Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Inspirasi > Taman Minimalis Samping Rumah

    13 Ide Taman Minimalis Samping Rumah Sederhana, Unik & Asri!

    Ingin miliki ruang hijau namun sisa area halaman depan terbatas? Jangan khawatir, Anda tetap bisa berkreasi dan menghadirkannya dengan konsep taman minimalis samping rumah. Yup, daripada dibiarkan kosong begitu saja, tak ada salahnya untuk memanfaatkannya sebagai area relaksasi favorit pelepas penat.

    Apalagi jika suka berkebun dan menikmati sejuknya hawa alami, dijamin keberadaan taman minimalis samping rumah sederhana berikut akan semakin membuat Anda betah berlama-lama di dalamnya. Oleh karena itu, jangan ragu lagi, langsung cek inspirasi terbaiknya berikut ini!

    13 Inspirasi Taman Minimalis Samping Rumah

    Memiliki luas sempit bukan berarti hunian Anda tidak dapat di dekorasi. Membuat taman di samping rumah akan lebih baik daripada dibiarkan saja. Berikut adalah beberapa desain taman minimalis samping rumah sederhana yang dapat dipertimbangkan.

    Desain taman samping dengan mediterranean look

    taman minimalis samping rumah

    Sumber: houzz.com 

    Ciri khas dari mediterranean look terletak pada penggunaan bebatuan dan marmer, serta penggunaan warna cerah yang netral seperti coklat pasir, kuning, hingga putih. Jika bosan dengan desain oriental look, Anda bisa mengaplikasikan western style satu ini yang membuat hunian terlihat nyaman dan elegan. 

    Taman samping rumah ala Jepang

    taman minimalis samping rumah

    Sumber: pinterest.com

    Konsep japanese look pasti sudah tidak asing lagi buat Anda. Terkenal dengan tanaman bambu ditambah ornamen mendukung lainnya seperti air mancur dan bebatuan. Tidak perlu pergi jauh, Anda juga bisa loh menghadirkan nuansa jepang di taman samping hunian. 

    Konsep kanopi minimalis

    taman minimalis samping rumah

    Sumber: pinterest.com

    Buat yang memiliki tempat hangout di taman, jangan lupa untuk memasang kanopi agar tetap sejuk serta menjadi tempat berlindung dari sinar matahari. Umumnya jenis atap pelindung tersebut dibagi dua yakni baja ringan dan kanopi besi. Jika ingin yang murah serta mudah dipasang, Anda bisa menggunakan tipe baja. 

    Rona putih pada taman minimalis samping rumah

    taman minimalis samping rumah

    Sumber: juliaberolzheimer.com

    Dalam dunia arsitektur dan interior, rona putih dapat membuat ruang terlihat lebih luas sekaligus nyaman. Mengingat demikian, tanaman samping yang tidak terlalu luas dapat dipadukan dengan warna bersih tersebut. Bisa diaplikasikan pada dinding, alas, serta elemen lainnya. 

    Desain gazebo nyaman 

    taman minimalis samping rumah

    Sumber: pinterest.com

    Taman samping yang luas dapat ditambahkan gazebo supaya lebih fungsional. Seperti gambar di atas, Anda tidak perlu menginstalasi ruang duduk terlalu besar. Bisa disesuaikan dengan jumlah keluarga dan sisanya dapat dihiasi dengan variasi tanaman. 

    Kolam renang samping rumah 

    taman minimalis samping rumah

    Sumber: pinterest.com

    Siapa bilang rumah kecil tidak bisa memiliki kolam renang? Anda bisa loh memadukannya dengan taman samping hunian. Bukan melebar, tetapi kolam renang dapat dibentuk memanjang. Ditambah dengan tumbuhan dan pohon hijau, dijamin hunian Anda jadi seperti vila-vila di Bali. 

    Baca juga: 10 INSPIRASI MODEL TERAS RUMAH MINIMALIS UNTUK HUNIAN ANDA

    Dekorasi vertical garden 

    taman minimalis samping rumah

    Sumber: pinterest.com

    Vertical garden adalah rangkaian tanaman yang disusun ke atas alias vertikal. Model seperti ini diterapkan untuk menyiasati keterbatasan lahan sehingga hunian kecil pun tetap sejuk. Cocok jika dipadukan material batu yang berona gelap supaya mengimbangi dominasi hijau cerah dari tumbuhan.  

    Taman minimalis samping rumah sederhana

    taman minimalis samping rumah

    Sumber: pinterest.com

    Taman yang satu ini cocok diaplikasikan pada rumah dengan konsep minimalis. Tidak perlu menaruh banyak tumbuhan, cukup di beberapa sudut tertentu juga sudah menciptakan taman samping yang asri. Jangan lupa juga untuk memilih rona alam serta netral seperti coklat. Dijamin taman Anda akan terlihat elegan dan mewah. 

    Kombinasi jenis material batu 

    taman minimalis samping rumah

    Sumber: decorrenewal.com

    Supaya taman tidak terkesan monoton dengan dipenuhi tanaman hijau, Anda dapat memadukan material bebatuan seperti kerikil. Bahan tersebut dapat diaplikasikan di lantai atau mengelilingi tumbuhan. Seperti gambar di atas, vertical garden dipadukan dengan alas batu sehingga membuat taman samping memiliki variasi tekstur dan warna. 

    Taman samping rumah dengan kolam ikan

    taman minimalis samping rumah

    Sumber: homemydesign.com

    Bagi pecinta ikan, Anda bisa loh memadukan kolam dengan taman samping hunian. Tentunya suasana rumah menjadi lebih estetik dan asri. Alih-alih tanah, Anda bisa mengubahnya menjadi kolam seperti gambar di atas. Lalu, tanaman hijau dapat diletakkan di samping atau diubah menjadi vertical garden agar tidak memakan ruang. 

    Desain taman samping untuk lahan sempit

    taman minimalis samping rumah

    Sumber: homeflish.com

    Menghadirkan taman samping tidak harus dengan lahan besar. Bangunan sempit pun juga dapat terlihat asri dengan menaruh tanaman. Kunci utamanya adalah rutin mengeliminasi tumbuhan agar tidak tumbuh lebat dan menutup jalan.  

    Model tertutup pada taman samping rumah

    taman minimalis samping rumah

    Sumber: pinterest.com

    Selanjutnya, ada juga inspirasi taman tertutup alias di dalam ruangan. Tentunya hunian Anda jadi lebih asri dan sejuk dengan tumbuhan hijau. Untuk mengakali agar tanaman tetap mendapatkan cahaya yang cukup, Anda dapat mengaplikasikan kaca pada jendela atau atap supaya tetap memperoleh asupan sinar matahari.

    Taman samping rumah menyatu dengan ruangan

    taman minimalis samping rumah

    Sumber: renoguide.com

    Supaya udara sejuk masuk, Anda bisa loh menggabungkan ruang dapur dengan taman samping. Bisa juga ditambahkan meja kecil outdoor untuk bersantai. Apabila terbatas dengan luas, Anda dapat melakukan vertical gardening agar taman samping tetap asri. 

    Bagaimana, 13 inspirasi di atas sudah cukup untuk memberikan efek tenang dan mengembalikan semangat bukan? Bayangkan saja, jika Anda berkesempatan melihatnya setiap hari. Wah, mungkin momen bersantai di sekitar taman minimalis samping rumah bersama keluarga akan semakin menyenangkan.

    Selain menghadirkan taman, banyak hal yang bisa dilakukan untuk meningkatkan aspek kenyamanan sekaligus kualitas hunian. Misalnya saja dengan aneka perabot dan pernak pernik berkualitas yang akan memperlancar aktivitas Anda bersama keluarga. Untuk itu, percayakan kebutuhan dekorasi rumah hanya bersama iCreate, toko furniture online terdepan di Indonesia!

    Baca juga: 10 DESAIN TAMAN RUMAH SEDERHANA MINIMALIS & CARA MEMBUATNYA