Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Inspirasi > Kamar Mandi > Kamar Mandi Batu Alam

    8 Inspirasi Desain Kamar Mandi Batu Alam Natural Modern

    Kamar mandi batu alam kini menjadi desain yang ramai dibicarakan. Kesannya yang segar dan elegan membuat banyak orang ingin menerapkannya. Namun, tahukah Anda bahwa ada banyak jenis batu alam yang bisa digunakan? Yuk, simak informasi tentang batu alam serta 8 desain yang dapat menginspirasi Anda pada artikel berikut!

    Memilih Material Kamar Mandi

    Ada beberapa hal yang sebaiknya Anda perhatikan saat memilih material kamar mandi. Mulai dari lantai, dinding hingga aspek pencahayaannya. Jangan sampai, ruangan yang Anda gunakan setiap harinya tidak dilengkapi dengan kekuatan kualitas bahan material. Sebab selain nilai estetika, Anda juga harus memikirkan sisi fungsionalnya juga.

    Pertama, perhatikan dulu aspek keamanan batu alam sebelum memilihnya sebagai pelengkap interior kamar mandi. Hindari juga pemakaian material yang licin untuk lantai kamar mandi. Kemudian, pilih bahan yang tepat agar lantai maupun dinding juga mudah dibersihkan. Berikut beberapa pertimbangan lain dalam memilih material kamar mandi.

    Ukuran dan jenis kamar mandi 

    Jenis kamar mandi serta ukurannya menjadi dasar untuk pemilihan material. Misalnya, jika Anda ingin menerapkan jenis kamar mandi basah dengan ukuran yang luas, lantai berbahan keramik lebih direkomendasikan. Sebaliknya, toilet berkonsep kering sebaiknya menggunakan keramik bertekstur yang cepat menguapkan air.

    Selanjutnya, jika Anda tertarik menerapkan konsep minimalis pada tipe kamar mandi kering, pemakaian batu alam pada dinding maupun lantai akan sangat cocok karena mampu meningkatkan estetika.

    Konsep yang akan digunakan

    Setelah memastikan tipe kamar mandi, selanjutnya Anda perlu menentukan konsep seperti apa yang akan diusung. Mulai dari gaya klasik, scandinavian, industrial, shabby chic ataupun natural minimalis. Tema natural minimalis bisa didukung dengan lantai yang memakai material batuan alam dan kayu. 

    Tips Membangun Kamar Mandi Batu Alam 

    Kamar mandi batu alam dapat didukung dengan pemberian beberapa elemen yang sesuai agar tampak minimalis. Berikut merupakan beberapa tips untuk dalam mewujudkan kamar mandi batu alam minimalis yang indah, tahan lama dan nyaman digunakan.

    Pilih Dinding yang Rata

    Saat memilih dinding yang akan ditempel batu alam, pastikan bahwa dinding tersebut berupa bidang datar dan tidak dalam keadaan licin. Hal ini bertujuan agar batuan alam dapat merekat dengan sempurna sehingga lebih kuat. Selain itu, rencanakan secara rinci motif dan ukuran batu alam yang akan dipasang.

    Rendam Batu Alam Sebelum Direkatkan

    Batu alam memiliki pori-pori yang besar, sehingga agar kelembabannya terjaga, lakukan perendaman dahulu. Proses ini juga bermanfaat agar pengeringan antara dinding, spesi perekat dan batu alam terjadi secara bersamaan. Hal tersebut membantu batu alam untuk merekat lebih kuat ke permukaan dinding.

    Gunakan Perekat Khusus

    Anda dapat menggunakan semen instan maupun lem batu alam sebagai perekat. Sebaiknya, gunakan adukan semen dan pasir agar batu alam mampu menempel dengan sempurna. Komposisi perbandingan adonan semen juga harus diperhatikan. Sebab, kekuatan perekat batu alam bergantung pada adonan semen dan pasirnya.

    Mewujudkan Kamar Mandi Batu Alam Minimalis

    Jika ingin menciptakan kesan minimalis, kurangi kebiasaan meletakkan barang-barang kurang penting di kamar mandi. Anda bisa meletakkan alat mandi di tempat penyimpanan yang tertutup. Pada intinya, jaga agar kamar mandi tetap rapi dan tidak terlihat penuh.

    Jenis-jenis Batu Alam

    Ada berbagai jenis batu alam yang bisa digunakan untuk memperindah desain kamar mandi. Efek yang dihasilkan masing-masing batu alam pada interior kamar mandi pun berbeda, tergantung warna dan teksturnya.

    Batu alam marmer

    kamar mandi batu alam

    Sumber: homify.com

    Jenis batu alam ini sering digunakan untuk melapisi lantai serta dinding kamar mandi. Pada interior, batu marmer mampu menghadirkan nuansa elegan dan mewah. Selain itu, marmer bersifat kuat dan tahan lama. Mineral penyusun marmer pun tidak akan berubah kusam meski digunakan dalam waktu yang lama.

    Batu bata

    kamar mandi batu alam

    Sumber: easyladys.com

    Jika dirancang dengan tepat, batu bata mampu membuat interior kamar mandi menjadi estetik. Namun, Anda harus mengoleskan lapisan khusus ke batu ini agar awet diletakkan di ruangan yang lembab.

    Batu alam andesit

    kamar mandi batu alam

    Sumber: muldoons.com.au

    Andesit adalah jenis bebatuan yang populer digunakan pada interior, terutama dinding kamar mandi dinding batu alam. Batu ini terbentuk dari bekuan lava dengan warna abu dan tekstur yang keras. Di dunia konstruksi, ada banyak motif batu andesit, mulai dari permukaan yang halus hingga bergerigi.

    Batu alam kerikil sungai

    kamar mandi batu alam

    Sumber: adseneca.com

    Pernahkah Anda melihat susunan kerikil kecil yang ditempel di dinding kamar mandi batu alam? Jika iya, itu merupakan salah satu penerapan batu kerikil sungai untuk desain. Penyusunan kerikil sungai untuk desain kamar mandi batu alam sederhana termasuk mudah meski membutuhkan ketelitian yang khusus.

    Batu alam putih cacing

    kamar mandi batu alam

    Sumber: moonbeamlighting.co.uk

    Batu putih cacing cocok diterapkan untuk model kamar mandi batu alam bergaya minimalis. Warnanya yang tersusun atas putih dan corak hitam sangat mendukung konsep kamar mandi batu alam minimalis. Batu ini terbentuk dari butiran pasir yang mengeras dengan tekstur padat.

    Batu alam paras jogja

    kamar mandi batu alam

    Sumber: lovin.ie

    Batu yang memiliki warna krem dan putih ini banyak diproduksi di Jawa Tengah. Terbentuk dari batuan kapur lunak, batu paras jogja bersifat menyerap air. Sehingga, batu ini lebih cocok digunakan untuk interior dibanding pemakaian luar rumah karena mudah ditumbuhi lumut. 

    Batu alam dinding templek

    kamar mandi batu alam

    Sumber: stonox.com

    Batu alam dinding templek berasal dari sejumlah daerah seperti Salagedang, Purwakarta, dan Garut. Setiap daerah memiliki motif dan pola yang berbeda. Dinding templek berkarakter keras, padat dan tahan terhadap cuaca, sehingga pas digunakan sebagai elemen interior maupun eksterior termasuk untuk desain kamar mandi batu alam sederhana. 

    Batu alam susun sirih

    kamar mandi batu alam

    Sumber: diadona.id

    Batu susun sirih dibentuk dengan menyusun kepingan-kepingan yang serupa. Susunan pipih tipis batu ini akan memberi nuansa eksotis dan menampilkan dinding yang berwarna hitam keabuan. 

    8 Inspirasi Kamar Mandi Batu Alam, Cantik dan Elegan

    Setelah memperhatikan beberapa informasi dan tips di atas, yuk intip inspirasi desain kamar mandi batu alam sederhana, minimalis hingga modern berikut! Pilih desain yang tepat agar batu alam mampu meningkatkan estetika kamar mandi Anda.

    Dinding Marmer dengan dua cermin

    Pemanfaatan marmer untuk dinding model kamar mandi batu alam memberi tampilan mewah. Marmer serba putih seperti ini menciptakan interior yang bersih serta kesan luas pada kamar mandi batu alam minimalis. Anda dapat meletakkan dua cermin dengan aksen emas untuk memperkuat konsep elegan.

    kamar mandi batu alam

    Sumber : unsplash.com/mackiec

    Dinding Semen Ekspos

    Desain berikut cocok jika Anda ingin membuat desain kamar mandi batu alam sederhana. Anda hanya perlu memanfaatkan teknik semen ekspos untuk membuat dinding kamar mandi batu alam minimalis tampak seolah-olah tidak di-finishing.

    kamar mandi batu alam

    Sumber : unsplash.com/jareddrice

    Baca juga: 10 DESAIN KAMAR MANDI MODERN MINIMALIS, SEDERHANA NAMUN MEWAH

    Minimalis dengan Marmer Hitam

    Anda pecinta warna gelap yang ingin mewujudkan model kamar mandi batu alam minimalis? Desain ini dapat Anda wujudkan dengan menggunakan marmer nuansa hitam. Warna ini tampak anggun serta meninggalkan kesan kuat saat diterapkan dalam ruangan kecil.

    kamar mandi batu alam

    Sumber : pexels.com/maxvakhtbovych

    Cermin dan Jendela Besar

    Desain kamar mandi batu alam minimalis sederhana berikut menambahkan elemen cermin dan jendela berukuran besar. Pemasangan jendela seperti ini akan memberi nuansa cerah ke dalam ruangan. 

    kamar mandi batu alam

    Sumber : unsplash.com/chastityco

    Semakin Alami dengan Tanaman

    Kamar mandi batu alam minimalis bisa ditampilkan dengan kombinasi dinding marmer dan tanaman. Selain tanaman gantung seperti gambar berikut, jenis tumbuhan yang bisa digunakan untuk mempercantik kamar mandi yakni sirih gading, lidah mertua, monstera, dan air plant.

    kamar mandi batu alam

    Sumber : unsplash.com/curology

    Kombinasi Kayu dengan Batu Alam

    Perpaduan antara batu alam dengan kayu bisa menjadi pilihan agar kamar mandi minimalis terlihat menyatu dengan alam. Cahaya alami yang masuk memberi nuansa eksotis, bersih, dan nyaman. 

    kamar mandi batu alam

    Sumber : decoist.com

    Kesan Hangat dengan Nuansa Coklat

    Nuansa coklat juga bisa diterapkan untuk desain kamar mandi batu alam sederhana. Warna ini mampu menghadirkan kesan hangat, nyaman, dan aman. Jangan lupa untuk memasang jendela agar kamar mandi mendapat cahaya alami.

    kamar mandi batu alam

    Sumber : decoist.com

    Batu Alam untuk Kamar Mandi Ala Pedesaan

    Jika Anda jenuh dengan desain modern dan ingin memberi sentuhan ala pedesaan, rancangan ini bisa menjadi pilihan. Tidak hanya pada dinding, elemen batu alam juga digunakan pada wastafel. 

    kamar mandi batu alam

    Sumber : cdn.onekindesign.com

    Semoga artikel ini membantu Anda mewujudkan kamar mandi batu alam impian. Jangan lupa agar tetap memperhatikan aspek keamanan saat merancang kamar mandi. Untuk memperkaya ide, Anda juga bisa intip inspirasi desain kamar mandi lain dari iCreate.

    Baca juga: 10 DESAIN KAMAR MANDI UNIK DAN MINIMALIS MODERN