Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Inspirasi > Ruang Kerja > Ruang Kerja Minimalis

    9 Ide Ruang Kerja Minimalis Unik Terbaik, Bikin Fokus di Rumah

    Momen bekerja tentu bisa kita lakukan dimana saja. Baik di kantor, coffee shop maupun rumah. Untuk itu, bagi Anda yang suka membawa pekerjaan pulang, tidak ada salahnya membangun area khusus kerja di dalam rumah. Banyak pilihan tema ruang yang bisa Anda pilih, salah satu yang banyak digunakan adalah desain ruang kerja minimalis. 

    Dari desain yang sederhana hingga tampak mewah bisa jadi referensi untuk ruang kerja Anda. Untuk itu, berikut 9 pilihan model ruang kerja minimalis yang bakal bikin fokus saat bekerja di rumah.

    Ide ruang kerja minimalis

    Tidak hanya menghadirkan peralatan lengkap baik komputer, buku maupun rak buku. Berbagai dekorasi ruang kerja minimalis ini juga bakal bikin Anda lebih produktif dan fokus di rumah. Berikut daftar lengkap ide desain ruang kerja minimalis di rumah.

     

    1. Ruang kerja minimalis menghadap jendela

    Inspirasi ruang kerja pertama yaitu area kerja menghadap jendela. Karena diatur menghadap ke jendela, tentu Anda dapat melihat pemandangan indah di luar rumah di sela mengerjakan tugas. Selain itu, desain ruang kerja ini juga dapat  menghemat biaya listrik karena ketika pagi dan siang hari, cahaya matahari bisa masuk sehingga Anda tidak perlu menggunakan lampu.

    Agar Anda tidak merasa silau dengan cahaya yang masuk, coba tambahkan tirai untuk mengatur intensitas cahaya. Atau tempatkan meja berbeda arah dengan datangnya cahaya sehingga Anda tetap bisa melihat view luar ruangan tanpa kepanasan. 

     

    2. Ruang kerja bertema monokrom

    Tema monokrom juga bisa jadi salah satu pilihan desain ruang kerja minimalis di rumah. Desain ini hanya menggunakan dua warna dasar, yaitu hitam dan putih. Kombinasi warna tersebut akan menampilkan kesan glamour serta dapat membuat ruang kerja terlihat lebih luas. 

    Padu padankan dengan meja dan kursi kerja bertema minimalis dengan bahan kayu atau metal agar senada dengan konsep monokrom sehingga makin terlihat indah.

     

    3. Ruang kerja dengan meja tinggi

    Jika biasanya Anda menggunakan meja dan kursi standar ketika bekerja di kantor, tidak ada salahnya mencoba desain ruang kerja minimalis dengan meja tinggi di rumah. 

    Dengan interior yang berbeda, maka akan memudahkan kaki Anda bergerak lebih leluasa. Selain itu, area bawah meja juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat penyimpanan tambahan. 

     

    4. Desain ruang kerja unsur kayu

    Tahukah Anda bahwa unsur natural dapat mengurangi kadar stress dan menambah kesan nyaman? Bagi Anda yang memiliki tekanan kerja cukup tinggi, desain ruang kerja minimalis unsur kayu ini bisa dicoba. 

    Perpaduan warna netral dan funitur berbahan kayu dapat memberikan konsep yang seimbang dan menenangkan. Agar semakin terlihat segar, kombinasikan dengan tanaman hijau di atas tempat bekerja.

     

    5. Desain ruang kerja nuansa putih

    Jika area Anda tergolong ruang kerja minimalis yang sempit, nuansa serba putih sangatlah direkomendasikan. Ide ini dapat membuat ruang kerja terlihat lebih luas dan terang.

    Sangat direkomendasikan untuk menggunakan furnitur minimalis dan tempat penyimpanan dengan corak yang tidak terlalu rumit. Gunakan dekorasi kecil seperti pot dan tanaman sintetis atau pajangan foto kecil sebagai pemanis ruangan.

     

     

    6. Desain ruang kerja asri

    Seperti namanya desain ruang kerja asri, maka akan mengedepankan adanya tambahan tanaman di dalamnya. Tanaman hijau dipilih selain sebagai kombinasi yang sempurna dan tidak monoton, tentu karena menghasilkan oksigen dan bikin sejuk. Jadi, dijamin mood akan meningkat jika menggunakan model ruang kerja minimalis tipe ini di rumah.

     

     

    7. Desain multifungsional

    Ruang minimalis, selalu identik dengan area terbatas. Itulah sebabnya bagi Anda yang memiliki ruang kerja minimalis maka desain multifungsi bisa jadi pilihan. Anda bisa memilih perabotan multifungsi untuk membuat ruangan tidak terlihat sesak. Misalnya saja, menggunakan meja dengan desain sekaligus rak buku. Jangan lupa juga kombinasikan dengan warna senada agar terlihat makin menarik

     

    8. Desain ruang kerja dengan lampu

    Selain desain fungsional Anda juga bisa membuat ruang kerja minimalis sederhana dengan lampu. Anda bisa mengkombinasikan berbagai model lampu mulai dari lampu belajar, lampu baca, lampu gantung dan berbagai pilihan lainnya sebagai pelengkap dekorasinya. Jangan takut ruangan akan terlihat sempit. Karena, jika Anda bisa mengkombinasikan menggunakan funitur yang tepat, akan tetap terlihat luas dan menarik. 

     

    9. Desain ruang kerja artistik

    Tidak melulu polos, Anda juga bisa menyulap ruang kerja minimalis jadi lebih artistik. Caranya dengan mengkombinasikan lukisan sebagai hiasan dinding pada ruang kerja. Lukisan tersebut bisa diletakkan di atas meja maupun digantung sesuai keinginan. Dengan menerapkan desain ini, ruang kerja Anda tidak akan terlihat membosankan dan lebih menyenangkan!

    Baca Juga: 10 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru untuk Hunian Anda

    Ruang kerja yang nyaman akan membuat produktivitas penghuninya meningkat. Jadi, ubahlah sudut ruangan kosong di rumah menjadi area kerja nyaman sesuai kreativitas Anda. Sepuluh inspirasi di atas bisa jadi pilihan Anda untuk di rumah, dan tingkatkan semangat kerja!