk bayi laki-laki biasanya menggunakan warna-warna yang dinilai maskulin seperti biru muda. Yuk, simak inspirasi lengkap desain kamar untuk si kecil berikut ini!

    Jendela besar dan bentuk geometris

    Agar udara dalam ruang tetap terasa segar, kamar untuk si kecil tentu memerlukan pencahayaan dan ventilasi yang baik. Dengan menggunakan jendela besar, buah hati bisa mendapatkan cahaya alami dari sinar matahari. Anda pun tak perlu menyalakan lampu di siang hari. Sementara dari segi desain, jendela besar mampu menambah gaya kontemporer pada ruangan. 

    Untuk membuat ruangan bayi tampil modern, beri pula sentuhan geometris melalui karpet dan lukisan dinding. Letakkan rak di dalam kamar buah hati untuk menyimpan mainan serta buku si kecil.

    Sumber: Kalon Studios/Brad Dickson

    Perpaduan shade merah jambu

    Warna pink sangat cocok untuk desain kamar bayi perempuan, bukan? Kombinasi berbagai shade merah muda bisa memberi sentuhan lembut dan nuansa feminin pada kamar buah hati. Aplikasikan warna ini pada rak, cat tembok, hingga hiasan dinding. Agar seimbang, gunakan paduan warna putih untuk box bayi, lampu tidur, meja nakas, dan rak penyimpanannya.

    Sumber: Jade Louise

    Gaya shabby chic pada desain kamar anak perempuan

    Anda juga bisa menerapkan desain shabby chic pada kamar buah hati. Caranya, pilih furniture serta dekorasi yang berwarna lembut dan feminin, seperti gambar berikut. Anda juga bisa memberi poin utama pada ruangan dengan menggunakan lampu tumblr yang dibentuk mengikuti nama si kecil.

    Sumber: That Sahm I am

    Dekorasi kamar bayi sederhana

    Anda bisa membuat kamar si kecil tampak sederhana dengan dekorasi anti ribet. Seperti desain sebelumnya, warna-warna soft seperti hijau muda sangat cocok diterapkan pada ruangan si kecil.

    Jika ingin menambah ornamen tumbuhan hijau, pastikan Anda menggunakan tanaman imitasi. Selain perawatannya yang mudah, tumbuhan imitasi juga tidak akan mengundang serangga ke dalam kamar buah hati.

    Sumber: Kath Hawkes

    Manfaatkan mural art sebagai poin utama ruangan

    Ajak buah hati berpetualang melalui mural dengan gambar pepohonan. Tambahkan pula ornamen khas dunia rimba seperti dekorasi kamar anak-anak berikut. Untuk menyeimbangkan suasana, cukup gunakan furniture bernuansa putih. Tampilan yang dihasilkan cukup apik, bukan? 

    Sumber: Melissa Shapiro

    Karpet lembut dan wallpaper bunga

    Wallpaper besar di sudut ruangan cukup untuk membuat kamar bayi sederhana tampil cantik. Desain lampu unik dengan warna lembut bisa menjadi poin utama ruangan. Tambahkan pula beberapa hiasan dinding khas anak-anak untuk membuat tampilan interior kamar lebih ceria dan berwarna. 

    Sumber: Sara Pen

    Permainan corak pada hiasan dinding

    Putih termasuk salah satu warna netral yang cocok diaplikasikan di segala jenis desain kamar dan fleksibel bila dipadukan dengan beragam corak hiasan dinding apapun. Agar tampilan semakin menarik, letakkan cermin bundar dan ornamen berbentuk nama si kecil sebagai salah satu pilihan dekorasi kamar bayi sederhana yang patut Anda coba.

    Sumber: Neda

    Tampilan kamar bayi sederhana

    Ide berikut cocok untuk Anda yang menginginkan gaya dekorasi kamar bayi sederhana. Caranya, cukup letakkan furniture utama seperti box bayi, lampu, serta kursi untuk menyusui di dalam kamar. Padukan pula wallpaper bercorak polkadot dengan karpet bergaris agar tampilan interior kamar tidak terlalu monoton. 

    Sumber: Ren Lenhof of Studio 29 Photography/Elizabeth Rees/Crate + Kids

    Wallpaper dan tirai yang serasi

    Anda kurang menyukai desain polos dan tenang? Dekorasi kamar bayi berikut bisa menjadi pilihan. Padukan wallpaper custom dengan tirai kamar bermotif senada. Kombinasi ini akan menciptakan tampilan dekorasi ruangan yang cerah ceria. Cukup unik, bukan?

    Sumber: Sarah M. Parsley Designs

    Terapkan tema khas anak-anak

    Anda dapat menerapkan tema khas anak-anak tertentu untuk desain kamar bayi perempuan. Cukup letakkan pajangan dan hiasan dinding dengan desain lucu sebagai poin utama ruangan. Dekorasi seperti ini mampu menciptakan nuansa kamar khas anak-anak. 

    Dekorasi kamar bayi berikut menggunakan tema kelinci yang banyak digemari anak kecil. Selain hiasan dinding kelinci, letakkan juga boneka bunny yang disukai buah hati. Tambahkan pula tumbuhan hijau agar kamar si kecil semakin cantik dan tampak hidup.

    Sumber: Studio Knox

    Ledakan warna di kamar si kecil

    Mari pergi ke luar angkasa bersama si kecil! Wallpaper bercorak galaksi  seperti gambar berikut bisa mengubah seluruh tampilan ruangan menjadi lebih berwarna. Bentuk ruangan ini juga pas bagi Anda yang ingin meletakkan lemari bayi di kamar. Gunakan gantungan baju dengan rak simpel bernuansa putih untuk menyeimbangkan suasana.

    Sumber: ElShane's World/Youthful Nest

    Furniture yang Harus Ada di Kamar Bayi

    Tak hanya desain, Anda juga harus melengkapi kebutuhan kamar si kecil dengan berbagai perabotan yang akan menunjang aktivitas buah hati selama di dalam kamar. Apa saja? Cek daftar furniture yang harus ada pada dekorasi kamar bayi berikut

    1. Tempat tidur bayi

    Tempat tidur merupakan elemen utama yang wajib diperhatikan saat menata dekorasi kamar bayi sederhana. Apalagi bayi masih membutuhkan waktu tidur yang cukup lama daripada orang dewasa pada umumnya. Oleh karena itu, pastikan tempat tidur bayi yang Anda pilih benar-benar berkualitas sehingga dapat menjamin kenyamanan istirahat si kecil di dalamnya.

    2. Lemari

    Banyaknya perlengkapan yang dimiliki si kecil tentu membuat Anda harus menyiapkan lemari penyimpanan untuk menjaga dekorasi kamar bayi sederhana selalu rapi. Caranya, pilihlah lemari yang memiliki desain multifungsi berupa area gantungan dan laci-laci kecil. Hal tersebut akan berguna untuk menyimpan alat-alat ataupun perlengkapan bayi dengan efisien.

    3. Selimut hangat

    Masa adaptasi yang dialami bayi memang seringkali berdampak pada kemampuan si kecil untuk bisa menerima hawa baru di lingkungan sekitarnya. Itulah sebabnya, rata-rata bayi dilapisi oleh banyak pakaian tebal untuk menjaga tubuhnya tetap hangat. Sebagai orang tua, Anda juga harus menyiapkan selimut hangat di dalam dekorasi kamar bayi untuk memastikan buah hati dapat terlelap dengan nyenyak.

    4. Changing table

    Saat masih bayi, hampir seluruh orang tua akan dihadapi dengan aktivitas mengganti popok atau memakaikan baju yang pada kenyataannya cukup menantang. Terlebih bagi orang tua baru, aktivitas tersebut tentu membutuhkan keberanian dan nyali yang cukup besar bukan? Untuk memudahkannya, coba manfaatkan changing table yang berfungsi agar aktivitas ‘menantang’ tersebut terasa lebih nyaman.

    5. Kursi menyusui

    Umumnya, bayi akan masih menyusu setiap 2 hingga 3 jam sekali. Oleh sebab itu, sebagai orang tua, Anda perlu kursi menyusui untuk mendukung kenyamanan aktivitas menyusui dan menimang buah hati di dekorasi kamar bayi. Pilih kursi menyusui berkualitas dengan tambahan bantalan empuk agar Anda tetap merasa nyaman dan tidak lelah selama duduk disana.

    6. Meja samping

    Selain kursi menyusui, nantinya Anda pasti membutuhkan meja samping selama beraktivitas di dalam dekorasi kamar bayi. Alasannya, meja samping ini berguna untuk membantu Anda menjangkau perlengkapan bayi dengan mudah. Caranya, letakkan meja samping tepat di sebelah kursi menyusui dan isi permukaannya dengan berbagai alat yang memang Anda butuhkan.

    7. Rak serbaguna

    Di samping beberapa furniture di atas, sebaiknya sediakan 1 atau lebih rak serbaguna di dalam dekorasi kamar bayi untuk menyimpan barang-barang ataupun printilan kecil. Rak serbaguna sangat bermanfaat agar Anda tetap bisa menyimpang perlengkapan si kecil dengan rapi dan dapat menjangkaunya secara mudah.

    Saat membuat kamar untuk si kecil, pastikan ruangan bebas nyamuk agar buah hati bisa tidur dengan nyenyak. Atur juga pencahayaan lampu serta lengkapi kamar dengan kipas angin atau AC sehingga suhu ruangan menjadi lebih sejuk. Anda juga bisa menempatkan kursi nyaman di dalam kamar sebagai tempat menyusui dan beristirahat.

    Itulah beberapa desain serta tips singkat dalam membuat kamar bayi. Semoga artikel ini dapat membantu Anda mewujudkan kamar bayi yang sesuai keinginan. Temukan juga beragam furniture dengan desain menarik di iCreate. Selamat berkreasi!

    Baca juga: 10 DESAIN KAMAR ALA KOREA PALING KECE SERTA TIPS DEKORASINYA