Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Inspirasi > Ruangan Kantor

    14 Desain Ruangan Kantor Modern Minimalis dan Tata Letaknya

    Bila diperhatikan, kini desain ruangan kantor ala korporat yang terkesan kaku mulai banyak ditinggalkan. Sebagai gantinya, furniture dan dekorasi bergaya casual kekinian semakin banyak digunakan untuk melengkapi desain ruangan kantor. Alasannya, ruang kantor bernuansa santai dianggap mampu membuat karyawan betah dan bersemangat sehingga berpengaruh pada tingkat produktivitasnya. 

    Di samping itu, desain kantor yang lebih menarik dan luwes juga dapat membantu mempertahankan pegawai yang ada serta menarik staf baru. Bahkan, gaya kekinian yang tepat memungkinkan pekerja untuk berkonsentrasi, membangun komunikasi, dan mengekspresikan ide dengan bebas selama bekerja di kantor. Lalu bagaimana contoh desain ruangan kantor minimalis dengan konsep modern? Dan bagaimana pula pengaturan tata letak denahnya? Yuk simak ulasan lengkapnya berikut!

    14 Inspirasi Tata Letak Ruangan Kantor

    Untuk meningkatkan produktivitas, coba ciptakan desain ruangan kantor minimalis yang nyaman dan membuat betah para karyawan. Langsung saja, yuk adopsi salah satu dari 14 gaya dan denah ruangan kantor minimalis berikut!

    Denah ruangan kantor untuk bisnis konservatif

    Sumber: roomsketcher.com

    Denah ruangan kantor di bawah ini menerapkan gaya cubicle dengan memanfaatkan furniture berupa meja sekat  2 orang. Namun, Anda juga bisa menemukan meja cubicle dengan partisi untuk 8 orang. Dapat dilihat bahwa denah ruangan kantor berikut pun dilengkapi dengan area kecil untuk rapat. Desain ini cocok digunakan pada bisnis konservatif seperti jasa konsultasi hukum.

    Denah co-working office

    Sumber: roomsketcher.com

    Ingin menerapkan konsep co-working pada tempat bekerja? Denah ruangan kantor berikut bisa jadi salah satu inspirasi yang patut Anda coba. Sistem co-working office banyak digunakan karena dianggap mampu membuat proses kerja sama dan komunikasi antar staf bisa terjalin dengan mudah. Hal ini tentunya akan membantu terbentuknya ruang kantor yang lebih hidup dan dinamis.

    Duduk bersama rekan satu tim

    Sumber: roomsketcher.com

    Jika lebih menyukai kantor dengan ruang kerja berdasarkan pembagian tim, ide ini bisa Anda terapkan. Caranya, buat sekat berupa dinding rendah bergaya modern sebagai partisi antar divisi seperti gambar berikut. Desain semacam ini tentu akan mempermudah jalannya diskusi dalam tim sehingga keakraban antar anggota pun juga lebih terjalin.

    Kekinian dengan konsep terbuka

    Sumber: Sachi Design & Space Storyteller

    Untuk mewujudkan co-working office, Anda bisa menyusun tempat kerja dengan konsep terbuka seperti desain ruangan kantor minimalis berikut. Perpaduan warna hangat dan ceria cocok diterapkan pada bisnis yang bersifat kekinian. Dinding kaca yang digunakan bisa memberi kesan ruangan kantor yang lebih luas dan lapang. Selain itu, karpet lembut juga mampu menghadirkan sentuhan permukaan lantai yang hangat dan nyaman.

    Meja dan kursi bar untuk tampilan modern

    Sumber: Sydness Architects & Jon Nissenbaum

    Gaya open office juga bisa diwujudkan dengan memakai meja dan kursi bar seperti desain di bawah ini. Tampak sangat modern, bukan? Meski ruangan kantor minimalis ini tampil tanpa sekat, tetap berikan partisi berupa karpet lantai untuk memisahkan area satu dengan yang lain. Pemakaian karpet seperti ini kerap digunakan pada konsep kantor kekinian  yang terbuka.

    Mengurangi stres dengan vertical indoor garden

    Sumber: unsplash.com

    Tanaman di dalam ruangan sangat efektif untuk melepas stres para karyawan. Tak hanya itu, vertical indoor garden seperti gaya berikut juga bisa membuat tempat kerja tampil lebih hidup, terutama pada desain ruangan kantor minimalis. Jenis tumbuhan hijau yang biasanya digunakan untuk kebun vertikal adalah pakis boston, dischidia geri, tillandsia, dan tanduk rusa. 

    Baca juga: 9 IDE RUANG KERJA MINIMALIS UNIK TERBAIK, BIKIN FOKUS DI RUMAH

    Gaya industrial

    Sumber: Morphoza

    Konsep industrial banyak diterapkan pada bangunan komersial dan ruang kantor modern. Interior berkonsep industrial berikut terlihat tegas sekaligus nyaman dengan memanfaatkan desain langit-langit yang unik. Langit-langit terbuka yang menunjukkan struktur bangunan seperti gambar berikut mampu memberi tampilan menonjol dan atraktif sehingga tidak terkesan monoton.

    Simpel dengan permainan shade krem

    Sumber: MAAG Studio & Seemore Studio

    Di samping gaya industrial yang cukup menonjol, desain ruangan kantor minimalis berikut tampil simpel dengan tone warna krem. Beberapa shade yang digunakan pada work lounge ini di antaranya adalah eggshell, latte, dan beige. Gunakan juga kursi berwarna merah bata dan hijau emerald untuk mempercantik ruangan. Anda pun bisa membuat tampilan kantor menjadi lebih edukatif dengan meletakkan perpustakaan mini.

    Modern dengan dominasi warna putih

    Sumber: Arch-Studio & Balázs Danyi

    Sulap desain ruangan kantor Anda yang monoton jadi lebih stylish dan modern dengan menggunakan kombinasi warna putih serta furniture unik seperti kursi bar di gambar berikut. Desain meja dan kursi bar yang dikemas secara nyaman mampu memberi kesan casual pada work lounge. Letakkan tanaman hijau di tengah ruangan agar tempat kerja tampak lebih hidup. 

    Gaya casual dengan permainan warna

    Sumber: LAB5 Architects & György Palkó

    Ruangan kantor minimalis juga bisa Anda buat dengan mengkombinasikan warna-warna ceria dengan beragam shade biru. Permainan warna seperti ini juga bisa Anda manfaatkan sebagai salah satu cara untuk menyampaikan identitas perusahaan. 

    Desain kursi unik dan karpet lantai bermotif menunjukkan cara kerja bisnis Anda yang kreatif dan tidak kaku. Keramik dinding dengan tone kelabu serta tumbuhan hijau di tengah ruangan mampu membuat ruangan terasa adem dan sejuk. 

    Inspirasi desain ruang meeting kecil

    Sumber: Contract Workplaces

    Agar masing-masing tim dapat berdiskusi dengan tenang dan nyaman, buat ruang rapat kecil seperti gambar berikut. Selain kursi kerja yang ergonomis, Anda juga perlu memfasilitasi ruangan dengan penerangan yang cukup. Tambahkan dekorasi secukupnya di sekeliling ruang agar staf tetap bisa fokus bekerja.

    Brainstorm room

    Sumber: TVA Architects & Josh Partee

    Tak hanya tempat rapat, desain ruangan kantor minimalis juga perlu menghadirkan brainstorm room. Sebagai informasi, brainstorm room adalah ruangan yang dapat digunakan staf untuk menemukan ide dan gagasan baru. 

    Brainstorm room biasanya mempunyai desain yang lebih casual dibandingkan ruangan lain agar karyawan mudah berkreasi dan berkolaborasi bersama staf lain. Fitur utama area ini adalah whiteboard besar yang digunakan untuk tempat menulis dan menunjukkan hasil pencarian ide. 

    Meja marmer untuk ruang rapat besar

    Sumber: Sachi Design & Space Storyteller

    Untuk menciptakan sentuhan modern dan elegan pada tempat kerja, Anda bisa menggunakan meja rapat yang terbuat dari marmer. Biasanya, marmer yang kerap dipakai berwarna putih. Namun, Anda juga dapat memilih corak dan warna lain yang sesuai dengan desain ruangan kantor. Selain kekinian, tampilan interior kantor juga akan tampak mewah dan lebih berkelas.

    Locker room bergaya modern

    Sumber: The Design Studio K.K, Nacasa & Partners

    Desain ruang loker sering luput dari perhatian. Padahal, locker room yang didesain secara tepat juga bisa mempercantik tampilan kantor. Gaya ruang loker berikut tampil simpel namun tetap modern dengan warna dan motif geometris yang senada dengan karpet lantai. Tertarik menerapkannya di kantor Anda?

    Anda sedang mencari furniture baru untuk ruangan kantor? iCreate jual kursi, meja, tempat penyimpanan, dan aneka furniture lainnya. Desain dan modelnya juga tersedia dalam berbagai ukuran. Ruangan kantor yang nyaman dan jauh dari kesan kaku bisa mendorong kreativitas serta meningkatkan produktivitas bekerja. Setelah mengintip desain dan denah ruangan kantor di atas, apakah Anda semakin tertarik menerapkannya pada tempat kerja?

    Jangan khawatir, Anda bisa melengkapi berbagai kebutuhan furniture kantor dengan koleksi dari iCreate. Mulai dari kursi hingga tempat penyimpanan, semuanya tersedia di iCreate. Selamat berkreasi!

    Baca juga: 10 INSPIRASI DESAIN TOKO KECIL DEPAN RUMAH UNTUK USAHA