Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Inspirasi > Ruang Tamu > Ruang Tamu Minimalis

    10 Desain Ruang Tamu Minimalis Modern Terbaru untuk Hunian Anda

    Ruang tamu merupakan salah satu bagian terpenting dalam sebuah tempat tinggal. Dikatakan penting karena memang menjadi garda depan yang akan dilihat pertama kali ketika seseorang bertamu. Hal ini juga berlaku pada hunian berkonsep minimalis. Memiliki rumah berukuran terbatas tentu membutuhkan pembagian ruangan yang tepat dan sejalan dengan konsep. Desain ruang tamu minimalis tentu akan menjadi pilihan yang tepat untuk Anda.

    Desain ruang tamu berukuran minimalis tidak akan menghilangkan nilai fungsinya. Anda tetap bisa menjadikan ruangan ini tetap menarik dan nyaman. Ingin tahu desain ruang tamu minimalis yang cocok untuk rumah? Cek ide desain ruang tamu minimalis berikut ini. 

    Inspirasi Desain Ruang Tamu Minimalis

    Memiliki ruangan nyaman yang sedap dipandang merupakan dambaan semua orang. Tak melulu soal ruang tamu yang mewah, desain ruang tamu minimalis terkadang jauh lebih sempurna. Untuk mendapatkan ide dekorasi ruang tamu minimalis, mari simak inspirasi berikut ini:

    1. Minimalis Monokrom

    Jika Anda gemar memakai konsep minimalis, maka memilih desain ruang tamu monokrom adalah solusi tepat. Bagi sebagian orang warna monokrom dianggap sebagai warna flat dan terkesan membosankan. Namun, hal itu tak akan menjadi masalah bagi Anda yang memiliki rumah minimalis. 

    Kesederhanaan dekorasi ruang tamu monokrom terlihat sempurna serta dapat  memberi nuansa tenang pada penghuninya. Berkat perpaduan warna yang senada, ruang tamu monokrom dapat membuat nyaman. Jika ruang tamu Anda berukuran small size, maka desain minimalis monokrom semakin cocok karena akan konsep ini akan memberikan kesan lebih luas secara alami.

     

    2. Japanese Scandinavian

    Anda pasti pernah dengar jika sesuatu yang berlebihan tidaklah baik. Konsep Japanese Scandinavian ini melambangkan kesederhanaan pada penempatan dekorasinya. Perpaduan unsur desain Jepang dan Skandinavia menawarkan gaya simpel pada ruang tamu. 

    Desain ini disokong dengan material kayu yang berkesan hangat, suasana dominan gelap pada lantai hingga aksesoris natural sebagai pendukung. Untuk melengkapi keasrian ruang tamu, Anda bisa menambahkan tanaman di dalam rumah atau rak buku minimalis.

     

    3. Modern Kontemporer

    Dekorasi model ruang tamu kontemporer di masa modern merupakan pilihan tepat sebagai ruangan kekinian. Desain ini memberikan kehangatan intens sehingga lebih nyaman dan santai untuk ruang tamu. 

    Kenyamanannya didukung dengan lantai beton modern yang dipadukan dengan dinding putih. Tambahan ornamen kayu juga berpengaruh pada estetika ruang tamu model kontemporer. Perpaduan jendela besar akan membiarkan cahaya bebas masuk dan Anda dapat melihat pemandangan luar hanya dari ruang tamu.

     

     

    4. Minimalis Simpel ‘Membumi’

    Salah satu komponen penting saat menerapkan desain ruang tamu minimalis adalah organis dan bentuk sederhana. ‘Membumi’ dalam dekorasi ini diartikan simpel dan alami. Anda dapat mengaplikasikan konsep ini dengan menggunakan  lantai kayu berkombinasi dengan tembok putih sebagai dasar ruangan. Kemudian gunakan meja beralaskan karpet bulu yang unik, bangku kayu hingga rak buku sebagai furniture. 

    Kenyamanan dan kehangatan ruang tamu akan terus terpancarkan karena nilai naturalnya. Dan jika diperlukan, Anda bisa menambahkan tungku api atau tanaman hias agar terlihat lebih membumi.

     

    5. Gaya Casual

    Dekorasi ruang tamu konsep casual mengedepankan fungsi dibanding tampilan. Dengan penerapan tersebut akan membuat penikmat ruangan merasakan rileks dan kenyamanan yang sesungguhnya. Gaya santai ini menawarkan nuansa tropis dengan perabotan simpel, fleksibel dan warna yang kalem. 

    Menggunakan lantai bermotif bercak dan dinding putih polos semakin menambah penyempurna ruang tamu. Ketika memilih furniture seperti rak buku, kursi dan meja, sebaiknya padukan dengan unsur kayu agar kesan tropisnya lebih menonjol.

     

    6. Minimalis dengan Cat Tembok Terang

    Sebagai siasat membuat ruang tamu terasa luas dan cerah,  Anda dapat menerapkan konsep warna terang seperti putih, krem, abu muda dan warna netral. Dengan memakai warna terang dapat memberi kesan lapang dan bersih. 

    Warna terang juga dapat dikombinasikan bersama warna ceria seperti kuning dan hijau muda sebagai aksen agar ruang tamu terlihat lebih hidup. Jika memilih ruang tamu minimalis dengan konsep terang maka dijamin siapapun yang datang tidak akan bosan. Cat tembok terang pada ruang tamu semakin menambah kenyamanan dan terasa menyenangkan.

     

     

    7. Dekorasi ruang tamu minimalis dengan Elemen Vintage

    Menambahkan elemen Vintage pada dekorasi ruang tamu dapat memberi nuansa sederhana dan minimalis. Tidak ada hal yang berlebihan, hanya terdapat perabotan kursi, meja, sofa dan beberapa aksesoris tanaman hias. Dinding dan lantainya pun berwarna putih polos sehingga menambah estetika ruang tamu. 

    Terdapat pula karpet yang menjadi alas meja dan kursi. Namun bukan sembarang karpet, karpet yang dipakai adalah desain karpet abad pertengahan. Desain ruang tamu ini akan menyenangkan hari Anda dengan konsep sederhana dan gaya Vintagenya.

     

    8. Gaya Klasik

    Gaya Klasik menjadi pilihan yang tak pernah lekang dimakan zaman. Desain ini terinspirasi dari rumah pegunungan dengan perabotan serba kayu. Tetapi Anda juga bisa menerapkannya pada ruang tamu dengan memadukan perlengkapan modern seperti kabin klasik yang estetik, perabotan ringkas, lampu modern, sofa sampai warna-warna netral yang memberi nuansa menenangkan dan eksis. Jika Anda dapat mendesainnya sesuai konsep maka dipastikan ruang tamu terasa menakjubkan.

     

    9. Modernitas Sederhana

    Minimalis identik dengan modernitas. Dengan adanya perabotan modern bersama konsep desain ruang tamu yang simpel dapat menyajikan kesan nyaman yang sesungguhnya. Perpaduan warna putih, krem, hitam dan coklat seakan membawa Anda tak bosan-bosannya memanjakan mata.

    Adanya lampu berdiri dan meja bundar kecil semakin mempertajam estetika modernitas pada ruang tamu. Dengan begitu, Anda pun tak usah mengeluarkan biaya besar karena konsep modernitas mengusung gaya minimalis yang simpel dan praktis.

     

    10. Warna-Warni Pelangi

    Kebanyakan ruang tamu minimalis mengaplikasikan satu atau dua pilihan warna sebagai estetika desainnya. Namun, akan berbeda jika sudah menggunakan ide desain warna-warni pelangi. Dekorasi ini menyajikan elemen penuh warna sebagai penghias, di antaranya adalah gorden, sofa, bantal sofa, meja dan vas bunga yang tak hanya memakai satu warna. 

    Tanpa mengurangi esensi desain minimalisnya, warna yang diterapkan adalah warna ceria namun tetap berkesan. Ada pula desain ruang tamu yang memadukan konsep vintage dengan warna-warni pelangi.

    Baca Juga: Kreasi Rak Dinding Minimalis untuk Segala Ruang dan Tips Lengkapnya

    Memiliki ruang tamu terbatas tidak akan menjadi masalah jika sudah menemukan desain yang tepat. Dengan ruang tamu modern serta unik, tentu dapat membuat siapapun terkesan dan nyaman ketika berkunjung ke rumah Anda. Tawarkan kesempurnaan di dalam rumah dengan menciptakan desain ruang tamu minimalis yang kreatif.