Keranjang Lihat Sekarang

    Home > Inspirasi > Taman Rumah Sederhana

    10 Desain Taman Rumah Sederhana Mungil, Cantik dan Sejuk!

    Taman rumah sederhana bisa jadi pilihan terutama untuk Anda yang mulai bosan dan ingin merasakan suasana segar di sekitar hunian. Dengan beberapa jenis tanaman hijau, Anda bisa untuk menyulap lahan kecil di rumah jadi lebih indah dan meneduhkan. Bukan hanya sekedar nilai estetika saja, memiliki taman di rumah pun akan meningkatkan kualitas udara dan kelancaran aliran sirkulasi di dalamnya.

    Banyak sekali bukan manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menghadirkan taman rumah sederhana? Jadi jangan ragu, yuk langsung intip 10 inspirasi desain lengkap dengan cara membuatnya berikut ini!

    10 Inspirasi Desain Taman Rumah Sederhana Cantik

    Siapa sangka, taman rumah sederhana minimalis ternyata juga bisa tampil memukau dengan tata letak dan pengaturan yang tepat. Penasaran? Berikut beberapa inspirasi menariknya.

    Halaman rumah rindang yang meneduhkan

    taman rumah sederhana

    Sumber: thedailyattack.com

    Desain taman rumah sederhana cantik pertama ini cocok bagi Anda yang punya hunian dengan halaman luas di depannya. Daripada dibiarkan kosong begitu saja, coba buat tampilannya lebih rindang dengan beberapa jenis tanaman dan pepohonan hijau sehingga tampak lebih asri.

    Tempat bersantai terbaik

    taman rumah sederhana

    Sumber: static.homesandproperty.co.uk

    Bukan hanya sekedar area hijau, taman rumah sederhana minimalis juga bisa Anda manfaatkan sebagai tempat bersantai dengan keluarga dan orang-orang terdekat. Hawa sejuk dan adem dari tanaman di sekitarnya bisa jadi pilihan terbaik untuk menemani momen berkumpul.

    Pemanis balkon rumah

    taman rumah sederhana

    Sumber: i.redd.it

    Sudah tidak ada lagi spot kosong di rumah yang bisa dijadikan taman? Lihat balkon rumah Anda sekarang dan coba percantik dengan beberapa tanaman kecil lalu buat taman sederhana seperti inspirasi desain di atas. Dijamin, tampilan balkon akan langsung tampak lebih hidup dan berwarna dengan sentuhan tanaman hijau.

    Spot favorit di rumah

    taman rumah sederhana

    Sumber: dingyue.ws.126.net

    Bukan cuma sekedar area berkebun dan menanam tanaman, taman rumah sederhana minimalis pun bisa berperan sebagai tempat favorit untuk berkumpul setiap harinya. Desain taman diatas cocok untuk Anda yang menginginkan suasana dan udara segar saat berkumpul.

    Kombinasi vertical garden

    taman rumah sederhana

    Sumber: foyr.com

    Lahan kecil bukan masalah, Anda tetap bisa membuat taman sederhana di rumah dengan mengadopsi konsep vertical garden seperti inspirasi di atas. Vertical garden memungkinkan Anda untuk mempunyai beberapa koleksi tanaman hanya dengan memanfaatkan dinding di rumah yang telah didesain sedemikian rupa sehingga cocok digunakan sebagai media tanam.

    Mini zen garden di belakang rumah

    taman rumah sederhana

    Sumber: lapresse.ca

    Pecinta konsep hunian bergaya oriental ala Jepang pastinya harus melihat desain taman rumah sederhana cantik satu ini! Mengambil inspirasi zen garden dengan versi mini, keteduhan taman ini bisa Anda letakkan di bagian belakang ataupun tengah hunian sebagai pemandangan menyegarkan sehari-hari.

    Warna-warni dengan aneka bunga

    taman rumah sederhana

    Sumber: asset-a.grid.id

    Konsep taman rumah sederhana cantik bukan hanya selalu soal pepohonan dan tumbuhan hijau saja. Sebagai contoh inspirasi desain di atas, Anda pun bisa membuat tampilannya lebih cerah dan segar dengan memilih aneka bunga berwarna-warni aneka jenis. Jadi selain suasana teduh, Anda pun bisa menikmati pemandangan menyenangkan setiap harinya.

    Baca juga: CARA MENATA TAMAN DEPAN RUMAH & IDE DESAIN TERBARUNYA

    Taman indoor sederhana

    taman rumah sederhana

    Sumber: facebook.com

    Punya hunian berkonsep open space dengan akses pencahayaan alami yang mendukung? Kalau begitu, coba aplikasikan desain taman rumah sederhana minimalis indoor kali ini. Dengan tata letak pengaturan yang tepat, taman indoor pun bisa tampil penuh gaya, cocok jadi pemanis interior hunian Anda.

    Bersantai sambil menyaksikan senja

    taman rumah sederhana

    Sumber: theherbcottage.com

    Di pekarangan depan maupun halaman belakang, taman rumah sederhana cantik kali ini sepertinya bisa jadi pilihan terbaik yang paling aman diaplikasikan bila Anda ragu untuk mencoba konsep baru. Dengan tambahan sofa klasik dan lukisan bunga, area taman pun bisa jadi spot favorit untuk bersantai sambil menikmati senja di sore hari.

    Greenhouse mungil yang cantik

    taman rumah sederhana

    Sumber: gardeningknowhow.com

    Bila Anda pegiat tanaman, desain taman rumah sederhana cantik terakhir ini pasti jadi referensi favorit. Bagaimana tidak, dengan tambahan greenhouse mungil, Anda bisa lebih banyak bereksperimen tumbuhan baru dengan memberikan perawatan berbeda. Menarik bukan?

    Cara Membuat Taman Rumah Sederhana

    Sesuai namanya, cara membuat taman rumah sederhana cantik tidaklah sesulit yang mungkin Anda bayangkan. Coba ikuti beberapa langkah berikut ini dan praktekkan langsung di taman Anda!

    1. Sediakan lahan di sekitar rumah

    Sebelum mengaplikasikan cara membuat taman rumah sederhana, sebaiknya perhitungkan dulu area manakah yang akan Anda pilih. Nantinya, penentuan lahan akan berpengaruh pada pilihan desain taman dan tumbuhannya. Misalnya bila Anda menyisihkan lahan di dalam rumah, maka taman dan jenis tanaman indoor adalah pilihan terbaiknya.

    2. Tentukan desain taman rumah sederhana

    Setelah menentukan area, sebaiknya langsung pikirkan desain taman seperti apakah yang ingin Anda ciptakan. Bisa dengan zen garden, vertical garden, rooftop garden, atau ragam inspirasi desain taman lainnya.

    3. Sesuaikan jenis tanah dengan pilihan tanaman

    Setiap kawasan pasti punya tanah yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sebaiknya ketahui dulu jenis tanah yang ada di rumah kemudian cocokkan dengan pilihan tanaman. Sebab ada beberapa tanaman yang memang memerlukan jenis tanah khusus untuk bisa tumbuh dan berkembang.

    4. Pahami karakteristik setiap tanaman

    Sama halnya dengan makhluk hidup lain, tanaman juga memiliki karakteristik yang unik dan berbeda dengan jenis lainnya. Sebagai contoh, tanaman indoor tentu punya kemampuan bertahan hidup yang berbeda dengan tumbuhan liar di alam. Jenis tanaman yang berbeda akan berdampak pada perawatan dan pemeliharaan yang dibutuhkan.

    5. Rawat seisi taman secara berkala

    Setelah menerapkan 4 cara membuat taman rumah sederhana di atas, kini saatnya Anda untuk bersiap menikmati seluruh keindahannya. Namun bukan hanya itu saja, untuk menjaga tampilan taman, Anda perlu melakukan pemeliharaan dan melakukan perawatan secara rutin.

    Bagaimana, mudah sekali bukan cara membuat taman rumah sederhana cantik? Dengan aplikasi desain dan langkah yang tepat, dijamin proses menyulap lahan kosong menjadi taman akan semakin terasa praktis. Anda bisa melakukannya di sela-sela waktu luang sekaligus memanfaatkannya sebagai momen refreshing yang menyenangkan.

    Di samping taman sederhana, Anda pun bisa menyeimbangkan dekorasi hunian dengan beragam ide pekarangan lain yang tak kalah menarik. Misalnya saja dengan aneka inspirasi taman minimalis dari iCreate yang akan mengembalikan energi dan semangat Anda. Daripada penasaran, langsung saja cek laman inspirasi iCreate dan wujudkan taman impian Anda sekarang juga!

    Baca juga: 13 INSPIRASI ROOFTOP GARDEN BESERTA TIPS MEMBUATNYA