Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Inspirasi > Ruang Tv Minimalis

    9 Cara Desain Ruang TV Minimalis dan Inspirasi Uniknya

    Keberadaan ruang TV minimalis di rumah bukan hanya sekedar tempat untuk menonton televisi saja. Ruangan ini dapat menjadi area berkumpul bersama penghuni rumah lainnya sambil menonton film. Selain menghilangkan penat, aktivitas menonton di rumah bisa jadi salah satu sarana meningkatkan kebersamaan antar anggota keluarga.

    Manfaatnya yang luar bisa membuat kenyamanan ruang televisi harus menjadi salah satu perhatian utama setiap penghuninya. Penasaran bagaimana caranya? Simak inspirasi dan cara desain ruang TV minimalis berikut.

    7 Inspirasi Desain Ruang TV Minimalis

    Masih bingung ingin menata desain ruang TV minimalis seperti apa? Berikut beberapa pilihan inspirasi desain ruang TV minimalis sederhana hingga modern yang bisa jadi salah satu referensi Anda.

    1. Sentuhan scandinavian yang cozy

     

    Tema scandinavian memang tidak pernah gagal untuk menampilkan kesan minimalis sederhananya. Misalnya saja seperti desain ruang TV minimalis satu ini. Pemilihan material sofa, bantal dan karpetnya sangat mendukung untuk menghadirkan suasana nyaman pada ruang. Warna tone-nya yang kebiruan juga membuat ruang berkumpul ini tampak semakin cozy.

    2. Desain ruang TV minimalis sederhana

    Tak perlu mewah dan luas, Anda juga dapat mengkreasikan area kecil di rumah menjadi tempat bersantai keluarga seperti gambar di atas. Kuncinya, jangan padukan terlalu banyak warna. Cukup beri sentuhan 1 sampai 2 warna saja. Alasannya, memadukan terlalu banyak warna akan membuat ruang terlihat sesak sehingga menghilangkan kesan minimalisnya.

    3. Serba serbi monokrom

    Kombinasi warna putih, hitam dan abu-abu selalu tampak serasi diterapkan pada tipe ruangan apapun. Salah satunya ruang TV minimalis modern. Kesan monokrom yang bersih membuat ruang terlihat elegan dan nyaman. Agar tidak terlalu polos, berikan wallpaper motif klasik sebagai background televisi. Selanjutnya, satu tanaman ramping di ujung ruang juga cukup untuk membuatnya tampak lebih hidup.

    4. Minimalis praktis yang nyaman

    Tak perlu perabot berlebih, desain inspirasi kali ini membuktikan bahwa siapapun dapat mengubah desain ruang TV minimalis sederhananya menjadi lebih nyaman. Tata letak sofa, televisi, kipas anginnya tampak pas dan proporsional. Akhirnya, suasana ruang TV minimalis pun terasa nyaman dan terlihat lega.

    5. Ruang berkumpul yang hangat

    Bila Anda punya area perapian di rumah, inspirasi model di atas bisa jadi pilihan terbaiknya. Penempatan perapian yang dimanfaatkan sebagai alas penyangga televisi merupakan cara cerdas untuk menyiasati penggunaan area. Sofa-sofa empuk di sekeliling televisi juga sangat mendukung untuk menciptakan ruang TV minimalis modern yang hangat di rumah.

    6. Coklat muda yang senada

    Bila ragu untuk mengkombinasikan beberapa macam warna, Anda bisa menggunakan berbagai rona dari satu tone yang sama. Misalnya seperti gambar diatas yang memanfaatkan earth tone coklat dan krem sebagai warna utama ruang. Selain terlihat bersih dari segi visualnya, pemilihan rona earth tone juga akan membuat ruang TV minimalis sederhana tampak klasik sekaligus hangat.

    7. Desain ruang TV minimalis modern

    Minimalis dan modern. Dua kata itulah yang sepertinya cocok mendeskripsikan inspirasi desain di atas. Selain itu, penempatan jendela dan susunan lampu yang pas sangat mendukung untuk membuat ruang TV minimalis modern tampak terang dan luas. Bila ingin menerapkannya, Anda juga hanya perlu melengkapinya dengan meja dan sofa dengan warna senada.

    Cara Desain Ruang TV Minimalis

    Setelah mengetahui inspirasi konsepnya, tentu Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara menata desain ruang TV minimalis agar tampak menarik. Jangan sampai salah, berikut beberapa tips yang bisa Anda terapkan untuk membuat ruang TV minimalis di rumah lebih hangat!

    Tentukan jenis tempat duduk

    Ada beberapa opsi jenis tempat duduk yang bisa Anda pilih untuk melengkapi desain ruang TV minimalis modern di rumah. Di antaranya adalah sofa, karpet, bean bag, bantal besar ataupun kursi santai. Intinya, usahakan agar jenis tempat duduk yang Anda pilih telah sesuai dengan konsep desain ruang TV minimalis sederhana ataupun modern.

    Padukan dengan hiasan interior

    Agar tidak terlalu kosong dan hampa, coba tambahkan beberapa variasi elemen interior lain yang sesuai dengan konsep desain ruang TV minimalis modern Anda. Misalnya, pigura foto, lukisan abstrak, lampu gantung, pajangan dinding seperti kaligrafi dan kata motivasi hingga permadani atau karpet elegan untuk menampilkan kesan mewah.

    Tinggalkan perabotan tidak perlu

    Untuk menjaga kesan minimalisnya, cukup gunakan perabotan yang pasti Anda butuhkan. Hindari membeli barang-barang yang sebenarnya tidak terlalu Anda perlukan. Selain tidak mendukung nilai praktis, keberadaan perabotan minim fungsi hanya akan membuat ruang tampak penuh sesak sehingga kesan minimalisnya hilang

    Pilih TV berkualitas

    Singkirkan perabotan ruang tidak perlu lalu fokuslah untuk memilih televisi yang berkualitas. Mengapa demikian? Sebab TV berkualitas pasti akan menghasilkan kualitas audio dan visual yang mendukung momen menonton Anda bersama keluarga. Apalagi, TV berkualitas biasanya dibekali dengan keindahan bodi sehingga tampak lebih estetik.

    Cermati kesesuaian ukuran TV dengan sekitar

    Selain kualitasnya, sebaiknya perhatikan juga ukuran TV yang akan Anda beli. Hal ini penting untuk menentukan jarak pandang serta komposisi ruang berdasarkan luas ruang dan lebar jenis tempat duduk yang Anda gunakan. Memperhatikan kesesuaian ukuran TV dengan sekitar juga akan membantu tampilan ruang terlihat proporsional dan lebih lega.

    Letakkan perabot tambahan yang mendukung

    Menggunakan konsep minimalis bukan berarti melarang Anda untuk menambahkan beberapa properti pendukung pada suatu ruang. Hanya saja, konsep minimalis memang lebih menekankan pada kualitas setiap komponennya. Itulah sebabnya, letakkan furniture pendukung multifungsi yang akan berdampak baik pada kualitas berkumpul dan menonton Anda di rumah.

    Tentukan alas penyangga TV

    Akhir-akhir ini, instalasi TV berkonsep gantung tengah menjadi tren yang banyak diminati karena dianggap lebih praktis dan minimalis. Namun, tak ada salahnya juga untuk menggunakan meja sebagai alas penyangga TV di rumah. Selain lebih kuat, Anda juga tetap bisa meletakkan beberapa printilan kecil di sekitar TV.

    Dari berbagai pilihan alas penyangga untuk TV, kira-kira mana yang paling sesuai dengan konsep ruangan Anda? iCreate menyediakan beberapa pilihan meja TV dengan kualitas terbaik dan harga terjangkau.

    Perhatikan aspek pencahayaan dan audio

    Ada beberapa alasan penyebab mengapa pencahayaan termasuk aspek yang perlu diperhatikan. Salah satunya yaitu agar Anda tidak perlu merasa terlalu silau, redup ataupun terang saat menatap layar televisi. Penempatan arah jendela, tata letak lampu serta sumber cahaya lainnya sebaiknya diperhatikan agar kegiatan menonton semakin nyaman.

    Selain cahaya, televisi juga akan menghasilkan audio tertentu sehingga membutuhkan media rambatnya. Oleh karena itu, pastikan agar sistem audio yang Anda gunakan telah sesuai dengan kondisi dan situasi ruang.

    Perhitungkan rasio ruang

    Keindahan desain ruang TV minimalis modern maupun sederhana tidak bergantung pada besarnya ukuran area yang digunakan. Lantaran, minimnya lahan juga dapat Anda sulap menjadi ruang televisi yang menarik dengan memperhitungkan rasio dan komposisinya. Fokuslah pada pemilihan setiap elemen di dalamnya agar ruang tetap tampak seimbang.

    Memahami cara desain ruang TV modern yang tepat mampu menunjang kualitas momen berkumpul Anda bersama keluarga. 

    Jangan lupa pilih konsep dan desain terbaik sesuai dengan kebutuhan

     Anda di rumah. Selain desain, pastikan juga perabotan yang Anda pilih telah sesuai dengan konsep dan preferensi ruang. Agar semakin nyaman, lengkapi kebutuhan perabotan ruang televisi Anda di rumah dengan furniture berkualitas hanya dari iCreate!

    Baca juga: 10 DESAIN KAMAR MANDI UNIK DAN MINIMALIS MODERN